Allah sayang sama kamu

Dari judulnya aja ketahuan kalo saya lagi beres, iya biasanya kan agak kurang beres otaknya. Tau sendiri kenapa saya masuk ke jurusan psikologi? Ya biar benerin diri yang kurang beres ini supaya lebih beres, kan siapa tahu ntar bisa lebih enteng rejeki, karir, jodoh.

Di bulan awal tahun 2015 ini dikasih hadiah sama Allah, berupa kecelakaan kecil. Insiden yang akhirnya membuat badan bagian kanan saya remuk redam, oke lebay, tapi serius ini membuat saya nangis ga karuan. Ceritanya pada hari Minggu tanggal 4 Januari lalu, dari pagi memang sengaja ga keluar Kosan. Sebenernya lebih karena mager (re: males gerak) dari hadapan laptop buat nyelesein takehome UAS Kuasi Eksperimen, tumben kan rajin. Udah bertekad pokoknya hari ini harus selesai tugas ini. Eh nggak taunya tetep aja nggak selese, kalah sama yang namanya tidur dan beberapa hal lain yang bikin pikiran ke distract.

Sorenya ke Mirota Kampus aja lah ya deket Kosan, kali aja disana bisa ketemu bule ganteng soalnya biasanya banyak bule yang belanja disini juga. Kemudian habis maghrib diajakin sama temen saya anak Magister HI UGM namanya Palupi buat makan. Dia  ini temen saya dari S1, sekelas pas kelas paralel di semester 1 dan 2. Huruf awal abjad kami kan berdekatan tuh, P dan Q makanya kami bisa kenal dan ditempatkan sekelas meskipun beda jurusan. Itu jaman dulu....ya hampir 6 tahun yang lalu. Eh sekarang kami dipertemukan lagi di Jogja. Saya jadi sering jalan bareng sama dia karena kami ngerasa cocok sama-sama dari Jawa Timur-nya, jadi kalo ngomong ya bahasa Jawa Timur-an kalo ketemu. Nah pada tanggal 4 Januari kemarin dia berulang tahun ke-24, jadinya saya dan Tita ditraktir nih sama dia.
Setelah dari Mirota, saya dan Tita pulang dulu kemudian segera ke tempat makan yang dituju. Udah semangat banget, soalnya jarang-jarang ada even beginian kan... akhirnya kami pesen makanan dan nyanyi-nyanyi ga jelas buat ngerayain Ulang Tahunnya dia sambil nyalain lilin yang ditaruh di sebuah cupcake. Alhamdulillah yah setelah kenyang, saya sama Tita pulang. Nah pas mau ke luar tempat makan, kok hujan? Lumayan nih gerimis...tapi ga apa lah diterjang apa, Cuma gerimis dikit ini.

Tapi makin lama lumayan deres, mana kendaraan saat itu lumayan padet di jalanan. Pas sampe di depan RS Panti Rapih, kami yang dari arah timur tiba-tiba dikagetkan kemunculan mobil yang tiba-tiba keluar dari Panti Rapih. Nah depan saya ada beberapa motor yang ngerem mendadak, termasuk saya yang akhirnya ga bisa menjaga keseimbangan, ditambah jalanan hujan yang licin, jatuhlah ke aspal jalan. Rasanya itu....antara sadar dan ga sadar saya jatuh dengan posisi ke kanan dan motor juga jatuh. Telapak tangan saya berasa perih-perih gimana, karena masih megang setir yang buat nge-gas. Tita juga jatuh kemudian dia berdiri. Saya masih antara percaya nggak percaya bisa jatuh di tengah jalan, sampe akhirnya ada 2 Bapak-bapak menghampiri dan tanya, “Mbak nggak papa? Mbak?” trus saya dipinggirin. Bapak-bapak tadi tanya, “Tadi siapa yang nabrak mbak? Tunjuk mbak tunjuk...” saya lihat di depan saya udah berhenti beberapa motor dan 1 mobil. Ga tau deh mobil yang mana yang belok tadi ga begitu merhatiin. Tapi motor 2 depan saya juga jatuh, sampai ada yang plat nomer belakangnya patah. Jaraknya agak jauh sama saya, sekitar 1 meter, karena saya emang berusaha jaga jarak biar ga nabrak mereka. Saya Cuma geleng-geleng doang, nggak inget udah nggak ngurusin, yang penting mau sampe rumah aja. Syukurlah motor saya masih bisa hidup.
Bapak-Bapaknya bilang, “Ya udah mbak ati-ati ya, licin ini hujan, nggak ada yang jatuh kan barangnya?”
Saya cuma geleng-geleng doang, tanpa buka helm dan udah pingin nangis aja rasanya. Ini kenapa lutut kok rasanya beda ya? Baru liat, aaaak....celananya robek di bagian lutut gara-gara “nyium” aspal dan berdarah. Makin perih kena air hujan. Hiks banget akhirnya pulang dengan mata sembab dan langsung ke kamar. Di kamar langsung ganti baju dan ngeliat itu baju udah kotor banget gara-gara kena aspal dan celana sobek kaya anak metal.

