Perjuangan demi Ide



      Seminggu yang lalu tepatnya tanggal 25 Maret 2013 adalah hari terakhir pengumpulan file PKM AI. Anyone knows? PKM AI kepanjangan dari Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah. PKM AI ini satu-satunya PKM yang tidka bermuara di PIMNAS, karena nantinya format yang ditampilkan berupa jurnal yang diterbitkan oleh DIKTI. Sumber penulisan PKM AI ini berasal dari hasil magang, praktek kerja nyata, praktek kerja lapangan, praktek di lapangan untuk tugas mata kuliah tertentu, dll. Jadi, siapa pun yang pernah melaksanakan kegiatan yang hasilnya bisa diformatkan menajdi jurnal dan memberikan topik segar bagi keilmuan, bisa diikutsertakan.
     Berhubung lagi fresh-freshnya selesai PKN, saya mencoba ikut PKM AI. Saya menggandeng angkatan 2010 yaitu Acil dan Apta buat jadi partner saya. Mereka memang tidak ikut melaksanakan PKN bareng saya, tapi mereka bisa jadi penambah ide untuk PKM AI, karena mereka tertarik juga dengan topik psikologi forensik. Sebenarnya sudah dari bulan Januari saya buat draftnya, tapi baru ada greget mengerjakan bulan Maret, ya biasaaa....prokrastinasi mahasiswa. Alhamdulillah kita disarankan buat dapat pembimbing Bu Intan yang emang jago banget kualitatif. Alhasil kami dibimbing tiada henti, sampe akhirnya batas waktu pengumpulan sudah dekat.
     Sedikit repot ya kalo ngumpulin anskahnya dalam format digital, karena harus diupload, dan lembar yang butuh tanda tangan harus discan terlebih dahulu. Jadi kita agak ribet disitunya, apalagi salahs atu dari kita belum pernah ada yang ikut PKM AI. Jadi ini the first time kita uplaod ke web simlitabmas.dikti.go.id. Nah, teoat pada tanggal 25 itu, mbak Maul (temen TEGAZS) menikah jadi saya datang ke nikahannya sampe jam 18.00. Setelah itu saya pulang dan mulai berpacu dnegan waktu untuk uplaod ini dokumen karena dokumen yang discan masih di Acil. Mengandalkan internet dari handphone, saya nerima email dari Acil jam 21.00, sedangkan Apta lagi sibuk menyelesaikan PKM GT nya, jadi saya berjuang sendiri upload tuh dokumen.
     Saya pun akhirnya nyerah ngupload dokumen dari handphone, lemot banget nih android. Akhirnya saya turun dan mengandalkan wifi nya mas Wiwid, ternyata oh ternyata...yang lagi online di webnya dikti ada 1000 orang. Apaaaah???? Pantesan dari tadi nyoba nguplaod ga bisa-bisa. Saya coba coba terus sampe jam 22.00, jam 23.00, jam 23.30. Aaaahhh kurang 30 menit lagi nih sampe deadline pengumpulan.. sampe jam 23.45, jam 23.50 masih tetep ga bisa...ga muncul menu yang saya harapkan. Saya udah bingung banget, sms an sama si Apta nyari solusi, tetep ga bisa.. akhirnya teng jam 24.00. Ahhhh...sudahlah, langsung saya nangis. Bukan karena gimana-gimana, saya kecewa, kerja keras kita selama kurang lebih 1 bulan menyusun jurnal ini ternyata ahrus berujung seperti ini. Ya Allah...rasanya kecewa banget, ini web kenapa ga bisa sih??? Sedangkan yang lagi online di situ masih 600 orang. Berarti 600 orang juga bernasib sama dengan kita. Akhirnya saya nutup laptop dan tidur, karena ngantuk banget dan daripada nangis cuma membuang waktu.
    Besok paginya Apta menawarkan solusi untuk tanya langsung ke Rektorat. Apa bisa? Saya nurut aja deh sama dia, soalnya dia mantan Ketua BARIS (Lembaga Riset di FISIP), jadi pasti lebih pengalaman. Kami pun tanya ke mas Okky, staf Sekretaris PR III, dari jawaban beliau kita tahu ternyata puluhan anak yang mengajukan PKM AI dan PKM GT juga bernasib sama dengan kami, ga bisa ngupload. Setelah diutak atik sama mas Okky, akhirnya Alhamdulillah kami bisa login.. Yeah! Kata mas Okky, kami supaya cepet ngupload mumpung webnya DIKTI belum ditutup, dan ga ada tulisan batasan terakhir pengumpulan sudah ditutup. Akhirnya kami pun berjuang ngupload di lantai 6 Rektorat demi PKM AI kami biar bisa ikut. Alhamdulillaaaaaahhhhh...akhirnya bisa diupload. Akhir yang manis, meskipun melebihi deadline. Eh sebenarnya ga loh, dari semalam kami udah berusaha ngupload tapi ternyata ga bisa, terus salah siapa? Hehe...tapi semoga apapun yang terjadi, diterbitkan atau tidak, kami berharap hasil itulah yang terbaik bagi kami. Amin.

Komentar