Almond Cheese (katanya) makanan khas Surabaya

Kali ini saya mau review sebuah makanan yang katanya sih mengatas namakan dirinya sebagai jajanan khas Surabaya. Nama jajajn ini adalah Almond Crispy Cheese. Saya mulai tahu makanan ini sekitar pertengahan tahun lalu ketika ada seorang temen saya dari Surabaya yang berjualan di Malang menggunakan bagasi mobilnya di pinggir jalan pas bulan Ramadhan. Kata temen saya, ini jajanan lagi nge-hits banget, kalo orang pergi ke Surabaya tanpa pulang bawa oleh-oleh ini rasanya kurang afdhol. Masa sih? Baru denger juga namanya.

Akhirnya saya searching di internet, dan menemukan bahwa yang jualan makanan ini hanya di pusat oleh-oleh Wisata Rasa di Surabaya. Kalo pusat oleh-olehnya saya udah tahu lama, cuman kalo makanan jenis ini baru tahu. Seperti halnya pusat oleh-oleh, yang saya tahu kalo Surabaya memang belum punya jajanan khas seperti misalnya Madura yang punya rengginang lorjuk, Gresik dan Sidoarjo yang punya bandeng presto dan bandeng asap tanpa duri, Kediri yang punya tahu pong dan gethuk pisang. Trus Surabaya apa? Memang belum ada.

Dari internet saya jadi tahu kalo makanan ini dijual di 3 cabang Pusat Oleh-Oleh Wisata Rasa Surabaya, yaitu di Pasar Genteng, di Jl Mayjen Sungkono dan di Jl Jemursari. Eh Jl Jemursari? Deket dong dari rumah saya. Nah pas saya dan keluarga lagi keluar, saya minta mampir ke sana buat beli, dan tebak harganya berapa per kotak? Rp 45.000,00. Harga yang cukup mahal menurut saya untuk sebuah makanan dengan kemasan yang kecil. Saya penasaran kaya gimana sih bentuknya?

Bentuknya itu seperti keripik, tapi rasanya manis dengan di atasnya diberi keju dan kacang almond. Yang bikin gurih adalah rasa keju dan kacang almond-nya. Tersedia 3 rasa yaitu rasa original, coklat, dan green tea dengan harga sama. Pas saya kasitau Bapak ini lho makanan yang saya maksud, beliau cuman jawab, “Apa ini namanya seh peyek keju sama kacang.....”
Ada benernya juga sih. Rasanya menurut saya standar aja, mendingan makan Indomie kari ayam pake telor, lebih kenyang. Lah ini makan beberapa rasanya udah eneg soalnya manis, kata beliau. Hahaha ga tau kudu seneng apa sedih waktu dapet respon begini dari Bapak. Ditambah lagi Ibuk juga bilang, mending makan telo rebus daripada beginian.

Setelah saya pikir-pikir, ini makanan kenapa bisa nge-hits banget ya? Padahal kalau dikira-kira, dia sama sekali ga mengangkat kearifan lokal dari Surabaya sama sekali. Coba deh, keju asalnya darimana? Kacang almond asalnya darimana? Memang bisa di Surabaya dengan iklim tropis menghasilkan kacang almond? Keju yang dihasilkan pun kayanya bukan dari Surabaya. Kalau misal Gresik dan Sidoarjo kan jelas, disana banyak Tambak ikan bandeng, ya tentu dari hasil Tambak itu yang jadi makanan khas dari daerah tersebut. Nah ini?

Tapi agaknya, marketing dan manajemen dari si Empunya makanan ini emang pinter, makanya makanan ini laris banget. Beberapa kali saya ditanya sama temen tentang oleh-oleh ini, dan untungnya saya bisa jawab. Waktu itu ada temen saya yang kerja di Bandung, dia sendiri asalnya dari Sidoarjo, tanya ke saya dimana jual makanan ini soalnya temen-temen kerjanya di Bandung pada penasaran kaya apa sih enaknya makanan ini? Ya udah deh akhirnya saya anterin. Respon dari dia, katanya makanan ini enak banget, yaa meskipun harganya mahal. Secara kan, satu kotak dengan isi palingan 30 krispi yang tipis banget dengan taburan keju yang banyak dan beberapa kacang almond. Yang bikin mahal adalah keju dan kacang almond-nya, ya iyalah orang di Surabaya ga ada produksi begituan, makanya mahal. Ditambah kemasannya yang menurut saya cukup mewah. Krispi yang garing dan rapuh itu ditaruh di sebuah kotak plastik kemudian diplastik rapat, kemudian dimasukkan ke sebuah kardus kecil yang cukup kuat. Memang, rasa enak itu relatif ya... kalo keluarga saya sih sepakat ini makanan rasanya biasa aja, cuman dari segi pengemasan dan Marketing dia istimewa. Sampe yang beli pada antri dan berjubel hanya demi sekotak makanan ini. Dan bodohnya, saya pernah jadi bagian dari orang-orang yang antri tersebut, ya kalo itu sih karena penasaran doang #ngeles.

Nah, ada seorang temen saya di Mapro namanya Winda, menanyakan kepada saya tentang makanan ini. Ya saya jawab aja, rasanya biasa aja. Dia penasaran sama rasanya, trus minta dibawain ntar kalo saya pulang. Baiklah... insya Allah saya. Winda ini orang kedua yang saya kenal waktu masuk di Mapro Klinis. Saat sebelum masuk kelas pra profesi, saya dengernya kalo dia angkatan 2009, lulus tahun 2013 kemudian nikah bulan Maret 2014 kemudian masuk UGM deh Agustus 2014. Nah saya agak kurang aware waktu dia bilang nikah bulan Maret itu karena kalo diliat dari penampakan fisik, masih muda belia begini. Eh waktu masuk kelas Klinis, dia bilang kalo dia udah nikah dan satu-satunya pada saat itu yang udah nikah di kelas kami. Waow...daebak.....

Entah kenapa saya sering banget ditakdirkan duduk sebelahan sama Winda dan Feny di kelas. Saya dan Feny sering banget godain Winda dengan sebutan “bumil” – ibu hamil. Sebenarnya itu adalah doa harapan kami, semoga temen kami bisa cepet dapet momongan. Saya sering banget lari-lari sama Winda kalo lagi telat, soalnya dia ini juga suka mepet-mepet kalo dateng ke kelas. Nah seminggu yang lalu, kami sekelas dapat berita gembira kalo Winda lagi hamil. Hamil sungguhan, bukan panggilan doa kaya saya dan Feny biasa panggil. Alhamdulillahirobbil alamin....

Seneng bukan kepalang kami sekelas karena bakal dapat keponakan pertama. Hingga saat ini sih ada 3 orang di kelas yang udah nikah, secepatnya tahun ini bakalan banyak yang nyusul katanya. Nah Winda jadi pionir di kelas buat jadi seorang Ibu. Selamat Windaaaa..... so happy for you...

Lho kan kenapa jadi ngomongin temen ya.... sebenernya inti pembicaraannya bukan itu sih. Jadi karena Winda udah minta ke saya sebelum saya tahu kalo dia hamil 7 minggu, berarti itu artinya dia lagi ngidam makanan almond cheese ini. Wahhh....ya kalo gini saya harus beliin dia, demi anaknya Winda biar ga ngileran, mitosnya Jawa sih gitu. 

ini penampakan yang rasa coklat

Komentar