Saat itu saya cuma bisa nangis ngeliat luka di telapak tangan yang berdarah, kaki yang berdarah, dan yang paling parah itu tulang pinggang saya deh kayanya karena jatuhnya ke kanan jadi perih banget. Lukanya di luar perih, tapi kaya ada sesuatu di dalem, takutnya ada kenapa-kenapa kan sereeem. Saya nangis itu karena campuran antara sakit, perih, dan mikir piye carane nggarap tugas dengan kondisi badan kaya gini? Rasanya remek banget. Orang kemarin jari telunjuk kiri kena pisau aja udah sengsara banget, eh ini hampir sekujur badan. Tulung Gusti Allah....
Malem itu saya minta tolong Tita buat minta obat ke temen kos namanya Via yang kemarin kayanya punya obat-obatan buat P3K. Alhamdulillah ada, akhirnya pake obat dari Via dan dia speechless waktu liat kondisi saya yang menyedihkan ini. Malem ini pengen tidurrrrrr.... karena besok Senin saya masih ada jatah libur.
Trus saya mikir lagi, ooooh...ternyata Allah ngasih saya jadwal ujian intervensi anak sebelum minggu tenang itu karena hari ini saya mau dikasih cobaan? Ada jadwal ujian intervensi anak kloter 2 yaitu Senin besok ini, saya disuruh buat istirahat.
Tengah malem bangun dan mendapati beberapa miss called dari Ibuk di Surabaya. Yaah...ga kerasa kalo ditelpon. Ya udah lah lanjut tidur lagi, tugasnya dikerjakan nanti pagi aja. Tapi yang terjadi, hari Senin pagi cuman berdiam diri di kamar sambil menatap nanar ke arah laptop. Rasanya kaya ga sanggup menggerakkan tangan buat ngetik dan meluruskan kaki buat ngerjakan tugas. Akhirnya mulai dari kemarin saya memulai ritual baru, melakukan hal yang biasanya dengan tangan kanan sekarang dengan tangan kiri, kecuali makan ya. Kalo makan masih bisa lah ya pegang sendok. Tapi kalo sikat gigi, mandi, nyuci, pake tangan kiri sementara sampe lukanya kering.


