Rencana Hidup

Selalu ada perubahan dalam hidup ini, “life is never flat” katanya Chitato.
Everyday, everyweek, every month, we always change, sadar atau tidak. Keputusan demi keputusan pasti diambil dalam setiap langkah yang kita lakukan. Keputusan kecil hingga keputusan besar yang akan menentukan hidup kita selanjutnya.
Ketika kamu memutuskan untuk bangun pagi dan memulai hari, itu keputusan awal yang kamu buat hari ini. Mandi, sarapan, dan memulai aktivitas, adalah keputusan yang akhirnya banyak diambil oleh orang-orang. Aktivitas demi aktivitas dijalani. Banyak halang rintangan, yah that’s life.
Kadangkala, kita merenung memikirkan apa  yang akan kita lakukan, atau yang sudah kita lakukan. Semua itu akan menjadi evaluasi bagi keputusan selanjutnya. Saya, kamu dan miliaran manusia di dunia ini merasakannya. Bukan sebuah keanehan, ketika melihat ada yang berubah dari orang yang selama ini kita kenal. Karena keanehan adalah bentuk dari keputusan yang diambil individu, yang tidak familiar dengan kita, itu saja. Menerima atau tidak, pilihannya.
Rencana demi rencana diatur sedemikian rupa dalam hidup. Jika ada yang sulit, tidak ada cara lain, selain menjalaninya. Tidak mungkin menghindar dari hidup, jalan pintas hanya akan diambil oleh orang-orang berpikiran picik. Mengalir begitu saja hidup ini, dengan perubahannya sedikit demi sedikit. Namun jangan terlalu mengalir, karena nantinya tidak terasa kita akan malah terhanyut dan tak membuat arus sendiri. Waktu bergulir detik demi detik menjadi setahun yang kemudian baru kita sadari dengan perkataan,”Ga kerasa ya, udah setahun.......” seringkah kamu mengalaminya?

Mulai sekarang, silahkan kembali merencanakan apa keinginanmu, keputusan apa yang akan kamu ambil, agar terlaksana sesuai dengan harapanmu. 

Komentar