Ujian!


Kali ini serius nih saya.. beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 5 November saya sidang ujian PKN. Akhirnyaaaaa....setelah 3 bulan menggarap laporan dan berpusing-pusing dengan teori tentang motivasi dan pengambilan keputusan perilaku kriminal, saya bisa menyelesaikan laporan PKN saya.. what the wonderbar!! Alhamdulillah banggettt....
Sebenarnya, saya udah mengajukan ujian tanggal 2 November, semuanya sudah tertata rapi..tapi H-1 dosen penguji 1 saya tidak bisa hadir, alhasil ganti hari. saya pun ngurus lagi...dan alhamdulillah dapet ruangan di rumah sendiri, alias Lab Psikologi. Hehe..
Sebelum hari H, saya sudah mempersiapkan draft laporan saya, saya taruh di meja penguji. Tapi ternyataaaa kawan-kawan, setelah saya teliti di rumah..draft tadi masih banyak banget yang salah.. huaaa...pengen nangis rasanya..udah dikumpulin,, jadi ga bakal bisa ditarik lagi..ah ya sudahlah pasrah saya pada waktu hari H.
Sehari sebelum ujian, saya masih di Surabaya, jalan bareng Bapak tercinta menyusuri jalanan kota Surabaya, hengot di rujak cingur Genteng dan beli oleh-oleh khas Surabaya di Pasar Genteng. So sweet kan? Iya lah..
Hari senin pagi, saya telat bangun..jam 4.00 baru bangun tidur, sementara belum belajar materi power point yang dibuat semalem.. tapi ya sudahlah..Bismillah pasti bisa, toh yang mengerjakan PKN saya, ya yang tahu kondisi di lapangan juga saya dong..
2 jam sebelum ujian.. kok ga deg-degan sama sekali ya.. baru ngerasa agak grogi waktu temen-temen aslab pada nyorakin kalo saya curang karena ngeduluin temen2 aslab lainnya. Ditambah lagi ada Nenek, Pita, Piqi, Pram dan Nusa yang dateng buat nyemangatin..malah makin bikin grogi. Bikin pengen cepetan ujian.
Tiba-tiba pintu Lab diketuk oleh seseorang..dan ternyata adalah...pak Yoyon... aaaa...beliau udah datanggg! Kurang satu penguji lagi, bu Ika.. Pak Yoyon nunggu Bu Ika deh, 15 menit kemudian Bu Ika datang daaaannnn semuanya pada menatap mata saya dengan haru #lebay. Semangat Ayun!
Sidang dimulai, pintu ditutup. Bu Ikaa membuka sidang dan saya mulai presentasi. Bismillah... blablablaaaaaa...power point yang saya buat semalam berhasil saya jelaskan dnegan sukses dan dalam waktu kurang dari 10 menit karena banyak yang saya loncati. Hahaha...
Tiba saatnya pertanyaan. Yakk...Pak Yoyon memberikan beberapa catatan terahdap laporan saya, terutama dari logo di cover yang tercetak seharusnya warna kuning tapi saya warna pink..metal kan? Terus beberapa penulisan yang masih belum bener.. tiba saatnya pertanyaan yang sesungguhnya. The real! “Kenapa kamu pilih judul ini?” saya jelaskan...blablablaa.... sampai akhirnya saya tahu kalau saya membuat beberapa kesalahan dalam laporan ini, analisa yang kurang benar, dan yaah...tentu masih harus belajar lagi. Tapi selama ujian..jujur saya nggak ngerasa deg-degan...karena sudah familiar dengan dua dosen tercinta ini, dan malah kaya diskusi di dalam ruang ujian ini. Masa bu Ika tanya gini,”Kenapa kok kamu samarkan namanya jadi Mrs. Sjt?, kenapa kok nggak jadi Bunga?”
“Lho bu...nama samaran Bunga kan khusus korban pemerkosaan...” jawab saya.
“Oiya ya...”. Kontan kita bertiga ketawa...ini ujian...apa diskusi ya?
Setelah enjawab beberapa pertanyaan yang agak berat, Alhamdulillah ujian selesai. Saya diminta keluar ruangan sebentar sementara beliau berdua berdiskusi nilainya. Beberapa menit kemudian saya dipanggil masuk lagi dan diumumkan nilainya... Alhamdulillah...saya lulus, dengan revisi ini itu selama 10 hari dan nilainyaa..jeng jeng.... A. Amazing! Terima kasih ya Allah...
Akhirya jerih payah selama 4 bulan ini terbayar sudah. 3 SKS yang sangat mencengangkan...tapi berakhir dengan happy ending. Sekarang tinggal revisian nih...>< secepatnya ayoo biar segera mulai skripsi!

Komentar