Liburan yang (tidak) direncanakan


Sejatinya, liburan semester 7 kemarin saya tidak mengagendakan waktu khusus untuk pulang ke Surabaya karena ingin fokus skripsi di Malang. Tapi, karena satu dan berbagai hal ternyata saya harus pulang ke Surabaya. Lagipula, kalo di Malang tanpa kesibukan, saya makin keinget hal-hal yang menyedihkan di bulan ini setahun yang lalu, jadi saya memutuskan untuk pulang ke Surabaya barang beberapa hari.
            Sebab saya pulang, adalah ulang tahun Bapak tanggal 31 Januari kemarin. Saya ingin memenuhi keinginan Ibu yang meminta saya pulang biar anggota keluarga bisa lengkap dan kita bisa berkumpul merayakan ulang tahun Bapak ke 54. Saya berangkat dari Malang sore, dan baru nyampe rumah maghrib. Setelah sholat, kami potong kue, yeay! Blackforestnya yummy sekali...

Setelah itu, si Tita ngajak makan eskrim. Tujuan pertama adalah zangrandi, eskrim yang letaknya deket Balai Kota. Kami berangkat, tapi di tengah jalan kok ada eskrim de boliva, kaya yang ada di cito waktu saya lewat bunderan Waru tadi. Akhirnya kami pun belok ke de boliva, horeee.... kafe yang terletak di jalan raya Gubeng ini ga begitu rame. Tempatnya lumayan besar dan cozy, cocok untuk nongkrong tapi ga begitu cocok untuk makan bareng keluarga. Karena apa? Karena variasi makanannya ga begitu banyak.
Niatan awal tadi hanya beli es krim, ya akhirnya kami beli eskrim. Saya pesen pudding & ice cream, Tita Filmiae (kalo ga salah namanya itu) dan Bapak pesen avocado apa gitu, yang jelas ada eskrimnya. Selain itu kami pesen french fries sama pizza ala de Boliva. Pizzanya tipis banget, yang kerasa cuma asin dan gurih, dan ga kenyang. Untungnya es krim saya porsinya lumayan besar, saya cukup kenyang sama eskrim puding ini. Setelah itu kami pulang.
            Besoknya, ga tau kenapa pagi-pagi saya ga napsu makan. Perut rasanya melilit ga karuan, sakiiiit banget. Apa ini maag? Bukan ah...saya ga pernah sakit maag kok. Tapi sakit banget sampe ga bisa tidur dan mengharuskan bolak balik ke kamar mandi. Siang saya Cuma bisa makan dikit, sorenya juga, tapi habis makan langsung muntah semua. Oh Tuhan...sakit sekali rasanya ga bisa ngapa2in.. malemnya saya pun dibawa ke Dokter dan hasilnya adalah, usus saya terkena bakteri. Makanan yang dimakan kemarin mengandung bakteri. Masa sih? Semalem saya habis makan di de boliva, masa iya makanan di sana mengandung bakteri yang sampe bikin saya sakit perut kaya gini. Ya sudahlah tanpa ambil pusing, saya ingin sembuh dan saya pun rutin minum obat selama 2 hari dengan makan teratur dan yang lembek-lembek.
            Hari Senin tanggal 4 Februari saya Alhamdulillah udah sembuh dari sakit perut karena bakteri itu. Saya diajak Ibu jalan-jalan ke Plasa Surabaya alias Delta, sementara Ibu rapat di Kantor saya disuruh nyalon sama muter-muter Delta, kalo ada yang pengen ya beli. Akhirnya saya memanjakan diri di Salon buat masker rambut. Awalnya mau creambath, tapi kata mbaknya kalo creambath itu makin bikin rambut rontok akhirnya saya disaranin buat masker aja. Setelah dari salon, saya muter-muter Delta dari lantai atas ke bawah sampe lantai atas lagi sembari nunggu Ibu rapat. Setelah Ibu jemput, kami pun akhirnya pulang.
