Neurobics



Otak kita bekerja sesuai dengan jalurnya setiap hari, sesuai dengan rutinitas yang kita lakukan. Pathway yang dibentuk pun seperti itu-itu juga, tidak berkembang setiap hari. Lantas, bagaimana caranya untuk bisa mengaktifkan pathways dari bagian lain otak? Caranya adalah dengan Neurobics. Ingin tahu tentang Neurobics? Silahkan klik website ini.
Saya jelaskan secara singkat ya, setiap hari kita menjalani hari sesuai rutinitas. Ada kalanya rutinitas ini memberikan tantangan, tapi tak terlalu cukup membuat otak kita berkembang. Nah bagaimana caranya membentuk pathways atau jalur lain dalam otak yang membuat otak kita semakin “hidup” dan bisa semakin kreatif?
Do something rare
Misalkan sehari hari kita terbiasa sikat gigi dengan tangan kanan. Ada kalanya kita coba sikat gigi dengan tangan kiri. Setiap hari kita menulis pakai bolpen coba beberapa hari kita menulis pakai pensil. Setiap hari kita berjalan lewat rute jalan yang sama untuk berangkat dan pulang kerja, coba kita lewat jalan yang berbeda. Atau misalkan kita mandi dan makan dengan mata tertutup, mencari sesuatu dengan mata tertutup dan hanya mengandalkan indera perabaan. Atau yang unik lagi, coba kita membeli parfum yang kita tidak tahu aromanya, kemudian di rumah pejamkan mata dan semprotkan parfum tersebut sambil membayangkan tempat liburan yang paling ingin kita kunjungi.
Hal itu dapat merangsang indera yang diproses di otak lebih peka lagi. Hasilnya, tentu saja otak akan lebih aktif bekerja dan bisa menghasilkan unexpected things.
Actually, saya masih dalam proses mencoba sih. Sudah pernah baca bukunya, tapi baru sempat merealisasikan.

Komentar