BEASISWA??? (part II)




Sambungan dari postingan di bawah, Ayun mau menceritakan segala yang Ayun alamin sewaktu menjalani tes yang diadakan oleh Departemen Agama seminggu yang lalu (I9 Maret 2008).
Berangkat pukul 6.30 padahal tes dimulai pukul 07.00, karena Ayun menunggu kedatangan seseorang yang menjemput Ayun, yaitu Nindy alias Ndot. Wuaaa….gila, dari rumah udah jam 6.30, trus masih ditambah ke Sekolah karena Nindy mau minjem dragbar dari salah satu temen buat alas waktu ngerjain tes ntar.
Okeh, akhirnya kita ngebut menyusuri jalanan kota Surabaya dengan biadabnya, karena waktu sudah menunjukkan pukul 7 kurang. Nggak lucu banget kita telat, padahal kita asalnya dari Surabaya. Masak kalah ama anak Pondok Pesantren yang dari luar Surabaya, malahan ada yang dari Bali.

Alhamdulilah…kita sampai tepat waktu, yaitu jam 7 kurang sekitar 5 menit. Thanks ya Allah…
Nindy markir motor dan kita langsung menuju tempat tes, WOAAHAAAAAAAA………. Anaknya BUANYAAAAKKK BANGEDDDD….. Kita terheran-heran dengan begitu banyak kerumunan orang-orang, apalagi setelah kita lihat, pendaftar di Universitas Airlangga (Unair) paling banyak di antara lainnya, jadi tambah ciut aja nih nyali.
Tapihh…..Ayun nggak mao kalah sebelum bertanding !!!!!
Dengan semangat membara, kita menghampiri kerumunan berseragam hijau kotak-kotak, ya syapa lagi kalo ga kerumunan temen-temen kita yang dari Khadijah, Ponpes Putri NU.
Ayun liyad wajah temen-temen yang grogi gitu, bandingkan dengan wajah Ayun yang masih cengengesan. Enggak tau kenapa, Ayun nggak mau menganggap tes ini sebagai sesuatu yang berlebihan. Yah…easy going aja, kata Ibuk….kalo diterima Alhamdulillah….. karena Ayun tahu saingannya Ayun nggak cuman 700 orang dari Jawa Timur ini, tapi masih ditambah lagi dari Propinsi-propinsi di luar sana yang tentunya nggak kalah pinter. Makanya, Ayun nggak mau menganggap remeh mereka. Namun, Ayun tetep menanamkan sikap optimisme di benak Ayun.

Allright guys…mari kita menuju ruangan tes. Setelah diterlusuri, ternyata Ayun dapet duduk di bagian kedua dari pojok, dan di antara teman-teman lainnya, Ayun dapet duduk depan. Thenkz God, mungkin ini satu dari beberapa cobaan sebelum menuai hasilnya *Semoga*. Lanjut….
Ada 4 tes yang harus kita lewati:
Pertama, Tes Bakat Skolastik, yaitu biasa disebut Tes IQ. Hmm…..sebenernya tes ini seperti kebanyakna tes-tes pada umumnya…namun rasanya waktu yang dikasih itu nggak cukup. Jadinya, dari 70-an soal, Ayun jawab ngawur ada sekitar 6 soal gitu. Hwuhhh….
Kedua, Tes Potensi Akademik. Tes ini nih yang menentukan apakah kita nantinya pantes enggak masuk Unair. Karena tes ini yang membuat kebijakan apakah kita bisa amsuk Unair atau enggak. Dari I00 soal, mungkin Ayun bisa 3/4nya. Karena lumayan sihh…tapi nih soal modelnya pake’ logika banget. Rumus-rumus yang biasanya kita apalin…huhh…udah deh…buang jaoh-jaoh. Karena di sinilah, ditentukan penalaran kita baek atau enggak. Makanya, lumayan susah nihh… Tapi, Ayun isi aja semua, mungkin aja dari yang ngauwr-ngawur, ada beberapa yang nyantol, dan bener…. Hehehe…

Trus, istirahat…
Tes Ketiga adalah tes Bahasa Inggris. Ini nih yang agak merinding, karena Tes ini modelnya mirip SPMB. Jadi, sistem penilaiannya…kalo bener +4, kalo salah –I dan kalo ga diisi 0. Jadi, dari 60 soal, ada 5-6 soal mungkin yang nggak Ayun isi.
Tes Keempat, yang terakhir adalah…Tes Kepesantrenan. Duwh…dari judulnya udah syerem yak? Hehe…tapi, Ayun cuba buka tuh soal dan isinya…memang seseram yang Ayun kira. Karena dari sekitar 80 soal, Ayun bisa ngerjain separo aja. Huhh….tapi ada esainya yang bikin Ayun rada sebel. Huh…sebenernya gampang banget, tapi Ayun lupa …jadinya Ayun isi sebisa Ayun. Semoga aja lahh…Ayun bisa lulus tes kepesantrenan ini.
Sekitar pukul 4 lebih Tes ini berakhir. Rasanya….leher ini capek banget karena harus nunduk terus. Karena nggak disediakan meja. Jadi, kami menjawab pertanyan2 tu hanya beralaskan meja dada. Bayangkan., dari jam 8-4 sore nunduk terus. Pfuuuhhh…
Hari itu, cukup melelahkan. Walaupun begitu, Ayun akhirnya bisa ketemu Tiche…sahabat semasa Jurnalis…Huwaaaaa….ternyata kami ditakdirkan bertemu lagi di sini. Tenkz God… sempet nostalgila sbeentar, tapi karena diburu waktu, akhirnya kami memisahkan diri deh… Bye..

Semoga saja, SMA Khadijah dapat meluluskan salah satu atau salah dua, atau semuanya I0 orang perwakilannya mendapatkan beasiswa Depag ini, meneruskan jejeak terdahulunya. Amiinnn….HIDUP PONPES PUTRI NU !!!

Komentar