            Oh iya, ada satu lagi...gigi saya yang geraham kiri bawah kan dari SMP bolong tuh, nah beberapa hari yang lalu giginya patah. Alhasil saya harus kembali ke Surabaya buat benerin gigi ini, karena rasanya ngilu banget. Malemnya saya ke Dokter gigi yang nanganin gigi saya selama 7 bulan terakhir ini. Dokternya baik dan ramah, telaten gitu tiap benerin gigi saya, ga kaya dokter-dokter gigi lain yang selama ini saya pernah datangi. Dulu, ada dokter gigi namanya drg Widya Saraswati yang praktek di Jl. Ngagel waktu saya SMP. Saya periksa di sana sama Bapak saya, tapi waktu saya kembali lagi buat kontrol gigi, lahh kok dokternya uda ga praktek di sana lagi...ya sudah akhirnya saya hilang kontak sama beliau. Padahal beliau ini baik banget lho.. nah dokter gigi langganan saya sekarang adalah drg. Wahyu Wicaksono Sp.Pros. Pros itu kepanjangan prostidensia (kalo ga salah). Setelah saya check up, kata dokternya saya harus ganti gigi, alias dipasang gigi palsu. Tapi tidak semerta-merta gigi geraham saya dicabut, Cuma ditambahin mahkota dan gigi sebelumnya harus diratakan. Lega rasanya... soalnya saya pernah dateng ke sebuah Rumah Sakit swasta di Surabaya ya, trus periksa tentang gigi ini, kata dokter itu, gigi saya harus dicabut dan biar ga bolong di gigi itu, gigi belakangnya harus ditarik dengan cara dibehel untuk bisa menempati tempat gigi yang sudah dicabut itu. Haduuuh ngeri banget rasanya. Bayangin aja udah sakit banget. Akhirnya saya ga jadi benerin di dokter RS itu, ngeri. Padahal kata drg Wahyu, gigi yang dicabut sampe akar-akarnya itu merupakan gigi yang udah bener-bener ga bisa diapa-apakan lagi, istilah gigi yang uda busuk, nah gigi saya masih bagus kok, masih ada akarnya, hanya bolongnya yang besar. Jadi ga perlu dicabut, karena kalo gigi dicabut dan ingin pasang gigi baru sampe akarnya itu bisa menghabiskan sampe 10 juta. Wow!
            Hari Rabu, saya harus kembali lagi ke drg Wahyu untuk mengasah dan membersihkan gigi. Nah, siangnya saya diminta sama mbak Citra, temen di Perspektif untuk nganter dia interview kerja di Hotel 88. Saya jemput mbak Citra di Royal, eh ada Ichal juga. Akhirnya mbak Citra sama Ichal, saya naik sendiri menuju Hotel 88 yang kebetulan deket Kantor Ibu. Interview itu janjiannya jam 14.00, kami udah dateng jam 13.25. Kami nunggu Bapak interviewernya datang, tapi sampe jam 15.00 ko ga datang-datang. Ternyata jam 15.30 Bapaknya telepon ke Mbak Citra supaya disuruh ke Kantor utamanya di Jl. Kalianyar. Hmmm.... akhirnya kami menuju kesana Cuma berdua, si Ichal uda pulang karena ada urusan mendadak. Saya yang ga begitu paham jalan Surabaya barat kudu gimana ini? Akhirnya modal tanya ke orang dan feeling, kami sampe di Jl. Kalianyar yang dituju. Saya nunggu mbak Citra yang sementara lagi diinterview sekitar 20 menit sebelum akhirnya dia lega sekali sudah selesai.
            Berbekal feeling dari radar yang cukup baik, kami muter-muter sedikit sampe lewat Gelora 10 November dan bisa kembali ke Jl. Embong Malang. Haaha...senangnya.. sampe sana kami nyari makan, tapi daripada bingung kami pun makan di Delta Plasa. Setelah makan dan sholat mahrib, saya nganterin mbak Citra ke Bungurasih untuk kembali ke Malang naik bus. Well, saya gembira akhirnya bisa muter-muter Surabaya sendiri tanpa orang tua dan saya yang nyetir loh. Hehe...eh tapi lupaaa....malem ini kan harusnya saya ke dokter gigi. Yaaah...Ibu ternyata udah telpon dan sms, tapi saya ga dengar. Ya sudah ditunda besok deh.
            Besoknya saya ke dokter gigi malem hari, karena memang dokternya buka dari jam 18.00-21.00 saja. Setelah diutak atik sedikit, akhirnya tiba saatnya gigi saya diasah, kata dokternya rileks aja, ga perlu tegang, trus saya dipasangi celemek gitu karena nanti kata beliau pasti basah baju saya kalo ga dipasang celemek. Baiklah... suara “ngiiiiiiiiiiiiiing” khas dokter gigi harus saya dengar lagi, jarum dengan berbagai ukuran dan bentuk berputar di gigi saya, kok kerasa agak ngilu ya? Dan rasanya...glekkk....rasa itu saya telan, ternyata rasa darah. Tu kan beneran...berdarah banyak..ternyata gini toh diasah itu. Celemek yang tadi warnanya putih bersih, sekarang dipenuhi sama darah dari gusi saya. Pengen nangis rasanya waktu itu, tapi ga bisa nangis. Waktu kumur, hmmmm beneran kan merah semua. Terus saya tanya, “Kok sakit dok?”. “Sakit ya? Iya tadi soalnya agak tamasukin gusinya biar bisa mancep,”. “Nghhhhh...” Baiklah saya nurut saja sampe akhirnya 20 menit harus berkutat dengan rasa ini, dan diakhiri dengan saya dipasangi gigi palsu terbuat dari plastik. Saya disuruh balik lagi hari Senin. Pulang ke rumah, saya ga banyak omong karena sakit banget. Waktu saya cerita ke geng OKE SUKI, mereka malah responnya gini...lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. “Hmm ga mending semuanya deh guys,” saya jawab gitu. Tapi besoknya saya sudah bisa ngomong dan makan dengan tenang.