Penampakan telapak yang diperban, tapi ga usah komen tentang kerapian perbannya. -___-
Selasa, waktunya saya ujian 2 mata kuliah. Semalem ditelepon sama Ibu Bapak cuman bisa nangis meskipun dengan suara tertahan. Seriusan bukan karena sakit, tapi karena takut ngecewain orang tua yang udah ngirim anaknya kesini, tapi besok ga bisa maksimal ngerjain ujian. Meskipun dari nada suara beliau berdua tidak berharap bahwa saya harus ini itu, tapi tetep namanya anak yang pengen membahagiakan orang tua, saya tetap ingin melakukan hal yang terbaik.
Iya, saya nggak boleh manja. Nggak boleh kebanyakan mengeluh. Nggak boleh males-malesan. Cuma sakit gini doang aja kok, Cuma nyeri aja kok, Cuma berdarah aja kok. Jadi perempuan itu harus mandiri. Bantuan dari orang lain itu sewaktu-waktu aja, kalo sekarang ya harus bisa ngelakuin sendiri. Baru keinget galon habis, masa iya saya harus beli galon dan angkat-angkat sendiri dari lantai 1 ke lantai 2 kaya biasanya. Kali ini excuse deh... manggil Bapak galon buat nganterin ke kamar, nggak mau maksa kondisi diri.
Hari Selasa pagi, tugas mini riset saya belum selesai. Dan hari ini ada 2 jadwal ujian, metpen Kualitatif dan Analisis Multivariat. Jam 7 saya baru mandi, padahal masuk ujian jam 7.30. Baiklaaah...nanti setelah ujian pertama langsung saya garap dan kumpulin, ya semoga selesai aja. Saya yang biasanya jarang pake rok, sekalinya ke Kampus pake rok langsung mengundang komentar. Tumben pake rok... ya saya jelasin alasannya supaya kaki saya ga kegores-gores dan kalo jalannya aneh ga keliatan. Langsung semuanya pada berempati. Apalagi liat tangan saya yang kesulitan buat nulis. Mereka pada bilang, “Eh perlu kita bilang ke Pak Bandi buat diundur ujiannya?” Hahaha....nggak lah... ya insya Allah sanggup, padahal dalam hati merintih. Orang tadi naik motor aja masih sanggup kok, meskipun kaya balik jadi anak belajaran motor lagi, pelan-pelan banget nge-gasnya, perih soalnya.
Ujian Kualitatif Alhamdulillah lancar...ya ada beberapa bagian yang mengarang bebas. Setelah ujian tersebut, ada berita dari pak Bandi. Beliau bilang kalo tugas mini riset itu dikumpulkan 2 minggu lagi. Subhanallah Walhamdulillah....
Hati ini rasanya langsung adem. Makasih Pak Bandi.... love you so much !!!
Allah benar-benar mendengar doa hamba-Nya yang kesulitan, itu suatu hal yang sangat benar. Lantas, saya pun lanjut belajar buat ujian berikutnya, yaitu Analisis Multivariat. Bahan ujiannya subhanallah banyak banget... itu statistik pakai SPSS dan waow banget Prof.nya. Saya belajar bareng Imo dan Ela. Imo nih tadi pagi dia telat masuk ujian kualitatif dan dengan santainya datang ke kelas setelah ujian berlangsung 1 jam, benar-benar unik anak ini. Waktu saya tanya, dia bilang, “Lupa gue yun...nggak konsen, gua kira masih besok. Ya udah sih tadi leyeh-leyeh aja kirain cuman ujian Anamul doang... hahaha...” seriusan ni anak emang mahasiswa tersantai yang pernah saya temui di pascasarjana ini. Kok ya untungnya Pak Bandi ngasih keringanan bagi dia buat ikut ujian susulan nanti siang. “Pak Bandi tuh kaya malaikat ya hari ini, udah gua boleh ujian susulan. Eh tugas diundur 2 minggu, tau aja kalo gua belum selesai....” imbuhnya.
“Belom selesai Ga tugas mini risetnya? Hahaha sama dong!” ujar saya.
“Oh ya? Wah tos dulu dong kita Yun..”
“Rejeki anak solehah Ga, insya Allah....”
Dan cerita berlanjut kalo ternyata dia juga habis kecelakaan diserempet sama mobil, pas minggu tenang kemarin. Bener-bener sehati deh kita.

Ujian Analisis Multivariat atau disingkat Anamul ini ternyata ga pake laptop kaya biasanya, tapi tulis. Wuah...ya seneng, tapi agak susah buat nulis. Ya udah akhirnya berusaha mengerjakan sebisa saya. Insya Allah, semoga dapet hasil yang maksimal. Rasanya lega banget ketika ujian hari ini selesai. Kaya beban yang ada di pundak separo hilang, meskipun masih ada 3 mata kuliah lagi, tapi setidaknya mata kuliah 2 ini selesai dulu. Dan yang terpenting adalah tugas Mini Riset dikumpulkan masih hari Jumat, karena saya ga mau terlalu menunda 2 minggu. It will ruin my holiday, jadi pengennya liburan nanti pengen merdeka dari tugas. Semangat nyelesein Coding dan Analisis Data kualitatifnya. Allah sayang sama saya dengan caranya, saya diperingatkan untuk lebih banyak bersyukur dan belajar berhati-hati. Bismillah....

Komentar