auf wiedersehen, Gerrard

Kabar yang sangat menggemparkan bagi Liverpudlian, kapten kesayangan Liverpool Steven Gerrard resmi akan mengundurkan diri akhir musim ini. Sedihnya....Super Gerro yang menjadi ikon dan legenda Liverpool tidak lagi bermain di tim kesayangan. 

Usianya memang hampir 35 tahun, untuk ukuran pemain bola staminanya sudah jauh berbeda dengan saat ia pertama kali membela Liverpool 17 tahun yang lalu. Pada usia 23 tahun ia ditunjuk untuk memakai ban kapten dan memimpin The Reds. Seluruh waktunya ia habiskan di Anfield, benar-benar pemain yang super setia. 
Selain di Liverpool, Gerrard juga membela Inggris di Kejuaraan Eropa dan Piala Dunia. Pada tahun 2010 ia dipilih menjadi kapten Inggris menggantikan Rio Ferdinand. Gerrard digambarkan sebagai salah satu gelandang Inggris terbesar dalam sejarah, seorang pemimpin sejati, dan seorang pelari yang tak kenal lelah dengan visi yang laur bisa dengan tembakan jarak jauh yang ditakuti di seluruh dunia dan pencetak gol produktif untuk ukuran seorang gelandang. Bahkan seorang Zinedine Zidane bilang kalo Gerrard adalah pemain sepak bola terbaik di dunia.

Salah satu kontribusi terbesar Gerrard terhadap Liverpool adalah ketika ia menginspirasi kemenangan tim do final Liga Champions tahun 2005 di Istanbul. Sempat tertinggal 0-3 dari AC Milan, Gerrard kemudian menjadi motor kebangkitan Liverpool yang bisa menyamakan kedudukan menjadi 3-3 dan kemudian menang lewat adu penalti. Sehingga pada tahun tersebut Gerrard dihormati sebagai UEFA Club Player of the Year dan memenangkan penghargaan bergengsi di dunia sepak bola yaitu Ballon d'Or Award setelah Ronaldinho dan Frank Lampard. Sampai saat ini ia adalah satu-satunya pesepakbola yang pernah mencetak gol di final piala FA, final piala liga, final piala UEFA dan final Liga Champions. Meskipun Gerrard belum sempat membawa pulang tropi Liga Premiere ke Anfield, tapii kami bakal rindu sama pemakai nomer punggung 8 ini. 

Namanya sebuah tim, pasti ada yang namanya regenerasi. Waktu terus berjalan, bibit-bibit muda pun mulai bermunculan. Salah satunya yang paling dijagokan di Liverpool adalah pemain berusia 20 tahun, Raheem Sterling. Semalam, dia jadi pahlawan di pertandingan melawan Chelsea. Meskipun skornya seimbang 1-1, tapi gol jarak jauhnya maut. Semoga aja pemain keturunan Jamaika ini bisa membawa Liverpool menjuarai Liga Inggris.

Danke schon, Stevie G. Auf Wiedersehen!







Sukses terus  Gerrard!

Komentar