Pelayanan Umum

Saya hanya ingin menyampaikan keluh kesah tentang pelayanan umum di Indonesia, khususnya kota-kota yang pernah saya tempati selama ini. 

Saya terhitung jarang pergi ke Kopma UGM, karena lebih senang belanja di Mirota Kampus yang letaknya lebih dekat dengan Kosan. Pergi ke Kopma pun baru 2x, dan selama 2x itu pula saya dapat pelayanan yang sangat nggak baik dari tukang parkirnya. Yang pertama, saat saya kesana jukir-nya bilang nggak usah dikunci motornya, oke udah nggak saya kunci. Pas selesai belanja, saya minta tolong dikeluarin motornya karena ada 2 motor yang lebih gede, eh jukirnya malah ngobrol sama temennya. Asli pengen marah itu aslinya, tapi ya udah lah saya sendiri aja bisa kok. Eh udah selesai dia tiba-tiba menghampiri yang saya udah tahu minta duit parkir. Setelah dikasih bukannya diarahin malah ditinggalin. Wooo....awas aja ya.
Yang kedua, saya pagi jam 10 ke Kopma yang baru buka. Parkiran masih sepi banget, saya taruh motor di paling depan dan ga menghalangi motor lain karena letaknya di depan sendiri. Setelah itu belanja, setelah selesai tukang parkirnya menghampiri sambil ngomong.
"Ga ilang kan motormu?"
"Hah?" saya nggak paham maksud omongannya dia.
"GA ILANG KAN MOTORMU?" ****** orang ini ngomongnya gak sante banget, bernada tinggi pake wajah judes, padahal cowok.
"GA USA DIKUNCI LAIN KALI," katanya lagi pake nada yang sama.
Saya berusaha nahan marah dengan diem dan cuman ngeliat tajam ke arah matanya, tanpa ngomong terima kasih langsung saya starter aja depan wajahnya. Biar deh...kesel banget, saya itu lupa. Padahal biasanya saya nggak pernah ngunci stir kalo di parkiran karena tahu Jukir pasti mindahin motor-motornya. Lagian juga tempatnya di depan sendiri dan nggak ganggu yang lain. Awas aja ya...males banget belanja disana lagi kalo ga kepepet ogah. Mendingan di Mirota Kampus, meskipun rame tapi pelayanannya masih baik.

Ada juga tukang parkir di Toko lain kaya Mutiara juga jukirnya ngeselin banget. Tapi banyak juga jukir yang bertanggung jawab kaya di tempat makan soto langganan saya, soto Pak Man yang ada di Jl Prof Yohanes. Jukirnya Ibu-ibu yang sudah berusia paruh baya dengan rambut sudah memutih. Beliau ini ngarahin dan beneran nggak 'gabut' sama tanggung jawab, Biasanya Ibu ini sama Bapak-Bapak yang juga udah sepuh, tapi saya sering nggak tega sama Ibu ini karena di usia segini masih kerja jadi jukir. Allah yang membalas kebaikanmu ya bu jukir... 

Beberapa hari yang lalu saya ke rumah sakit umum di Surabaya. Saat masuk ke ruang pemeriksaan, saya diterima oleh salah seorang calon dokter spesialis yang masih muda usianya, palingan sebaya sama saya. Saat tanya-tanya dengan saya, eh dokter itu tiba-tiba mengalihkan pandangan dan ngobrol sama dokter di sebelahnya, lama.... baru kembali ke saya, 
"Eh iya gimana tadi?"
Tahu nggak mbak Dokter yang budiman, kalau di psikologi, mengabaikan klien itu sama saja dengan merusak mood bercerita klien. Itu adalah malpraktek, kalo kata Prof S. 
Wajah saya jadi datar -___- dan udah nggak mood ngomong keluhannya apa.
eh ternyata hal itu berlangsung sampe 3 kali, dan yang diomongin nggak penting banget. Tentang instagram dan gosip tentang temannya. 
Haloooo? Di depan anda ini ada pasien lho, meskipun pasien diharuskan untuk "patient", tapi nggak seperti itu lho caranya. Kalau ada hal penting, ya dipending sebentar. Bukankah kesembuhan pasien adalah nomer pertama?
Saya agak "kagok" dengan perlakuan calon Dokter spesialis yang seperti tadi. Mereka ini adalah calon dokter, bukan main-main, calon dokter spesialis malah. Seharusnya belajar bagaimana menomor satukan pasien dan tidak menanggapi teman sesama dokter selama menangani satu pasien dulu kan bisa toh?

Oalah... cuman bisa menarik napas panjang. Semoga nantinya saya dan rekan-rekan Psikolog tidak memperlakukan orang dengan buruk. Semoga saya dan teman-teman Psikolog bisa belajar memperlakukan orang dengan baik setidaknya dengan senyuman dan kata "maaf" "terima kasih". 

Komentar