Kafe Coklat

Setelah kedai es krim nitrogen, es krim berikutnya yang mau dijelajahi adalah es krim di Kafe Coklat. Kafe Coklat ini letaknya di Jl Cik Di Tiro, depan RS Panti Rapih, alias deket banget dari kosan saya. Setiap hari saya selalu lewat kesini kalo mau ngampus, tapi belum sekalipun kesini.

Waktu ada Tika, mantan adek kos saya selama sebulan datang ke sini, saya diajakin jadi anak gaul Jogja, yaitu ngafe. OMG, padahal jarang banget saya ke Kafe kalo nggak yang bener-bener pengen. Kebetulan waktu itu malem minggu dan saya baru dateng ke kosan sekitar jam 21 malem. Nah, Tika tiba-tiba nyamperin dan ngajak saya dan Via buat ke Kafe. Ya udah saya ngasal aja bilang ke Kafe Coklat sini aja deket, jalan kaki. Eh mereka setuju dong...

Kami jalan kaki keluar kos, sampe disana rame juga, apalagi di luarnya karena cukup romantis katanya. Kami memilih di dalam aja lah, takutnya kehujanan. Saya sebenernya udah kenyang karena barusan makan di Gor Klebengan bareng geng FISIP UB yang juga kuliah disini, eh lah kok diajak lagi kesini. Saya pesen es krim aja deh, kata Tika coklatnya disini enak bangeeeet. Baiklah saya pesan sebuah menu es krim strawberry dengan lapisan coklat yang kalo lihat dari menunya endeuus banget. Terus Tika juga pesan es krim coklat, dan Via pesan minuman coklat. Kami nunggu sekitar 7 menitan kemudian datanglah pesanan, yeay!


Ternyata ini adalah strawberry ice cake yang di atasnya ada lapisan coklat dan buah cerri. Wiii...enaaaak..... es krim cake-nya mantep banget rasa manisnya pas. Rasa coklatnya, kental ya agak pahit, tapi pas untung ngimbangin strawberry-nya. Nggak rugi lah dengan harga Rp 16.000 untuk es krim cake enak ini. Wuhuuu....

Ini baru 1 menu, kayanya saya harus coba menu lain deh di lain kesempatan. Tempatnya pun nyenengin, cozy dan bersahabat banget. Kebanyakan yang kesini emang anak gaul, saya berasa jadi anak baru gaul yang ngalay malam ini karena ngafe bareng adek-adek kos yang lagi pada LDR-an. Hahaha....


Di lain kesempatan, saya akhirnya merekomendasikan tempat ini buat tempat ketemuan. Iya, saya mau ketemuan sama seseorang yang telah saya kenal bertahun-tahun tapi sekalipun belum ketemu. Dia adalah saudara kembar saya. Kembarnya bukan wajah, tapi kembar nama. Nama awal dan tengah kami sama, tapi nama akhirnya yang berbeda. Kalo saya Fitriana, dia Ar-ruhimat.

Jadi, ini ceritanya kembali ke masa lalu. Waktu itu jaman saya masih SMA, awal-awal punya facebook. Saya kepo search nama yang mirip saya, akhirnya nemu deh dan saya add. Ternyata respon positif saya dapatkan, saya berkirim pesan sama teman baru saya ini. Kalo saya biasa dipanggil Ayun, sedangkan dia dipanggil Yuyun. Kami sama-sama ada di kelas 12 pada saat itu. Saya di Surabaya, dan dia di Madura. Kami saling ngirim semangat buat Unas dan menggalau soal jurusan kuliah.

Akhirnya kami jarang komunikasi sampe akhirnya lulus SMA, dia tiba-tiba ngirimin saya pesan lagi yang isinya dia habis lihat saya di sebuah halte habis tes masuk STAN. Lah? Iya bener tempat yang disebutkan tadi, tapi saya nggak tahu kalau ada dia. Sedangkan dia memperhatikan saya dari jauh, mau nyapa nggak memungkinkan akhirnya cuman ngirim pesan aja. Ah...sayang banget ga bisa ketemu.

