Hypntherapy = tidur



Hari Sabtu kemarin, pagi-pagi saya dibangunkan oleh telepon yang ternyata dari Bu Dita, dosen saya waktu mata kuliah psikologi eksperimen 2 semester yang lalu.
“Yun, nanti minta tolong jam 8 observasi buat eksperimennya kelas saya ya, bisa kan? Soalnya saya masih ada tugas wawancara di perusahaan X.....”
“Oh...iya bu, baik bu..”
“Oke deh, makasih ya....”
“..............” sebenernya masih belum ngumpul nyawa ini, tapi kudu berangkat. Mana semalem barusan tidur jam 01.00 gara-gara ngoreksi kerjaan saya sama geng Saxofone. Saya nginep di rumah Pita, yang di dalemnya juga ada mbak Dede dan Anindita. Si Anin udah tidur duluan dari jam 22.00, nah saya Pita sama mbak Dede masih ngoreksi hasil tes dari Lab sambil nonton X-Factor sampe malem banget, meskipun kadang diselingi rumpik dan ngegosip.
Akhirnya, saya ngajak Anin buat dateng observasi ke kelas Eksperimennya suatu kelompk itu. Saya ga tahu kelompok ini mau eksperimen apa, cuma observasi aja kan pesennya bu Dita. Jadi saya sama aslab lain yaitu Rima yang jadi penanggung jawab di psikologi eksperimen dateng deh. Masih ngantuk, mana belum sempat sarapan juga. Eh ternyata masih molor acaranya, hadeh...paling males deh sebenernya, tapi kadang saya juga molor, mencoba untuk memaklumi deh akhirnya.
Jam 9 baru dimulai, padahal di rundown acaranya jam 8.00-11.00. Ternyata....eksperimen mereka adalah tentang hypnotherapy. Hmm...honestly, saya agak males sama hypnotherapy-hypnotherapy gini, karena hypnotherapy ini di saya ga ngaruh sama sekali. Ya sudah, akhirnya saya observasi menjalankan pekerjaan yang diberikan. Akhirnya tiba saatnya para kelompok eksperimen tadi dikenai perlakuan hypnotherapy, dan hypnotherapy ini baru dimulai jam 12.20, ini adalah jam ngantuk-ngantuknya. Katanya si Masnya yang jadi hipnotisnya sih paling Cuma 30 menit. Ya sudah, saya akhirnya mencoba ikut hypnotherapynya, Cuma saya memposisikan diri tidak mau ikut sugesti yang diberikan. Lama kelamaan, sayup-sayup suara si hipnotisnya ga kedengeran dan saya benar-benar tertidur. Tiba-tiba ada suara isakan tangis di penjuru ruangan, saya terbangun. Mencoba ngintip dan orang-orang yang ada di sebelah saya, depan saya, pada nangis semua. Ini kenapa coba? Haduuh...mau melek itu rasanya sungkan, akhirnya saya merem aja, mencoba tidur lagi tapi ga bisa. Ternyata si masnya ini mencoba mengajak para audiens buat mengingat-ingat orang yang mengecewakan mereka, haduh plisss....ini apa-apaan coba? Saya ga sabar buat membuka mata, masih lama banget ta ini? beneran masih lama, saya menunggu sambil mencoba tidur, dan sekali lagi sugesti si masnya ga ngaruh di saya. Defense saya kuat mas, anda agak susah kalo menembus filter mental saya, hihi. Setelah 1 jam lebih berlalu, akhirnya sesi hypnotherapy ini selesai, lega rasanya. Ngantuk sedikit hilang, ini tadi sih namanya relaksasi, bukan hypnotherapy kalo buat saya. Jadi kesimpulannya, kalo anda ga pengen kena hypnitherapy, jangan dengerin kata-kata si hipnotisnya, tapi cobalah untuk tidur.

Komentar