Sekaten Alun-Alun Utara Yogya

Keesokan harinya, rasanya beda banget sama hari kemarin. Tidur semalem nyenyak banget dan bisa bangun dengan fresh. Rencananya hari ini mau mulai mengerjakan penelitian kualitatif dan belanja keperluan. Tapi ternyata perilaku berkata lain, karena air di kamar saya mati entah apa penyebabnya, saya kudu ke kamar mandi luar buat nyuci baju dan lain-lain. Hari ini pun harus melaksanakan kewajiban jadi calon ibu rumah tangga, nyuci baju, setrika, bersih2, dll.

Setelah itu sorenya kok kerasa laper ya, makan ah... tapi bingung mau makan dimana. Eh tiba-tiba mbak Citra ngirim pesan, ngajak nonton. Yaelaaaa....nonton hari Libur Natal gini ya mahal, apalagi tanggal puluhan begini, saya pun ngajak dia makan aja.

Kami memutuskan buat makan di Bebek H. Slamet. Sedih banget sih, kayanya terakhir makan bebek tahun lalu ya...hahaha...
Letaknya di deket ringroad utara, wiiih rame banget ya... tapi pelayanannya ga lama akhirnya datang juga. Horeeeyy....

Sebenernya ya, dulu itu saya ga suka sama makanan yang namanya bebek. Tapi semenjak SMA, gara-gara dipaksa sama temen sekelas pas buka puasa lauknya bebek, mau ga mau ya makan. Awalnya kerasa aneh, tapi ternyata rasanya lumayan ya...akhirnya sekarang doyan, meskipun ga yang suka banget.

Pas udah mau habis, tiba-tiba kok kerasa ada yang lepas. Astaghfirullahaladzim... gigi saya lepas yang geraham. -________- Ya Allah....kenapa lagiii ini. Hentikan makan dan segera kumur, sumpah ya ini darahnya banyak banget, ngeri banget. Aku kudu piye?? Akhirnya telepon Ibu deh. Mbak Citra ngeliatin saya dengan pandangan antara pengen ketawa dan kasihan. Yeah, I know it...
Habis ini mau kemana ya? Hmmm....pulang? yah bentar banget, nanggung....mumpung cuaca sore ini cerah akhirnya kami memutuskan ke Sekaten aja. Sekaten adalah salah satu even besar di Yogya tiap tahun. Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 4 Januari 2015 nanti, Sekaten dimulai sebulan sebelumnya.

Kami penasaran, ada apa sih disana? Kok rame banget pengunjungnya...
Perjalanan kesana diwarnai dengan huru hara kemacetan. Ya maklum karena Yogya tempat wisata dan ini hari Libur, jadi pasti macet apalagi jalan ke Malioboro. Wah akhirnya saya milih jalur lain aja daripada ga bisa jalan di Malioboro kan?
Nyampe deh di Sekaten yang diadakan di Alun-Alun Utara ini dengan selamat. Kami sholat maghrib dulu di Masjid yang jadi pusat Muhammadiyah pertama kali terbentuk, lupa nama Masjidnya. Subhanallah....rame banget.... saya bayangin, apa lagi kalo di Mekkah dan Madinah ya? Itu orang dari seluruh penjuru dunia datang kesana.

Setelah sholat di Masjid yang auranya sangat menenangkan ini, kami masuk ke alun-alun. Ohhh....ternyata ini semacam Pasar Rakyat. Banyak penjual dari baju baru hingga baju bekas dengan harga super murah, souvenir, hingga kuliner khas Sekaten kaya roti goreng, baling-baling, onde-onde, martabak, dll. Ada juga area permainan yang jumlahnya banyak banget, mulai dari komedi putar, roda gila, kora-kora, rumah hantu, sampe ada permainan yang saya ga tahu namanya tapi itu mengundang perhatian kami berdua.

Jadi ada sebuah permainan bentuknya lingkaran besar. Orang yang mau naik harus pake tangga dulu kaya gini.



Kemudian setelah naik, para mas-mas penjaganya bareng-bareng memutar lingkaran itu supaya bisa muter lebih kenceng lebih kenceng lagi. Ada yang seru tapi sekaligus serem adalah para mas-mas itu sekalian akrobat sambil muter-muter, dan dia lari-lari gitu muterin wahana ini. Ini permainan yang paling menarik perhatian kami. Pas lagi muter kenceng tiba-tiba salah satu mas-mas itu ada yang naik ke atas sambil nyalain kembang api. Berasa dunia ini milik dia aja gitu, kocak banget sambil angkat kedua tangan nyalain kembang api, tapi seru...bagus banget kembang apinya ada di atas kami semua... yang awalnya saya mau naik permainan ini akhirnya mengurungkan niat karena serem banget, ga ada pengamanannya. Kita hanya pegangan sama senderan kita, atau orang yang ada di sebelah kita. Kami mikir kalo yang ada di tengah itu mesin buat pemutarnya, eh ternyata salah besar, ga ada mesin apapun di wahan ini, itu kotak besar di tengah adalah speaker yang muterin lagu remix dengan volume ekstra kenceng. Bener-bener emejing lah.


Pas waktu mau naik komedi putar, lah kok muternya kenceng banget? Mana sangkarnya terbuat dari kayu lagi, ditarik sama tali tambang. Aaaak....ga jadi deh, serem ngeliatnya, apalagi kalo naik. Kami cuma ketawa aja pas ternyata kami berdua sama-sama ga punya nyali naik wahana yang ada disitu.

Waktu liat wahana kora-kora yang bentuknya perahu diayun-ayunkan gitu, itu juga tingi banget, mana suaranya bising banget ga nahaaaaannn....
Riuhnya bener-bener Pesta Rakyat beneran...
Tapi esensi sebenarnya bukan itu, esensinya adalah ikut berbahagia memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW yang menjadi tauladan umat Islam.

Let us take a selfie! \^o^/

Komentar