Bike to Work

Dalam rangka Mengurangi Polusi yang semakin merajai tubuh Kota ini. Ada kegiatan positif yang dicetuskan oleh Sekelompok orang yang cinta pada Kotanya. Yaitu organisasi ‘Bike To Work’.
Ayun ga tau jelas apa program kerjanya, tapi Ayun pikir. Mereka adalah orang yang benar-benar berpikiran ke depan. Betapa Kota ini butuh pelrindungan dari Penduduknya. Jangan selalu dicekoki oleh Polusi dari asap kendaraan bermotor yang mereka pakai. Tapi, cobalah untuk menghargai betapa kita tak akan bisa hidup tanpa adanya Kota ini.
Mungkin, sekarang hal itu belum begitu terasa dalam kehidupan. Namun, lambat laun pengaruh Polusi itu akan terasa. Suatu saat, dunia ini benar-benar akan merintih karena ‘Kita’.
Makanya, segala perubahan besar yang ingin dicapai haruslah dimulai oleh perubahan kecil yang berarti dan terus menerus. Nah, dengan Bersepeda ke mana saja, sedikit demi sedikit pasti akan mengurangi polusi yang ada.
Memang apa salahnya sih pergi ke mana saja dengan sepeda. Nggak ada yang salah, tapi ‘gengsi’ penyebabnya.
“Tengsin dong, masa’ ke Mall, ke Sekolah dari Sepeda kayuh, taruh di mana ni muka???”, Ayun pernah denger seorang anak SMA berkata begitu.
Okey, okey…. Emang sekarang udah ga zamannya ke mana-mana naek Kendaraan satu ini. Udah dianggap Kampungan dan ga berkelas. Maka dari itu, ga ada kan anak zaman sekarang yang bersedia naek Sepeda ke mana-mana. Kalaupun ada, bisa diitung dengan jari.
Budaya seperti ini ga baik diteruskan. Liat aja di Negara-negara Dunia yang lebih maju dan makmur. Penduduknya nggak pernah ngerasa malu tuh yang namanya naek sepeda ke mana-mana. Malahan, mereka males naek kendaraam pribadi sebangsa sepeda motor atau Mobil mereka. Kalau nggak naek Sepeda, ya naek Angkutan Umum.
Gaya hidup seperti itu ada dampak positifnya juga looo….. Untuk Penghematan contohnya. Liat aja di Negara Singapura, jarang Penduduknya yang pergi naek Kendaraan Pribadi. Mereka malah lebih memilih naik Angkutan Umum, karena biaya parkir di tempat-tempat umum sangat mahal. Karenanya kalau nggak orang yang kaya-kaya banget, jarang deh kayaknya yang pilih naik Mobil pribadi.
Tau nggak Presiden Iran, Mahmoud Ahamadinejad yang katanya sih lumayan ditakuti ama negara Amerika karena pidato-pidato dan kecaman-kecamannya yang pedas ke negara Paman Sam itu. Ternyata, Presiden satu ini kalau ke ‘Kantor’nya naek Sepeda Kayuh loo. Dia menolak untuk memakai Mobil Kenegaraan, karena sifatnya yang sederhana itu. Dia jadi disegani sama seluruh rakyatnya, dan kayaknya kayak nggak ada perbedaan gitu antara yang ‘di atas dan yang di bawah’.
Harusnya, kalau menurut Ayun niii….. orang-orang jangan pernah gengsi naek sepeda. Selain mengurangi polusi juga baik buat Kesehatan. Ayun aja ga malu, malah bangga karena Ayun udah ngelakuin yang benar untuk Kebaikan Kota kita, Surabaya.

Pesan: Ada alasan laen kenapa Ayun pilih naek sepeda ke mana-mana, karena Ayun emang ga bisa nek Motor, xixixixixixi…… x)

Komentar