(LAGI-LAGI) TRY OUT

Minggu, 22 Februari 2009. 
Ayun nekat ikut try out yang diadakan oleh Teknik Industri ITS di SMAN 4 Surabaya, tanpa teman. Jadi, begini ceritanya…. Ayun ngajak temen-temen Ayun buat ikutan tu try out tapi nggak ada yang mau. Alhasil, Ayun dengan keberaniannya (ceileeehhh) berangkat dengan dianterin Bapak ke SMAN 4 yang nggak tahu tuh tempatnya dimana. Eh ternyata tempatnya juga masih di dalem Surabaya (ya iyalah Yun….geblek…). 

Setelah sampai di tempat, matahri bersinar terang. Pertanda baik nih, Ayun memasuki halaman Sekolah dengan rasa optimistis meskipun tanpa siapa-siapa di samping Ayun. Ehhe…..ternyata regostrasi belum dibuka, capung deh….ngerti gitu Ayun berangkat jam 8 aja. Katanya jam 7 udah dimulai gitu di dalam posternya. Akhirnya Ayun baca-baca aja Madingnya, ternyata banyak banget Pengumuman-pengumuman yang nggak Ayun ketahui, karena emang tuh pengumuman nggak dipasang di Sekolah Ayun. Yapp…banyak banget info-info yang Ayun dapet, kayak Lomba-lomba dan info tentang gimana cara mendapatkan beasiswa di Universitas Indonesia (UI). 

Lanjut,,,, setelah registrasi dimulai. Ayun nggak mendapati nama Ayun di sini. Akhirnya Ayun disuruh nulis nama dan asal Sekolah. Ehh…bentar…kok Ayun nemuin nama Sekolah yang sama kayak Ayun. SMA KHADIJAH. Gitu tulisannya, setelah Ayun baca….eh, ternyata emang bener….ada anak namanya M. Fatchur ama Charier. Seg, bentar…..perasaan pernah denger nih nama. Beneran, “Ini kan anak IPS!!!!!!,” pekik Ayun senang. Eits…bukan karena aa-apa,,,tapi karena punya temen yang sama dari satu sekolah. Walopun emang kalo di Sekolah nggak kenal, tapi gimana lagih…akhirnya kita ngobrol deh…Wakakakak…..

Akhirnya, jam 7.45 kita masuk kelas. Dan sangat kebetulan sekali, kita berada di satu kelas. Bagus…bagus…. Karena Ayun ambil IPC. Jadinya, Ayun ditempatkan ajdi satu sama anak IPS. Wuikikikk…..
Soal pun dibagi, Pengawas datang, dan Ayun duduk depan sendiri. Suasanan lengang di dalam kelas, tapi…gila…. Nggak konsen banget ngerjain soal tuh…lhah gimana lagi, kan SMA 4 itu di pinggir jalan, jadinya bising bwanget jek!!!!
Di antara anak lainnya yang udah keluar, IPC dikasih waktu I50 menit. Ayun terakhir keluar. Dan ternyata kita semua dikumpulkan di tempat namanya ‘joglo’, nah…tuh di situ kita dikasih games-games yang rada’ jayuz…hihihi…

Acara kedua ada sharing yang judulnya ‘Menjadi mahasiswa yang berkompeten’, pembicaranya adalah Kak Iwan Setiawan atau siapa itu, hatduhh…lupa nihh….yang merupakan Ketua Himpunan Mahasiswa TI ITS. Hmm….enak banget kalo ngomong, orangnya keliatan intelek gitu. Huiihhh…..

Yang kedua, kita ngebhas tentang tips-tips menghadapi SPMB. Pembicaranya adalah Kak Sylvania yang udah 2 kali ikut SPMB, jadinya udah dianggap pakarnya gitu, hehegz…
Terus yang terakhir….adalah Pengumuman siapa-siapa yang masuk I0 besar dalam try out kali ini. Karena emang TI ITS ini mengadakan di 6 kota di Jawa Timur. Ayun udah nggak filling bakal bisa, karena…yah..tau sendiri lah, tadi ngerjain soal lebih banyak pake teknik ‘pengawuran’. Hhe….

