Ditinggal Dosen Pembimbing itu rasanya....

Postingan ini mau mengulas tentang Dosen favorit saya, yang bernama Pak Ali Mashuri, S.Psi., M.Sc. Beliau ini sangat saya hormati. Beliau udah ngasih berbagai ilmu dan wejangan yang bermanfaat bagi saya, skripsi saya, dan hidup saya. Kalau misalkan dulu waktu mengajukan pembimbing, saya tidak memilih beliau, entah bagaimana jadinya saya sekarang. #lebay
Anyway, beliau ini memang sangat baik. Meskipun tergolong Dosen baru di kampus saya, tapi ilmu dan pengalaman beliau sudah terbukti. Lulusan UGM dan VU University of Netherlands ini punya spesialisasi di bidang psikologi sosial. Tapi entah kenapa, karena beliau jago statistik dan metode penelitian, makanya waktu di kampus, diberi jam mengajar 2 mata kuliah tadi yang sangat ditakuti sama mahasiswa, termasuk saya. Awalnya, saya ga begitu niat mengajukan judul skripsi kuantitatif, karena saya sudah prepare judul kualitatif. Tapi, karena beliau orang kuantitatif, beliau pun menolak judul kualitatif saya, dan Bismillah saya mulai skripsi kuantitatif. Oke, let's start!
Proses demi proses pun saya jalani bersama Dosen Pembimbing kedua ini, begitu banyak ilmu yang beliau tularkan ke saya, ga hanya tentang psikologi, tapi juga pengalaman hidup. Beliau sering cerita tentang kehidupannya, tentang teman-temannya, dan saya dapat banyak masukan dari beliau tentang psikologi.
Sampai pada akhirnya saya Sempro di bulan Maret, setelah sempro beliau bilang akan lanjut sekolah lagi di Belanda. Whaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat? saya sangat shock dibuatnya, ga hanya saya sih sebenarnya, tapi juga teman-teman lain yang bimbingannya beliau. Terus beliau ngomong sama saya, kalau saya tidak bisa cepat menyelesaikan skripsi ini, akan ditinggal ke Belanda bulan Agustus. Tidaaak, lihat saya jadi sarjana Pak!
Satu keyakinan yang akhirnya membuat saya cepat menyelesaikan skripsi, saya ga mau kehilangan dosen pembimbing yang saya rasa sudah klik dengan saya. Saya ga mau, pokoknya gak mau. Yang akhirnya mengantarkan saya ke sidang bulan Juli lalu.
Alhamdulillah...akhirnya saya bisa sidang dengan disaksikan beliau ini. Hingga akhirnya, Jumat kemarin terakhir kalinya Pak Ali ada di Kampus. Teman-teman bimbingan lain pun segera dikebut sidang, dan akhirnya teman-teman yang bimbingannya Pak Ali bisa sidang di detik-detik terakhir beliau di Kampus.
Rasanya ditinggal sama Dosen kesayangan itu sedih banget, merasa sangat kehilangan sosok yang menjadi teladan, apalagi ke tempat yang jauh dan mungkin ga akan pulang sampai beberapa tahun ke depan. :(
Hal yang sama juga sempat saya rasakan waktu kehilangan Dosen Pembimbing Akademik saya yaitu Bu Sukaesi yang biasa dipanggil bu Echyl ke Belanda. Tahun 2012 kemarin beliau ke Belanda juga untuk lanjut studi Doktoral. Sempat bingung gimana jadinya saya tanpa beliau, padahal beliau ini sudah menemani saya selama 3 tahun lho. Tapi kami masih sering komunikasi meskipun beliau berada nun jauh disana.
Doa yang terbaik untuk 2 dosen saya ini, semoga beliau dilancarkan studinya di sana. Semoga saya bisa menyusul jejak beliau-beliau ini. Amiinn :)

Komentar