LEBARAN…..

Lebaran, semua umat Muslim pasti menyambut dengan gembira datangnya hari ini. Tak terkecuali Ayun tentunya……
Mau tahu apa yang Ayun lakukan saat Lebaran? Pertama, yang jelas Ayun Sholat Ied dulu di masjid atau lapangan terdekat. Dan kali ini Ayun jatuhkan keputusan Ayun sholat di lapangan Rumah sakit Angkatan laut bersama keluarga. Sesudah Sholat, di rumah langsung sungkeman sama anggota keluarga yang lain yaitu Ibu, Bapak dan Tita. Waktu acara kayak gini nih biasanya banyak adegan nangis-nangis nih soalnya keinget dosa-dosa yang pernah dilakukan semasa dulu…. Tapi gag tau kenapa, Ayun bisa loh nggak nangis tahun ini padahal biasanya nangis bombay nggak keruan….

Seelah itu, Ayun keliling-keliling ke tetangga deket rumah, kayak patroli gitu….nggak tahu ngapain pokoknya ngikut aja ama Ibuk salam-salaman, kenal nggak kenal mah yang penting salamin aje….

Setelah selesai, Ayun ama Keluarg langsung menuju ke rumah Nenek di daerah Jemur wonosari, nahh,,,,,,keluarga besar sudah menunggu. Soalnya, kalo Lebaran gini semua anak dari Nenek yang berjumlah 12 orang dikurangin 1 karena udah meninggak berkumpul di sini. Ditambah anak-anaknya dan anak-anaknya lagi. Katanya sih, kalo ditotal semua anggota keluarga Bani Ismoe (nama Kakek Ayun) itu berjumlah 108 orang, tapi kayaknya lebih dehh….. karena tahun ini banyak banget ketambahan anak-anak bayi yang baru lahir, ampe bingung dah ni anak kecil anaknya sapa gitu… Nggak apal namanya, tapi apal wajahnya…

Tentunya disana sungkeman lagi, Ayun banyak salah sihh…. Dulu kan Ayun pernah tinggal di sana selama beberapa taun waktu Ayun SD, dan banyak banget kesalahan mungkin yang Ayun perbuat…. Juga sama Tante, Om, Bulik, Paklik, Sepupu, semuanya sodara Ayun…. Jadilah rumah sederhana yang terletak di gang kecil ini ramai oleh sodaa-sodara Ayun.

Di rumah ini tiap tahunnya diadakan acara Keluarga, yah rapat atau apalah sebutannya, mungkin dialog interaktif…. Selesainya kira-kira jam 2an. Tapi, setelah itu nggak berenti sampe disini. Karena dilanjutkan keliling ke rumah Pakde-Bude dan Om-Tante yang lainnya. Padahal di rumah Nenek tadi udah ketemu, tapi rasanya kurang afdol kalo belom ke rumah masing-masing. Jadilah, keluarga besar ini kayak konvoi gitu ke rumah-rumah lainnya. Kalah dah arak-arakan partai tuh…

Ech, tapi lumayan lohh…. Ayun dapet pendapatan skeali setahun, ternyata Ayun masih dianggap kecil, buktinya Ayun masih dapet angpau walaupun nggak sebanyak taun lalu tapi udah seneng banget soalnya kan lumayan bisa buat memenuhi kehidupan anak dan suami (looohhh???? Emang gw uda merit???).

Pulangnya sekitar jam setengah 9 malem, cuapeekkk banget ni badan. Tapi di rumah males tidur, malah nonton TV soalnya ada film bagus… Ayat-ayat inta diterusin kawin kontrak. Banyak banget adegan yang dipotong yah, maklum lahh…. Kan kalo di TV siapapun bebas menonton juga anak-anak kecil, jadinya adegan yang berlabel BO harus dipotong.

Humm…rasanya puas dengan pengalaman berkeliling tahun ini, sampe rumah ternyata pusing banget lohh, masuk angin gitu….gimana enggak, keliling se-Kota Surabaya naek motor tanpa helm, tanpa jaket. Wuihha….berani banget yak? Tau tuh Ibuk Ayun, masa Ayun dibilang ga usah pake helm…mentang2 Lebaran ga ada Polisi gitu… Maap ya Pak Pol….

Komentar