            Nah ada satu lagi masalah sama badan saya. Entah ini alergi atau saya lagi puber. Wajah saya jadi banyak bintik2 kecil berwrna merah, mana bekasnya ga bisa langsung hilang. Mengingat kulit saya yang termasuk kulit berminyak dan sensitif. Jadi sedih banget deh. Saya harus ngurangin makan-makanan berlemak, gorengan dan pedas. Karena kalau makan-makanan itu, tambah parah jadinya. Sampe tulisan ini diluncurkan pun masih ada bintik2 kecil ini. Males banget kalau ada orang yang ketemu saya terus komentarnya gini,”Lho...kenapa wajahmu kok gitu?” .”Arrrggghhhh....” sudah diam! Yang punya wajah lho saya, kok situ yang bingung, males nanggepinnya karena mereka ngeledekin saya yang lagi puber lah, lagi jatuh cinta lah, lagi patah hati lah, lagi stress ini itulah. Semuanya salah besar, hormon saya memang lagi ga stabil, itu aja. Entar juga diobatin, bintik2 ini hilang dengan sendirinya kok. Tenang aja....
            Sembari menunggu hari pemasangan gigi yang sebenarnya, saya menyelesaikan bab 3 seperti yang disarankan Pak Ali minggu lalu. Saya kirimkan lewat email karena beliau requestnya begitu. Hari Minggu, saya diajak Bapak ke ulang tahun temen SMA-nya, namanya Pak Wantok. Bapak sekalian reuni, sedangkan saya...ennngg...saya awalnya ga mau ikut karena bakalan krik krik, tapi ternyata ada Vivin, temen saya kuliah yang juga anaknya temennya Bapak. Jadi mbulet aja gitu...Papanya Vivin temen Bapak saya, sedangkan saya sekarang temenan sama Vivin. So small ya memang dunia ini. Acaranya di Hotel Singgasana, saya Cuma datang berdua sama Bapak karena Ibu dan Tita lagi ada acara masing-masing. Acaranya ya layaknya acara ulang tahun, yaitu tiup lilin, makan bareng, karaoke, gathering gitu lah. Lumayan bisa nambah temen baru.. J
            Nah besoknya saya kembali lagi ke dokter gigi dan akhirnya gigi saya diganti. Alhamdulillah...finally gigi saya pulih, meskipun bukan gigi asli, tapi fungsinya hampir sama dengan gigi yang asli. Dari sini saya dapet pelajaran bahwa apapun bentuknya, Tuhan memang menciptakan yang terbaik untuk kita. Lihat saja, gigi saya yang asli dan yang tambahan ini sekilas memang sama bentuknya tapi tetap fungsinya lebih baik yang gigi asli daripada gigi tambahan. Yeah..mission completed untuk gigi. Saatnya liburaaannn... eh? Lah yang kemarin-kemarin itu apa bukan liburan? Ya liburan sih... jadi setelah dihitung-hitung saya sudah menghabiskan waktu selama 14 hari di Surabaya. Ini namanya liburan yang tidak direncanakan. Hahaha...Nah sebenarnya kemarin itu saya diajak Putu ‘nenek’ ke Bali, main ke rumahnya dia di Bali. Tetapi saya ga bisa karena masalah gigi ini, akhirnya saya tolak deh meskipun sebenernya pengen. Anyway, skripsi saya juga masih perlu revisi ini itu, jadi saya ga mengiyakan ajakan Nenek.
            Akhirnya tiba saatnya hari saya harus kembali lagi ke Malang. Semoga fisik saya tetap sehat-sehat saja biar bisa kembali untuk menyelesaikan studi yang tinggal beberapa langkah ini. Semoga semester ini, saya bisa menyelesaikan tugas akhir saya dengan baik dan sukses. Amin.

Komentar