Buang Sampah pada Tempatnya


Kesadaran akan kebersihan di Indonesia, khususnya di Kota Malang, masih belum sepenuhnya ada di hati individunya. Saya paling ga suka kalo ada orang yang habis makan atau minum atau apalah itu yang menyisakan sampah, ditaruh seenaknya di tempat yang harusnya bukan untuk tempat sampah. Tiap kali saya ngingetin, selalu kebanyakan jawabannya gini, “Halah...ga ada yang merhatiin aja kok...” atau gini,”Halah...Cuma bungkus kecil ini...”
Kata “Halah” adalah kata menggampangkan, dan saya paling ga suka itu. Seakan-akan semuanya bisa selesai tanpa ada perubahan dari diri sendiri. Kadangkala, mereka pun juga protes,”Haduh...ini kotor banget...”. Lah, gimana mau bersih, kalo manusianya pada ga mau membuang sampah pada tempatnya, nyebelin banget kan?
Bukannya mau sok bersih atau sok steril dan sok menasehati, saya Cuma pengen negara Indonesia, ehmm...jangan jauh-jauh dulu deh, kota Malang bisa bersih seperti halnya di negara Singapura. Toh, kota Malang ini besarnya ga jauh beda sama negara Singapura. Kalo kota bersih, penduduknya pasti betah tinggal di kota ini, enak dilihat, secara ga langsung, tingkat stres pun akan berkurang.

Komentar