Some help for tooth (part 2)

Ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya tentang reparasi gigi di RS Gigi dan Mulut Prof Dr Soedomo UGM Jogja. Jadi, tepat seminggu setelah diperiksa saya ditelepon oleh pihak rumah sakit untuk melakukan pemasangan gigi di bagian geraham. Memang saya pesan 1 gigi untuk dipasang di sana. Sebenarnya ada 2 opsi, yaitu pasang 1 gigi tapi nggak permanen, atau pasang 2 gigi dengan cara mengikis gigi di sebelahnya tapi permanen. Nah, mengikis gigi inilah yang rasanya sakit dan ngilu. Trus juga gigi saya sebelahnya separoh hilang, wah nggak lah. Saya pun pilih opsi pertama.

Dokter yang menangani saya kayanya cukup senior, ga terlalu muda dan ga terlalu tua. Karena saya udah terlanjut di Poli Umum, dan bukan Poli spesialis, akhirnya saya pun ditangani oleh dokter gigi umum bukan spesialis prostodonsia seperti keinginan saya. Dokternya perempuan, beliau berambut pendek. Saat ke meja receptionist, saya agak kaget sama ekspresi receptionistnya. Kok nggak ramah banget? Beda sama seminggu sebelumnya. Saya nunggu lumayan lama sambil ngeluarin kartu pasien. Trus dia jawab, “Ambil nomer antrian mbak,” dengan ketus. Laah? Mbok ya bilang dari tadi, kan saya belum tahu.

Setelah ambil nomer antrian, saya nunggu cukup lama sekitar 20 menit sampe nama saya dipanggil buat dilaminating kartunya, kemudian diminta nunggu di ruang pasien di dalam poli umum. Nunggu di dalam bersama pasien-pasien lain sambil nonton TV, 5 menit kemudian nama saya dipanggil lagi buat masuk ke ruangan berapa saya lupa.

Alih-alih diperiksa, ternyata disana saya seperti diasesmen, kalo bahasanya psikologi gitu. Ditanya tentang alergi obat apa, keluarga ada riwayat penyakit apa, pernah opname nggak, trus di tensi tekanan darahnya. Waktu dokternya nulis, saya tahu kalo beliau nulis angka 114/70. Dokternya ga bilang apa-apa, tapi saya tau kalo tekanan darah saya segitu termasuk rendah. Kurang gizi deh kayanya ini, kalo tahu Ibuk pasti diomelin. Setelah itu saya nunggu lagi.

Sekitar 10 menit nama saya dipanggil lagi buat masuk ke ruangan 3, bertemu dokter yang seminggu lalu. Beliaunya langsung bilang, waktunya pasang  gigi ya sambil senyum. Haaah? Rapportnya manaaa? Ga bilang apa-apa, mbok ya tanya kabar, apa basa basi dulu gitu tanya seminggu ini kalo makan kaya gimana? Sakit nggak? Susah nggak? Langsung to the point aja. Wah kalo mahasiswa Mapro kaya begitu kalo ketemu klien ya langsung kena kritik Dosen lah.

Saya duduk di kursi panas, kemudian beliau mengeluarkan sebuah gigi yang diletakkan di sebuah cetakan gips, kayanya kenal itu gigi siapa? Ya jelaslah punya saya. Trus tiba-tiba ada dokter yang masuk, “Dok, ini sama dokter kan ya? Katanya mau pasang gigi...”
“Iya...ini mbak Sabrina kan?”
Terus Perawatnya bilang, “Bukan Dok, ini mbak Qurrota...”
“Ohh bukan ya, kirain mbak Sabrina...”
Nah lho... lah trus gigi ini beneran punya saya apa Sabrina nih? Wah...nggak bisa nih, nggak bisa dibiarin. Tapi trus dokternya langsung ngelanjutin pasang itu gigi, dan nanya ke saya.
“Gimana? Ngganjel ya?”
Saya Cuma mengangguk. Trus nanya lagi, “Itu kok masih ada sisa akar gigi emang nggak dilepas sama dokter sebelumnya?”
“Nggak dok, soalnya kata dokter saya yang dulu itu emang dibiarin buat penyangga gigi”
“Ckckckck kok bisa itu lho.....” dokter ini geleng-geleng.

Sejujurnya ya, saya lebih percaya dokter yang di Surabaya, karena beliau spesialis prostodonsia, sedangkan yang di hadapan saya sekarang bukannya meremehkan, tapi masih dokter umum. Lagian juga lebih senior dokter saya di Surabaya, beliau udah punya nama dimana-mana. Dari segi penanganan pun saya lebih sreg sama dokter yang lama, meskipun beliau laki-laki tapi halus penanganannya dan ga “grusa grusu” kaya dokter perempuan ini. Beda banget nget nget...
Trus gigi palsu itu dikeluarin lagi, dikikis sama beliau, dipasang lagi dan masih kerasa ngganjel. Hal ini berulang sampe ke-3 kalinya sampe akhirnya saya bilang,

“Udah lumayan dok....” ya meskipun masih agak ngganjel, setidaknya better dari yang pertama. Kemudian saya dikasih sebuah kuitansi di dalam map dan dokternya ga bilang apa-apa. Saya yang akhirnya nanya gimana perawatannya ntar dan kalo ada keluhan lari ke siapa. Pas mau pamitan, saya bilang “Terima kasih,” eh dijawab sama dokternya, “Halo eh iya mbak....” entah pendengaran saya yang lagi ga beres atau emang dokternya yang salah ngucapin salam, kan harusnya “Sama-sama mbak...”

Ah entahlah, yang penting saya bisa kembali makan normal aja dan segera melunasi pembayaran. Ga ada diskonan pula, padahal saya kan mahasiswa UGM, punya KTM. Ah ya wis.... Alhamdulillah udah beres satu urusan.

Ngomong-ngomong soal kecelakaan kemarin, bekas luka saya udah mulai mengering dan bisa dibuat aktivitas seperti sedia kala. Meskipun lutut masih agak perih kalo dibuat sujud waktu sholat, tapi syukurlah sudah membaik. Rencananya sih mau pijet urut buat ngelurusin urat-urat yang sempat membengkak kemarin, semoga aja bisa di liburan ini.


Kesehatan itu emang penting banget, guys. Harta yang paling mahal adalah kesehatan, maka dari itu jagalah kesehatan selagi bisa selagi muda, agar aktivitas kita selalu dimudahkan oleh-Nya. 

Komentar