Anak-Anak Ajaib


Sedikit oleh-oleh yang saya dapat dari tugas observasi dan wawancara mata kuliah Psikologi Pendidikan. Di kelas kami dibentuk beberapa kelompok, dimana tugasnya ada melakukan observasi dan wawancara ke anak-anak berkebutuhan khusus (ABK).
Ceritanya, saya, Nenek, Pita, Piqi, Pram, Nusa, dan Guruh berada dalam 1 kelompok. Kami ber-6 awalnya nyante-nyante aja... SLB mah banyak di daerah Malang. Jadi ya gampang aja, ntar-ntar juga bisa.... tapi ternyata olala! Mencari SLB tak semudah yang dibayangkan.
Awalnya, saya ditunjukkan oleh Papa Emon sebuah klinik dan sekolah autis yang ada di deket rumah. Hmm... boleh tuh. Namun, itu nggak saya tindak lanjutin. Sampe akhirnya batas waktu pengumpulan tugas tinggal 2 minggu dan kami jadi bingung. OMG!
Kelompok kita ini sangatlah sulit untuk diajak kumpul bareng. Walaupun memang kadang bersama, tapi adaaaaa aja yang nggak bisa salah satu, salah dua atau salah tiganya. Hingga, nggak sanggup untuk nunggu. Saya dan Piqih berangkat sendiri untuk cari tuh SLB. 1 hari sebelumnya, kita udah yang nyari gitu muter-muter katanya ada SLB untuk anak tuna rungu. Hujan-hujanan kita rela demi nyari tuh SLB yang berujung pada kami basah kuyup dan hasil nihil! Ohh..what the!?
Mampir dulu deh akhirnya ke rumah Budhe untuk ganti baju dan lanjut perjalanan untuk ngerjain tugas yang lain di rumah Pita.
Nah, ceritanya yang sama Piqih, itu kita ber-2 akhirnya ngedatengin SLB Tuna Rungu dengan PD sepenuh jiwa bakal diterima di sekolah itu untuk sekedar observasi dan wawancara. Tapi ternyata persyaratannya sangat ribet! Kita ngadu deh ke Dosen, ternyata sama Bu Faiz nggak dibolehin pake SLB itu dan kita harus cari SLB lain dengan waktu hanya kurang dari 10 hari.

Setelah tanya sana tanya sini, bertekadlah saya untuk pergi ke SLB Bhakti Luhur yang ada di deket rumah yang pernah ditunjukkan oleh Papa Emon. Saya dan Piqih pergi kesana, sesampainya disana....kita tanya-tanya dan mendapat jawaban bahwa SLB yang kami kunjungi itu adalah sayap dari SLB yang ada di pusat. Pusatnya ada di Jl. Dieng. Ho’ohh....Dieng.... itu kan SLB yang banyak dijadikan teman-teman lainnya tempat observasi? Walaaahhh.....ujung-ujungnya kita kesana jugak. Tuhann.... gitu aja jalannya mbulet banget.
Dengan semangat dan tekad 45 kami pergi ke SLB di Jl. Dieng itu, berbekal surat pengantar. Perlu waktu 2 hari untuk akhirnya bisa bertemu dengan KepSeknya dan Alhamdulillah dibolehkan... Ya Allah...benar-benar lega....

Kami pun menjatuhkan pilihan pada kelas tuna grahita sedang yang ada di kelas III. Kami mulai masuk dan disambut sangat antusias oleh Bu Wali kelasnya, Bu Karti. Sangat menyenangkan. Seluruh siswa di kelas menyambut kita dengan senyuman terindah mereka.

Banyak hal yang didapat dari anak-anak ajaib macam mereka. Hwaaa senyuman dan ketawa mereka loh, bikin adem.
„Nggak bisa stress mbak ada di sini,“ ucap Bu Karti.
„Iya, bener buk...“

Kangen mereka sangat! 

Komentar