ArtJog 2015

Yogyakarta memang surganya para seniman dalam berkarya dan memamerkan karyanya ke masyarakat luas. Seperti pada bulan Juni lalu dari tanggal 6 hingga 28 ada pagelaran seni rupa bernama “ArtJog” yang merupakan acara tahunan dari 87 seniman keren di seluruh Indonesia dan mancanegara.

ArtJog tahun 2015 ini bertemakan “Infinity in Flux” yang memiliki arti angka yang terbatas dalam fluks. Artinya fluks? Adalah kumparan magnet yang jika didefinisikan secara pasti saya juga nggak paham tapi yang jelas ini adalah kreativitas tanpa batas yang berusaha ditampilkan di dalam pagelaran ArtJog. 

Untuk tiket masuknya diberi harga Rp 25.000,- bagi mahasiswa, sedangkan untuk umum Rp 50.000,- . Pertama kali masuk ke semacam pohon  kalo dari luar yang ternyata isinya berbagai hal ajaib, sepeda, dan benda-benda beroda lain. Ada sebuah pohon yang dimana kita bisa menuliskan harapan-harapan kita lalu digantungkan di pohon tersebut, itu adalah pohon harapan semacam di negara Jepang.  Yang menarik ada sebuah barber shop dimana kita bisa motongin rambut di sebuah bilik kecil, unik banget. Oh iya sebelum terlambat, saya mau memberi tahu kalau semua foto yang ada di postingan kali ini saya ambil dari www.google.com dan instagram milik orang lain karena foto-foto yang saya ambil dari iPhone saya raib belum sempat di backup ke iCloud dan dropbox malah dipindah ke laptop dan laptopnya hardisknya rusak. Alhasil hilang semua deh...

Oke lanjut, ada banyak karya yang membuat saya terpana dan tertohok. Seperti karya ini...


Keren ya seniman tersebut bisa menggambar berbagai wajah hingga ribuan. Masya Allah keren banget ya... trus dijejer-jejer gitu sampe banyak banget.


Maksud dari karya ini adalah lahan persawahan semakin hilang dan digantikan oleh pembangunan gedung yang semakin merajalela. Memang untuk hal yang positif, mengingat semakin banyaknya jumlah penduduk di Indonesia. Namun keberadaan Petani yang saat ini masih menjadi mata pencaharian terbesar bagi penduduk Indonesia mulai tergusur perlahan-lahan. Sedih kan...

Jika ingin lihat galeri seni yang ditampilkan secara lengkap, silahkan klik di sini.


kepala ini berbentuk raksasa loh dan jika kita tekan tombol yang ada di dinding maka burung yang ada di atas itu mengetuk keras ke kepala. Hayo siapa yang tahu maknanya?

area pertama kali masuk

terlihat seperti sangat dalam ya? Padahal ini permainan persepsi





Komentar