Skripsweet


Sungguh suatu hal yang unbelieveble ketika saya memulai skripsi ini. Subhanallah...Bismillah...saya awali judul yang akhirnya di-ACC ini. Bab 1 dan 2 sudah di tangan, sekarang mulai menginjak bab 3 yang insya Allah lebih ruwet daripada bab-bab lainnya. Beberapa revisi diharuskan dari Dosen untuk membenahi proposal saya.
Saya jadi ngerasain bagaimana suka dukanya skripsi, mulai dari seneng judul diterima, susahnya nyari bahan, sendirian di perpus dan membusuk disana untuk cari jurnal, nungguin dosen pembimbing, konsul dan debat sama dosen pembimbing, revisi, dan kembali lagi ke step pertama yaitu nyari bahan. Semua itu dilewati dengan enjoy....ya harus dengan enjoy sampai nantinya saya seminar proposal, penelitian dan berakhir dengan sidang skripsi.
Kejadian-kejadian lucu dan ga disangka juga datang dari teman-teman di sekitar saya. Contohnya aja dari si Rima, temen sesama aslab. Dia diminta sama dosen pembimbingnya ngajukan 15 judul, dari 15 judul itu tidak ada yang diterima. Akhirnya dia ngajukan lagi 15 judul, tapi karena mungkin saking buteknya mikir 10 judul akhirnya dia ga tau lagi harus gimana. Saya nawarin 5 alternatif judul untuk menuh-menuhin judul yang akan dia ajukan ke dosen. Saya juga ngasal aja ngasihnya, itu pun saya whatsapp sama dia waktu saya di angkot. Akhirnya dia ketemu dosennya....dan jengjeeeengg! Tiba-tiba keluar dari ruang dosen, Rima ketawa ngakak dan langsung menyerbu saya...”Ayuuunn..tanggung jawab...judul usulanmu diterimaaa....” Saya langsung bingung, judul yang mana?. Ternyata kawan-kawan, judul yang saya usulkan begini, “Hubungan tren k-pop terhadap keputusan pembelian kosmetik asal Korea” Hiaaaa....diterima beneran malah sama dosennya. Tapi Alhamdulillah akhirnya Rima dapet judul skripsi.
Kejadian kedua dari Iput, dia galau judul skripsi. Subjek yang dia mau yaitu orang yang udah lanjut usia (lansia). Setelah ngobrol bentar saya kepikiran ide buat dia kasi judul tentang “Penggunaan sosial media pada lansia” eh dia langsung setuju dan akhirnya diajukan ke dosen pembimbing. Kejadian selanjutnya dari Kakang, dia galau 1 variabel yang mau dia teliti, tapi 1 variabel lain dia udah nemu yaitu tentang citra tubuh. Akhirnya saya kasih dia 8 alternatif judul yang berkaitan dengan citra tubuh, eh ternyata dia milih judul “Hubungan antara citra tubuh dengan pemilihan pasangan hidup”. Jujur kalo yang ini rada konyol sih, hmmm..tapi ya sudahlah..akhirnya setelah cari-cari lagi si Kakang lebih sreg dengan judul personal branding. Yah...better lah daripada judul yang awal.
Beberapa temen akhirnya mulai tanya ke saya buat nyariin judul skripsi. Berasa makelar judul skripsi aja ni saya. Alhamdulillah bisa bantu mereka, saya bersyukur aja... bukankah seseorang merasa bahagia dan berharga ketika bisa bermanfaat bagi orang lain?
Saya bersyukur dapet dosen pembimbing yang ekstra baik pada saya. Tapi bukan berarti dosen lain tidak baik pada saya, dosen yang lain juga sangat baik, hanya saja beliau-beliau ini tidak dijodohkan untuk jadi dosen pembimbing saya. Kedua dosen pembimbing saya yaitu pak Amir dan pak Ali ini sangat sabar. Saya dituntun buat ngerjain skripsi ini dengan tempo seperti jogging? Iya jogging, karena tidak terlalu pelan dan tidak pula terlalu cepat, yang penting beritme dan hasilnya nanti menyehatkan. Biasanya saya dijatah untuk konsul seminggu sekali, kadang kalau lagi rajin revisi ya seminggu bisa sampe 3 kali ketemu beliau-beliau, tapi kalau udah kumat prokrastinasi, ya seminggu kadang cuma sekali atau bahkan ga muncul sama sekali. Baru pada saat ketemu lagi, beliau nanyain saya habis dari mana aja ko ga muncul? Cuma bisa senyum dan meringis doang...maafkan saya Bapak... Dari sanalah saya bisa tahu kalau beliau ini orang-orang yang sangat sabar, selalu memberikan motivasi untuk saya segera menyelesaikan skripsi ini. Saya ingat betul kata-kata pak Ali kalau saya lagi ragu sama penelitian ini, “Ayo Ayuniiii...jangan takut mencoba hal yang baru...”. Beda lagi sama pak Amir yang selalu berkata, “Ayo Yun...kamu jangan mbulet aja ta...” hehe kalau ini biasanya saya lagi ga fokus dan selalu ngeyel sama beliau. Beberapa kali pak Ali bilang,”Saya seneng sama tulisan kamu, jarang ada mahasiswa yang bisa menyusun kata-kata sedemikian rupa...” Alhamdulillahh...makasih pak... sama kata-kata,”Kamu cepet sekali progresnya, insya Allah bisa cepet selesai kamu ini...”. Amin ya robbal alamiin...makasih pak... begitu juga dengan Pak Amir, “Udah..gampang itu...nanti kalo ujian kan masih ada revisi, cepetan diselesaikan...” Hehe, kalo yang ini sih beda lagi ya...jangan sampe terlalu banyak revisi setelah selesai sidang. Amin..
Itu tadi sekelumit kisah tentang skripsi saya yang sudah berjalan beberapa waktu ini. Semoga skripsi teman-teman pembaca juga lancar ya...Amin..segera lanjut ke jenjang berikutnya. Let’s pray and talk less do more!

Komentar