Yayayayayayayayayay………Ayun pasrah dengan apa yang terjadi. Nggak mungkin gituh, Ayun bisa masuk I0 besar di antara sebegitu bejibunnya orang-orang yang ngerjain try out dengan persiapan yang matang. Hhegz…. Ayun aja tadi malem niatnya mau ngerjain soal-soal SPMB IPC, ehh…malah ketidurah di atasnya,,,udah gitu ngiler pula….

Tapi kenapa kok rasanya deg-degan ya? Ech…biasanya kalo kayak gini nih, ada kejadian baik nih…aminn… kok filling Ayun menunjukkan kalo Ayun akan disebutkan di peringkat 9 ya?
Kita lihat apa itu benar?
Nama pertama yang disebut adalah anak yanga da di sebelah Ayun, selamat…selamat….Ika…anak Wahid Hasyim I.
Yang kedua, sampe ke-8 ga tau deh..siapa sampe akhirnya yang disebutkan 2 orang terakhir inilah yang menduduki peringkat pertama di jurusan IPA dan IPS. 
Seperti mustahil kalo Ayun terpilih jadi yang terbaik di Jurusan IPA. Hhe….dan benar, memang buka Ayun!!!! Tu anak udah pulang duluan ternyata, sinihh…Ayun aja yang gantiin….hahahah….
Wahh…harapan untuk jadi peringkat ke-9 pupus sudah. 
Tinggal satu nama nih, anak yang terbaik di jurusan IPS. 
Sebentar-sebentar, kata MC-nya gini, “Wahh…ini nggak jelas nih cewek apa cowok, namanya singkat, padat dan jelas… siapa ya kira-kira?,” sambil memandang k segala arah.
“Jeng….jeng….,” dia membuat backsound sendiri “Yapp….silahkan maju Qurrota,”.
WUIIKKK….!!!!
TUHAN…..itu kan Ayun???
Oh my God….beneran nuihh….haduhh…Alkamdulillahh….
Dalam benak Ayun hanya ada satu kata, “IPS??????”, nggak salah nuihhh?
Ayun kan anak IPA, dan kenapa Ayun jadi yang terbaik di IPS? Yahh…masa bodoh lah dengan semua itu, yang jelas Ayun dapet sertifikat dan hadiah. Namun samapi postingan blog ini diturunkan, hadiah itu belum turun juga. Padahal di posternya dengan jelas dipampang, MASING-MASING YANG MENJADI TERBAIK DI JURUSANNYA AKAN MENDAPATKAN HANDPHONE. Ayun udah terharu biru aja kalo emang itu terjadi, tapi nggak tahu deh, beneran apa nggak? Huhh…kalog nggak dapet, berarti nggak profesional tuh panitianya. Bukannya Ayun menuntut, tapi Ayun cuma pengen ngebuktiin apa itu benar?

Pulangnya, 2 temen Ayun si Charier ama Fathur ngucapin SELAMAT gitu, saat Ayun ambil sertifikat mereka langsung ngabur pulang. Melelahkan sekali memang hari ini, tapi Ayun senenggg banget. Akhirnya Ayun pulang dengan naek angkot, wahh…jadi angkot mania lagi nihh….nggak tahu deh tuh angkot arahnya ke mana? Pokoknya Ayun naya, “Joyoboyo Pak?,”. orangnya ngangguk…ya udah Ayun naek aja. Sampe Joyoboyo, Ayun harus oper lagi buat sampe ke RSAL. Di tengah-tengah menunggu angkot penuh, Ayun ketemu sama orang Chinese yang nanya tentang ‘Gereja’, mampus lo!!!! Ayun nggak ngerti sama sekali, cuman karena ada tulisannya deket suatu SMK Negeri, Ayun tunjukin setahu Ayun. Hahahh….agak-agak sok tau juga sih. Terus, anaknya tuh ngegemesin banget, udah sipit, putih, gemuk, senyum-senyum gitu, ya ampunnn….luwcunya…..

Tapi Ayun ambil hikmah aja dari semua ini, bahwa ikutilah apa kata hati kalian, jangan ikutin orang-orang…karena kata hati selalu menunjukkan apa yang terbaik. 
Ayo spirit untuk SNMPTN…..!!!! ^_^

Komentar