Libur telah tiba

Satu kata yang mewakili perasaan saya saat ini, yaitu terharu.
Alhamdulillahirobbil alamin... akhirnya kami bisa bertemu dengan liburan. Setelah selama kurang lebih 5 bulan bergulat dengan materi keprofesian dan kemagisteran akhirnya bisa merasakan yang namanya leyeh-leyeh. Tau kan artinya leyeh-leyeh? Iya bersantai-santai ria. Kami sangat bersyukur bisa melewati masa-masa semester 1 dengan suka cita. Meskipun pakai acara tertawa, menangis, sampai di akhir semester diwarnai tragedi kecelakaan, tapi akhirnya bisa diselesaikan. Itu semua karena kekuatan dari Allah yang memampukan hamba-Nya.

Ujian PAUP kemarin, soalnya pilihan ganda sebanyak 60. Pas awal-awal masih pengertian nih, lah kok di akhir-akhir ada soal hitungan yang clue-nya absurd banget. Udah pake kalkulator tetep aja ga nemu jawabannya. Ya udah lah akhirnya pas detik-detik terakhir saya mendadak jadi jenius, bisa bikin rumus sendiri dan jawabannya akhirnya ketemu pake prinsip probabilitas kebenaran (re: ilmu pengawuran). Alhamdulillah.... selesai. Temen-temen sekelas udah putus asa dan pengen segera keluar dari kelas karena ga tahan sama soal ini.

Tugas eksperimen mengumpulkan paper kritikan terhadap Tesis kakak tingkat, Alhamdulillah udah selesai juga. Tugas ini nih yang membuat saya lupa buat belajar mata kuliah lain, karena saking asiknya bikin kritikan. Padahal udah dibantuin Fiqih buat kritikannya, tapi tetep aja saya ngerasa masih ada yang kurang. Ya udah deh akhirnya biar selesai ya harus diakhiri. Akhirnya saya ngumpulin di detik-detik terakhir. Eh kok ya pas pagi hari mau ngumpulin itu turun hujan, ada batas waktunya antara jam 7.30 – 9.10 pagi. Gara-gara saya molor-molor terus, nggak taunya malah hujan makin deres. Ya Allah... akhirnya nekat aja buat ke Kampus. Waktu liat tugas temen-temen kok pada tebel-tebel ya, insecure nih punya saya cuman 7 halaman, yang lainnya kayanya 10 halaman lebih. Itu apa ajaa yang ditulis? Punya saya 7 halaman aja udah mentok. Pas saya cerita ke Fiqih kalo tugasnya mereka pada tebel-tebel, dia bilang kalo misalkan dia dikasih tugas ini juga bisa sampe 30-40 halaman. Duuuhh....malah makin kesel jadinya. Tapi terus dia bilang kalo, “Kamu 7 halaman karena tanganmu sakit habis jatuh, kalo sehat palingan bisa nyampe 20 halaman. Lagian emang banyak kok kritikan buat tesis itu.” Ya nggak segitu banyaknya juga, emang mau bikin proposal penelitian baru? Kan alay banget, gak tega sama yang punya tesis ini.

Sehabis ujian yang membuat kami hampir gila ini, saya, Feny dan Kiki memutuskan buat ke toko buku Gramedia cari buku bahan tugas Filsafat. Kalo saya pribadi nggak cari buku, yang ada baca buku novel dan sastra. Soalnya saya tahu kalo bahan tugas saya ga ada di sana. Tugasnya adalah membuat makalah tentang salah satu kebudayaan di Indonesia kemudian dikritisi menurut shame and guilt culture dan dikaitkan dengan psikologi. 2 teman saya ini membahas budaya Jawa dan Cina di Indonesia. Sedangkan saya bahas budaya Madura, dan saya tahu ga bakal ada bukunya di Gramedia. Ya udah lah malah baca novel dan banyak dapat inspirasi buat nulis, semoga aja bisa terlaksana secepatnya. Sepulangnya dari Gramedia, kami makan di "House of Raminten".