Setelah kejadian itu, kami akhirnya masuk di jurusan kuliah masing-masing. Saya pergi merantau ke Malang, sedangkan dia pergi merantau ke Jember. Saya ambil psikologi, dia ambil pendidikan matematika. Selama kuliah itu, kami relatif jarang komunikasi. Tapi banyak teman-teman kami yang salah nge-search dan nge-add kami sampe akhirnya ngirim chat ke kami, padahal Ayun dan Yuyun adalah 2 orang yang berbeda. Kami akhirnya bilang kalo kami ini beda, coba deh lihat nama terakhirnya, fotonya pun beda.

Kemudian saya tahu kalau dia lulus 3,5 tahun dan kemudian kerja di sebuah LBB di Situbondo. Kemudian saya pun lulus, dan melihat di beranda facebook kalau dia sudah menikah. Wahh...senangnya... Alhamdulillah sodara... panggilan sayang saya ke dia ya itu, “sodara”. Lantas, saya baru tahu kalau dia melanjutkan S2 di UGM. Saya masih ada beberapa kerjaan di luar dan akhirnya masuk di UGM pada tahun berikutnya.

Setelah sama-sama di UGM pun, saya dan dia nggak yang langsung saling komunikasi. Saya nggak kepikiran sama sekali tentang sodara kembar saya yang ternyata ada disini. Kemudian saya tiba-tiba di add sama dia di akun LINE. Lah? Sodara? Baru deh saya inget... dia kan juga ada di Jogja, kenapa ga ketemu kan?

Akhirnya kami pun merencanakan waktu buat bertemu dan tempatnya, di Kafe Coklat. Yeayy... setelah pulang ketemu klien, saya pun pergi ke Kafe ini. Kosannya ga jauh dari UGM juga, ya udah deh saya nunggu 5 menit lagi deh berangkat padahal dia bilang mau otw. Saya tunggu 10 menit lagi deh...trus berangkat. Nah, nyampe juga di parkiran kok kayanya itu sodara ya? Pake baju putih naik motor... tapi saya nggak nyapa, iya kalo iya? Kalo bukan? Kan malu...

Sampe akhirnya saya buka pintu kafe, dan dia lagi bingung juga nyari orang. Saya langsung nyapa dia, “Sodara?”. Dia menoleh, dan huaaaa.....bener ternyataa.... Alhamdulillah... kami berasa kaya bener-bener udah lama nggak ketemu. Ya karena emang ga pernah ketemu sih... ya Allah, Alhamdulillah...dipertemukan sama saudara kembar nama.

Dia lebih tinggi dari yang saya kira, wajahnya lebih dewasa dari yang ada di foto, suaranya juga lebih halus daripada saya. (suara halus itu piye coba?) Yang jelas kami langsung klop ketika ngobrol. Kami pun pesan menu masing-masing. Lucunya waktu kami pesan, ditanya atas nama siapa? Kami bareng-bareng nyebutin nama lawan bicara, saya nyebut namanya, dan dia nyebut nama saya. Mbak waitress nya sempat bingung dan akhirnya menulis nama "Yun" gitu aja. Dia pesan pancake dan jus, sedangkan saya pesan creemy cheese dan vanilla chocolate. Eh ternyata waktu dateng, vanilla chocolatenya hangat, padahal saya maunya dingin. Ya udah lah nggak papa... creemy cheese ini lumer banget, meskipun kelihatannya porsinya sedikit tapi ternyata kenyang bangeet waktu dimakan.


Benar-benar waktu yang sangat berkesan, kami jadi nostalgia jaman masih galau menggalau di facebook, sampe akhirnya sekarang udah nggak begitu aktif lagi di facebook. Yogyakarta-lah yang akhirnya bisa mempertemukan kami. Yogya memang istimewa :)

spot favorit di Kafe Coklat 

Komentar