Hilangnya sang Data



Terkadang, merelakan apa yang kita punyai adalah cara Allah meminta kita untuk selalu mengingat-Nya. Dalam rangka mengenang data-data saya selama 2 bulan terakhir yang hilang karena hardisk laptop yang tiba-tiba mati di tengah jalan, saya mau menulis sedikit. Ceritanya saya lagi ngerjakan tugas minor PIO kelompok, ketika lagi buka email kok lama banget ga bisa ngedownload tugas dari teman-teman? Seketika laptop saya hitam dan mati. Entah ada tulisan apa yang intinya hardisk di laptop impaired alias damage. Oh ya Allah... gimana ini? Sedangkan jam menunjukkan angka 10, tugas dikumpulkan jam 13. Ada waktu 3 jam tapi ini kan hari Jum’at? Mana ada servis yang buka? Tapi nekat-nekatan lah... mandi cepet-cepetan dan segera ke tempat servis yang saya kenal di Pogung. Sampai disana, mbak-mbaknya bilang ditunggu dulu 30 menit. Eh ternyata dia baru sadar kalo ini hari Jumat dan mas-mas yang servis lagi Jum’atan. Argh....kenapa ga bilang dari tadi. Udah panick attack nih...

Saya pun nyari tempat servis lain yang buka di daerah Jakal, eh nemu akhirnya di sebuah kios kecil yang ga begitu keliatan. Sepertinya mas-nya non muslim jadi dia ga Jum’atan, dan ada anjing di tempat servisnya jadi fix saya bisa servis deh disini. Setelah diutak atik kata masnya hardisk saya ga bisa diselamatkan. Kalopun bisa 1 folder harganya 200ribu, tinggal dikali aja? Alamak.... itu ada ratusan folder di tempat saya... Saya masih punya back upan tapi hanya sebagian. File HPP Exit Test klien-klien saya ada disana semuaanyaaaa..... Ya Allah... rasanya langsung lemes ga bertenaga. Mau nangis tapi mata rasanya udah ga kuat nangis saking shocknya. Rasanya saraf parasimpatis saya udah ga berdaya. Akhirnya saya buat keputusan kalau ganti hardisk aja. 

Tugas yang dikumpul jam 13 ini gimana? Masih ada waktu 1,5 jam. Segera saya cari warnet, ketik ketik ketik ketik 45 menit selesai! Alhamdulillah ada waktu sekitar 30 menit buat ngampus. Sesampainya di Kampus, mbak Corey, Kak Nur, dan Winda yang saya ceritain cuman melongo. 

“Ayun, kamu kok bisa sekuat itu sih?” langsung memeluk saya, puk puk...

Saya nggak ingin dikasihani. Toh ini semua sudah kejadian, mau diapakan lagi? File yang hilang? Ya sudah relakan saja. Saya bersyukur file saya hilang ketika seluruh Exit Test sudah selesai, meskipun tidak semua file ada hardcopynya karena saya lupa memback up ke dropbox. Saya jadi sadar bahwa tidak ada yang mengalahkan yang namanya "memori" manusia yang merupakan ciptaan-Nya karena untuk menghapus memori manusia sangat sulit. 
Tapi benar-benar Alhamduilllah.... Meskipun sebenarnya sangat berat ketika mengetik kata “rela” ini. Memang benar kata meme yang menyebutkan bahwa ketika kita ikhlas, sebaiknya seperti surat Al-Ikhlas dimana tidak ada kata “ikhlas” di dalamnya. Jadi saya sudahi saja postingan ini agar tidak semakin berlarut-larut. Yang terpenting sekarang laptop saya sudah kembali baik, diinstal ulang, dan datanya hilang semua. Alhamdulillah masih diberi cobaan di kala Ramadhan oleh Allah untuk menguji kekuatan makhluk-Nya.

Komentar