Selamat!



Cerita tentang skripsi boleh dong ya? Akhirnya saya boleh mulai real study! Bismillah... setelah analisis try out selesai, saya konsultasi dengan Pembimbing 2 saya yaitu pak Ali. Saya tunjukkan hasil analisis SPSS ke beliau, dalam waktu kurang dari 1 jam saya dibimbing buat nganalisis SPSS untuk tahu reliabilitas, regresi dan hipotesis. Waktu analisis reliabilitas, saya sudah lumayan paham, ternyata analisisnya tidak per dimensi, tapi secara keseluruhan skala. Alhamdulillah yah...soalnya waktu analisis per dimensi, hasilnya salah satu dimensi saya yang ada di skala neuroticism ada yang gugur, kan sedih banget. Akhirnya pak Ali bilang ke saya, kalo analisis reliabilitas itu langsung keseluruhan skala. Dan hasilnya jeng jeng... bagus! Lebih dari 0,8 dan 0,9, artinya alat ukur saya dapat dikatakan reliabel. Thanks God!
Setelah itu, saya belajar menganalisis hipotesis, dan waktu hasilnya keluar pak Ali bilang, “Bismillah sek yun...” Jeng jeng! Waktu muncul deretan angka di output SPSS beliau langsung bersorak, “Wah kok cantik yun, selamat! Seneng banget bapak ini hasilnya bagus yun!” Pak Ali langsung menyalami saya. Jujur, saat itu saya ga paham sama sekali sama deretan angka yang ada di layar laptop yang muncul ini. “Wah bagus yun...ayo wis ndang dilanjutkan, besok ya saya tunggu progresnya... sekalian yang CVI dibuat formnya...wis selamat ya...” Pak Ali girang banget. Saya masih bingung, “Pak...lihatnya dari mana pak yang tadi bisa bagus atau tidak?” saya memberanikan diri. “Ini lho yun... dari sini...semakin...bla bla bla....” jelas beliau panjang lebar. “Ooohh....” sedikit paham tapi lebih banyak ga pahamnya. Tapi better deh, dan Alhamdulillaaaaaaaaaaaaaahhhhhh try out hasilnya sudah bagus, semoga real study hasilnya lebih bagus lagi ya Allah, amiiinnn....
Pak Ali berpesan sama saya supaya cepat-cepat diselesaikan skripsinya, karena bulan depan beliau akan disibukkan dengan mengurus visa di Jakarta, dan tentunya itu memakan waktu yang singkat, karena bulan Agustus beliau akan lanjut studi S3 di Belanda. Belanda lagi... oke Pak, tunggu saya ya Pak...jangan pergi dulu sebelum mahasiswimu yang bandel satu ini lulus. Pak Ali pesan ke saya supaya cepet menyeelesaikan penelitian ini, biar nanti waktu beliau ke Belanda udah ga ada tanggungan lagi. Saya dikejar deadline, rasanya ituuu kadang sumpek sendiri karena harus cepet-cepet, tapi kadang ya bersyukur..kalo gini berarti saya ga boleh males dan harus segera menyelesaikan skripsi ini. Semoga semuanya bisa berjalan lancar dan awal bulan Juni saya sudah sidang skripsi. Amin ya robb...

Komentar