Last Post in 2013

Bisa berada di tanggal ini, merasakan hidup hingga 31 Desember 2013 adalah hal yang patut disyukuri. Alhamdulillah, meskipun tanpa perayaan berlebihan atau pergi ke suatu tempat spesial, pergantian tahun tetaplah pergantian tahun. Apapun momennya, saya rasa itu bukan hal yang penting, karena yang penting adalah resolusi dan doa yang dipanjatkan untuk tahun depan.

Beberapa hari terakhir ini saya jadi sering banget tidur pagi, maksudnya tidur dini hari. Jam 19 uda tidur, kebangun jam 22 terus sampe jam 3 baru bangun. Bener-bener ga sehat. Tentunya lagi ada hal yang lagi dikerjain, sembari ngerjain itu saya ditemani sama TV yang main film malem-malem. Di sela-sela film itu pasti ada iklan kan? Nah, agak janggalnya adalah saya menemukan tagline baru dari peringatan mengonsumi rokok, kalo yang biasanya bunyinya "Rokok dapat menyebabkan penyakit jantung, impotensi, gangguan kehamilan....dst", nah sekarang peringatannya singkat doang, Rokok membunuhmu!" 
Oke, itu memang jleb banget. Tapi tetep aja, menurut saya bagi para konsumen rokok, hal itu nggak ngaruh sama sekali. Kaya Bapak saya yang bisa dibilang pecandu rokok, katanya "Tagline tulisannya kecil gitu mana diperhatiin?" Ya memang... Jadi, kayanya useless aja dengan peringatan macam itu, meskipun memang kata-katanya jauh lebih jleb daripada sebelumnya.

Lusa kemarin, saya dan keluarga pergi ke Tuban dan mampir ke rumah Mbah alias Nenek dan Kakek. Saya biasa manggilnya Mbah Putri dan Mbah Kung. Beliau berdua Alhamdulillah hingga sekarang masih diberi sehat oleh Allah. Jadi, kami cucu-cucunya masih bisa berkumpul bersama beliau. Meskipun memang kesehatannya beliau sudah sangat menurun dibandingkan waktu saya masih SD dan sering berlibur di Desa. Setelah dihitung-hitung, 4 tahun terakhir setiap kali Liburan saya nggak pergi ke Desa, padahal dulu rajin banget setiap liburan semester di Sekolah selalu liburannya di Desa.
Setiap kali ngeliat Mbah Putri yang sangat lugu dan polos, hidupnya yang aman tenteram ini saya selalu ga tega. Beliau adalah sosok yang sangat ikhlas, 'nerimo', tidak pernah mengeluh, dan selalu tersenyum. Perilakunya ini selalu sukses membuat saya tersenyum geli dan kadangkala terharu. Kedua Mbah saya ini sekarang hanya hidup berdua di Desa, meskipun memang ada 2 Bude saya yang ada di Desa tapi tinggalnya beda rumah. Masalah makanan, mereka sangat 'nerimo' sekali, cukup makan dengan nasi dan sayur daun ketela, udah kenyang. Beosknya mungkin juga dengan menu yang sama, dan sama sekali mereka tidak pernah mengeluh. Bandingkan dengan orang-orang yang di Kota Surabaya, yang kalo makan menunya pengennya berubah. Ya Allah...bener-bener sosok orang ikhlas yang tiada duanya.
Waktu kami dateng kesana, Mbah Putri selalu bergegas ke sebuah Toko kelontong dan membelikan saya makanan ringan, padahal saya sama sekali tidak ingin merepotkan beliau. Saya ini lho cucunya, ngapain pake disuguhi layaknya tamu? Saya justru malu tidak dapat membantu Mbah Putri melakukan pekerjaan dan tidak mengingat Mbah-nya yang ada di Desa ini. 
Beda lagi dengan Mbah Kakung saya satu ini, beliau ini yang saya tahu sebagai sosok yang selalu 'on fire!'. Meskipun usianya sudah menginjak 86 tahun, beliau masih kuat jalan jauh untuk ke Sawah meksipun harus memakai tongkat. Kemarin saya baru dengar cerita dari Ibu kalau Mbah Kung masih kuat buat naik bus sendirian ke Kota Tuban buat ngurus sesuatu di Kantor Depag. Subhanallah... padahal lho cucunya ada yang kerja di Depag dan udah ditawari buat Mbah Kung jangan ngurus sendiri, tetep aja Mbah nggak mau, beliau pengen ngurus sendiri. Oke deeh...kalo kaya gitu, kami  cucunya ini selalu ga berhasil membuat semangatnya luluh. Selain itu, di ruang tamu Mbah Kung ini selalu tertempel foto-foto keberhasilan dari anak-anaknya yang menjadi sarjana dan foto-foto pernikahan dari anak-anaknya. Sebut saja foto Ibu saya dan dua Om saya yang berhasil menamatkan gelar sarjana dan pascasarjana dari Universitas yang bermacam-macam. Ibu saya dari Surabaya, Om saya yang terakhir dari Universitas Mulawarman Kaltim, Universitas Jember dan Univeristas Negeri Makassar. Sedangkan om saya yang satunya dari Perguruan Tinggi Ilmu Qur'an Jakarta dan sekarang menjalani bahtera rumah tangga di Tanah Serambi Makkah, Aceh. Foto-foto dari cucu-cucunya yang lucu-lucu dan ada juga foto jaman saya masih kecil terpampang disitu bersama Ibu dan Adek saya makan mie. 
Akhirnya kemarin saya berinisiatif memberi foto wisuda saya, karena saya lihat belum ada foto di ruang tamu yang menunjukkan cucunya wisuda. Waktu saya memberikan foto wisuda saya, Mbah Kung cuma termenung, "Iki kowe?" saya mengangguk. Beliau memandangi lamaaa sekali, ada mungkin 5 menit, kemudian beranjak dari tempat duduknya dan menaruh foto saya di etalase kaca di samping foto Ibu saya wisuda S2. Alhamdulillah...
Saya nggak bisa membayangkan hidup beliau berdua ini bagaimana, di garis ini, mereka masih bisa tersenyum, menikmati hari-hari mereka dengan ikhlasnya tanpa harus ada handphone, gadget, motor, mobil. Mereka hanya cukup melihat dunia luar dengan TV atau radio. Benar-benar hidup yang aman tentram dan sejahtera.

 ini mbah Kung saya 

 ini Mbah Putri saya


Barusan saya baca sebuah artikel di Yahoo! yang kisahnya bener-bener miris. Alhamdulillah banget saya nggak pernah sampe kaya gitu. Bener-bener bersyukur punya tameng kuat agama dan keluarga yang selalu mengajarkan saya di jalan yang lurus. Ini nih artikelnya  diklik di sini

Anyway, tahun 2013 tinggal beberapa jam lagi. Resolusi-resolusi mulai dicanangkan, semoga Allah meridhoi dan mengijabahi doa-doa baik kita semua ya, Amin ya robbal alamin.

Komentar