Nyanyian You'll Never Walk Alone di Anfield

Sebagai pendukung klub sepakbola Liverpool sejak SMA, membayangkan ada di antara riuhnya suporter The Reds adalah suatu impian. Iya benar, menyaksikan Gerrad cs berlaga di tengah lapangan, apalagi jika tim kesayangan menang, wah bisa berkali lipat bahagianya. Klub yang sudah berdiri sejak tahun 1892 dengan lambang Liver Bird ini adalah bukti kesuksesan tim olahraga sepakbola. Wah, harusnya waktu masih S1 kemarin saat mengerjakan tugas mata kuliah psikologi olahraga, saya mengangkat tentang sisi psikologisnya dari tim ini ya, sayang tugasnya hanya untuk menganalisis tim olahraga dalam negeri.

Liverpool punya banyak pemain legendaris seperti Callaghan dan juga pelatih seperti Bill Shankly. Sekarang pun juga ngga kalah hebat, ada Gerrard dan Suarez yang jadi pemain terbaik Premiere League musim ini. Meskipun mereka belum berhasil mengalahkan Manchester City, tapi posisi runner up pun sudah melampaui target. The Reds di usianya yang sudah 122 tahun ini menjadi tim tersukses di Inggris karena pernah menjuarai Liga Champions sebanyak lima kali, Liga Champions Eropa sebanyak empat kali dan Liga Inggris sebanyak tujuh kali. Keren banget kan? 
Maka dari itu, kenapa saya ingin sekali bisa berada di stasion kebanggan Liverpool, Anfield untuk bisa merasakan bagaimana atmosfer pertandingan kelas dunia seperti apa. Selain di Anfield, kalau memang rejeki saya untuk berangkat ke Inggris selama 7 hari itu, saya juga ingin mengunjungi stadion Old Trafford yang jadi kebanggan Manchester United, merasakan 'biru'nya suasana Stamford Bridge milik Chelsea, Emirates Stadium punya Arsenal, menginjakkan kaki di markas juara Etihad Stadium Manchester City dan White Hart Lane Tottenham Hotspur. 

Selain itu, di kota Liverpool bukan hanya sepak bolanya yang jadi kebanggan. Ada kelompok musisi terkenal di penjuru dunia yaitu The Beatles yang juga berasal dari kota indah ini. Band fenomenal idola yang bisa menempatkan lagunya di hati penggemar musik. Sampai saat ini, lagu-lagu The Beatles yang jadi favorit keluarga saya buat menemani perjalanan jauh di mobil. Selain The Beatles, Liverpool memiliki band-band top lainnya seperti Gary and The Peacemakers dan Lightning Sheeds. Nah, lagu kebanggaan "You'll Never Walk Alone" ini dinyanyikan oleh Gary and The Peacemakers, alhasil bisa membuat seluruh Liverpudlian merinding saat menyanyikannya di setiap pertandingan Liverpool.
Yah...inilah cita-cita, siapa pun berhak untuk bercita-cita dan berusaha mewujudkannya kan? Saya termasuk orang yang gemar bercita-cita, tentunya diimbangi dengan usaha. Semoga saja cita-cita pergi ke Inggris "someday" bisa terwujud dengan ikhtiar menulis ini. Semoga....
Salam damai dan jangan pernah merasa sendiri dari Liverpool.
"Walk on through the wind
Walk on through the rain
Tho' your dreams be tossed and blown
Walk on, walk on
With hope in your heart
And you'll never walk alone"

salam dari Liverpool dan The Beatles

Tulisan ini saya ikutkan ke dalam Lomba Ngemil Eksis Pergi ke Inggris "Kenapa Saya Harus Pergi ke Inggris?" dari Mister Potato. #InggrisGratis @MisterPotato_ID

Komentar