Waktu di Tuban

Banyak hal yang pengen ditulis, tapi numpuk dan akhirnya lupa buat menuangkan di blog ini. Tapi saya mencoba mengingat-ingat apa yang pengen ditulis tapi kelupaan itu, hehe.
Beberapa waktu yang lalu saya dan keluarga pergi ke Tuban, untuk mengantarkan Ibu melaksanakan tugasnya di sana. Selama perjalanan di Tuban, saya melihat penjual asesoris keliling yang dulunya pekerjaan ini sering saya temui waktu saya di Surabaya. Tapi sekarang di Surabaya, pekerjaan ini sudah sangat langka.

Ada juga penjual arumanis yang bentuknya menyerupai rambut mak lampir berwarna pink ini sudah jarang sekali saya temui, dulu waktu saya kecil suka banget sama jajanan ini. Rasanya manis dan unik, agak kasar tapi enak aja sih. Beli 500 perak udah dapet banyak, ga tau deh kalo sekarang harganya berapa, pasti naik lah. Tapi saya pernah lihat cara pembuatannya di TV, kok agak jorok ya? Seriusan...pake digulung-gulung, pake tangan yang ga pake kaos tangan, aakk ga banget sih. Karena di Tuban saya menemukan penjualnya selalu Bapak-bapak tua sambil memainkan alat yang bunyinya "ngik ngok ngik ngok" layaknya biola, jadi trenyuh aja.

Fenomena yang saya temui lainnya yaitu orang mudik dengan naik motor. Mudik sudah jadi hal yang lazim dilakukan oleh orang Indonesia kan? Siapa yang nggak tahu... tapi naik motor, dengan bawa barang banyak dan anak banyak juga. Itu yang agak merinding.. masa anak yang gede ditaruh di depan, yang kedua ditaruh di tengah dan anak yang paling kecil di pangkuan kanan Ibunya, sedangkan pangkuan kirinya membawa tas dengan ukuran besar, ditambah di belakangnya masih ada tas tambahan. Cuma bisa menghela napas dalam-dalam saat ngeliat kaya gini. Keluarga saya juga pernah mengalami soalnya, tapi setelah saya dan adek udah ga cukup lagi naik motor, kami mudik naik Bis.

Kami sempat mampir di Pondok Perut Bumi, lumayan keren lah, meskipun goa-nya buatan manusia dan ornamennya juga buatan manusia, tapi cukup memukau.






Waktu di perjalanan baliknya, kami ngobrolin tentang sumber daya alam di Indonesia yang melimpah. Di Tuban sendiri sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani. Tentu saja lahan di Tuban paling banyak berupa persawahan. Tapi kenapa oh kenapa, negeri kita tercinta ini masih saja impor beras dari negara asing? Mengapa Tuhan, mengapa?

Itu aja sekelumit cerita yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat :)

Komentar