10 ribu dan 5 ribu

Kangen masakan Jawa Timur-an, membuat saya akhirnya makan di tempat makan “Ayam Penyet Surabaya” yang taglinenya “Halalan Thayyiban”. Saya taunya ada di Jakal km 8, eh ternyata di Gejayan juga ada, tau gitu ga perlu jauh-jauh kan ya... saya pun kesana pas malam hari di hari sabtu (sebenernya sih menyamarkan kesan kata “malem minggu”). Tempat duduknya udah lumayan full, tapi masih ada space untuk 2 orang di pinggir, saya dan Tita pun pesan.

Sembari menunggu, saya melihat hape yang tiba-tiba ada pemberitahuan kalo kuota internet saya habis (lagi). Oh meeennn! Padahal udah 2 kali saya ngisi extra kuota seharga 10 ribu. Ini udah habis lagi? Padahal saya nggak make buat download dan segala macam, padahal biasanya nggak seboros ini? Dasar Ind*sat ge*lek, nyebelin banget kan? Ini masa aktif paket internet masih seminggu lagi, masa iya saya ngisi lagi? Kan males banget, kalo ditotal udah bisa buat beli paket internet sebulan. Tapi ya udah lah akhirnya saya beli paket extra internet 10ribu lagi, daripada ketinggalan info dari grup kampus.  Awas aja sampe tiba-tiba habis padahal ga dipake apa-apa.

Pas habis masukin hape, saya melihat pemandangan yang membuat hati saya mencelos. Ada seorang ibu-ibu berambut putih dikuncir, berusia lanjut yang menggendong bakul dan menawarkan roti buatannya ke orang-orang yang lewat dan duduk di pinggir tempat makan. Beberapa orang menolak, dan ada sebuah keluarga yang memberikan uang 10ribu ke ibu tadi tanpa membeli rotinya. Ibu itu menolak jika tidak dibeli makanannya. Saya menyaksikan itu dalam dekat dengan hati campur aduk. Karena saya juga duduk di pinggir, dan tempat makannya terbuka, saya pun ikutan ditawari oleh Ibu tadi, ibu itu menghampiri dan menyodorkan rotinya kepada kami, tapi nawarinnya ke Tita. Saya nggak tega...nggak tega banget... tapi saya inget, di kosan juga masih ada banyak roti masa iya beli lagi?

Akhirnya kami berdua senyum melihatnya dan ia mengerti maksud saya. Ia pergi meninggalkan kami dan menawarkan ke orang-orang lain masih dengan gaya berjalannya yang tertatih dan senyum itu. Meleleh rasanya... saya tadi dengan gampangnya menyerahkan uang 10ribu kepada provider, tapi untuk beli roti 5ribu masa nggak mampu? Astaghfirullahaladzim... Astaghfirullahaladzim....


Saat itulah saya tahu, saya menyadari bahwa saya nggak perlu marah-marah dengan pelayanan paket internet yang mungkin aja lagi eror, saya bisa menahan perasaan marah, dan menjadi sabar untuk tidak impulsif mengisi pulsa sedangkan di luar sana banyak orang yang memerlukan uang yang kita berpikir bahwa itu sangat-sangat remeh. Masya Allah.... cuman bisa nangis sepulangnya, feeling guilty banget rasanya. 

Komentar