House of Raminten ini salah satu tempat makan unik di Jogja. Pemiliknya sama dengan pemilik Mirota, Roemi ice cream, dan Manna Bakery. Masuk kesana biasanya antri, untungnya kami ga pake acara antri karena habis sholat maghrib langsung cus biar ga rame. Kami dapet tempat duduk di lantai 2. Total ada 3 lantai. Memang tempatnya nyeni banget, dari kayu-kayu dan ornamen Jawa di mana-mana dengan patung-patung dan bau dupa yang semerbak. Musik yang disetel pun musik Jawa. Yang bikin agak gimana gitu, para waitresnya yang laki-laki pasti ganteng, tapi gantengnya agak ‘ngondek’, if u know what I mean. Ganteng ala ala cowok metroseksual, dan menurut saya itu ganteng yang ga alami. Sedangkan yang perempuan bajunya pake kemben dengan rok dari kain batik yang biasa kita sebut dengan ‘jarik’. Kemudian ditotal sama waitres kami habis berapa dan langsung bayar di waitresnya yang nyamperin kita itu. Jadi ga ada Kasir seperti rumah makan kebanyakan.

Menu yang disajikan lumayan bervariasi. Nggak hanya menu khas Jogja seperti gudeg, ada juga nasi bakar, nasi ijo, bakmi Jawa, dan yang lain-lain. Menu minumannya nih yang namanya agak aneh-aneh, tapi sebenernya ya ga istimewa-istimewa banget. Waktu itu saya pesen es krim goreng, dan 2 temen saya pesen apa gitu namanya yang ternyata adalah es campur dan es buah tapi dengan porsi gede banget, cukup buat 2 orang harusnya. Harganya pun standar, ga terlalu murah ataupun mahal, antara Rp. 6.000-20.000 an. Ada juga makanan kecil seperti roti bakar, kentan goreng dan jajanan lainnya.
  
Alhamdulillah setelah kekenyangan, kami ga langsung pulang malah menggosip. Mulai dari ngomongin biaya SPP yang harus dibayar akhir bulan ini, sampe ngomongin cerita-cerita misteri, soalnya di samping tempat makan ini ada rumah yang serem banget kalo dari luarnya, kaya rumah-rumah di film misteri. Pas kami liat jam, lah baru sadar udah malem aja, jam 20.30 akhirnya pulang deh.

Besoknya saya mulai ngerjakan tugas Filsafat ini, eh malah kedistract buat ngerjain penelitian Kualitatif. Saya malah baca buku Analisis dan Coding Kualitatif. Baru sadar kalo buku yang saya pinjam dari Perpustakaan ini bahasa Inggris, lah baca sehalaman kok ga kerasa ketiduran. Bangun-bangun sejam kemudian, dodol banget. Baca yang lain ah, jurnal udah menumpuk dimana-mana, tapi yang dibaca cuman abstrak, metode sama kesimpulan. Kata siapa ya dulu itu, kalau ga salah Dosen di sini pernah bilang, kita bisa liat bagus nggaknya dari penelitian itu kita bisa baca dari abstrak dan metodenya. Tuh kan...emang bener saya, bukan malas, tapi cara singkat. Keasikan ngerjain Kualitatif, jadi lupa apa yang mau dikumpulkan besok kan harusnya Filsafat dulu. Eh ya udah deh akhirnya pagi jam 2 baru mulai ngerjain Filsafat, dengan bekal searching dan baca beberapa e-book tentang budaya Madura. Alhamdulillah selesai juga jam 8, langsung ngampus dan balikin buku di Perpustakaan.

MERDEKAAAAA!!!

Kata itu yang meluncur tulus dari hati.
Eh, masih ada satu tugas lagi, kualitatif belum selesai tinggal dikit. Ketua kelas udah pengumuman kalo dia mau nunggu yang mau ngumpulin tugas terakhir jam 10. Dengan wajah polos saya bilang ke ketua kelas, kalo ga punya flashdisk dan ngumpulin nanti siang dan saya anter langsung ke rumah dia. Terus dia bilang, “Mbak rumahku jauh lho di Sleman. Gpp wis di e-mail aja mbak nanti...”
Jurus jitu muka polos berhasil. Yeeesss....makasih Topiiikkk...

Pulang dari kampus, segera ngadep depan Laptop dan beneran jadi anak rajin kali ini. Sampe sore saya baca-baca, dan produktif ngerjain ini tugas. Padahal maunya dikumpulin siang kan janjinya siang sama si Topik lewat email, ternyata mbleset dan Alhamdulillah finally selesai habis maghrib. Langsung deh kirim email, done!

MERDEKA!
Merdeka sungguhan nih...bukan bohongan. Selamat datang liburaaan.... Semoga semester ini memuaskan hasilnya. Insya Allah diberi yang terbaik. Ilmu yang barokah dan nilai yang maksimal. Amin ya robbal alamin....


Lagi musim nih gambar ala-ala kamus tumblr kaya gini, saya repath dari temen Mapro Unpad ;D

Komentar