Sesi Ngobrol tentang Jodoh



Seringkali Lab jadi tempat jujugan bagi para mahasiswa angkatan akhir yang sedang nunggu dosen, karena di Lab ruangannya lebih sejuk daripada di luar, dan juga di Lab bisa ngobrol sama kita-kita yang juga lagi pengangguran di dalem Lab. Seperti hari Jumat kemarin, saya yang kebagian jaga siang sama Kokom, random ga ada kerjaan, terutama saya yang masih nunggu beberapa kuesioner penelitian balik untuk dianalisis. Tiba-tiba ada Devi dateng, sambil nunggu dosen pembimbingnya, dia nangkring di Lab. Devi ini temen seangkatan saya, anak Jakarta. Skripsinya dia tentang Sikap konstituen pemilih di Malang Raya, nyaris ke Psikologi Politik daripada seharusnya peminatannya dia yaitu Psikologi Industri dan Organisasi. Saya seneng-seneng aja ada yang maen ke Lab, karena jadi ada temen ngobrol. Nah si Devi ini anaknya rame, dia kalo ngomong lucu banget pake logat Jakarta tapi karena dia cadel, jadi lebih lucu. Awalnya, Lab rame karena ada si Citu, anaknya bu Dita main di Lab. Tapi berhubung Citu lagi diajak makan sama temen-temen, akhirnya Lab jadi sepi krik krik, datenglah si Devi.
Awalnya sih kami ngobrol tentang skripsi, karena metode kami sama yaitu kuantitatif. Dia mulai curhat tentang dosen pembimbingnya dan kendalanya. Tapi makin ke sini arah obrolannya makin absurd, ngobrolin keinginan setelah lulus eh ujung-ujungnya si Devi jawab, ”Kalo aku pengen nikah aja deh.” Saya pun diam, “Eh?” padahal ga ada maksud nyerempet ke sana. “Emang udah siap?” saya nanya lagi. “Udah ayuuunn...aku tuh udah siap, tapi calon suamiku belum...” katanya menggebu-gebu.
“Lah, bukannya kamu udah punya cowok ya Dev?” saya mengkroscek.
“Emm...udah nggak, kita tapi tetep temenan kok...aku ga mau pacaran ah, aku maunya langsung nikah, nanti kalo ada yang nembak aku, aku langsung bilang, tanya ke orang tuaku langsung aja ya...apa aku boleh jadi istrimu...soalnya aku maunya pacaran setelah nikah,” jelasnya.
Wih, si Devi ini kok sehati banget sama saya ya. Saya setuju banget sama prinsip dia.
“Bener banget tu Dev!” saya langsung bersemangat menyahut.
“Iya kaan? Daripada pacaran lama-lama ntar akhirnya putus, mendingan langsung nikah. menjaga pandangan, ga bakal lirik sana sini, semua mua jadi pahala. Duduk berdua pahala, pegangan tangan pahala, daripada pacaran malah nambahin dosa,” tambah Devi.
“Waaaaah...that’s right Dev! Akhirnya aku punya temen yang sama jalan pikirannya kaya akuu...” saya nyalamin si Devi, yaaa agak lebay si sebenernya.
“Ih ayun aku ceritain deh, temen aku tuh ada ya masa dia dapet suami perfeeeect banget!....”
“Jangan bilang namanya Ara!” potong saya.
Mimik muka Devi langsung berubah,”Lho kok tau siiih?”
“Ya tau lah....kan psikolog bisa baca pikiran orang... hho..” jawab saya sotoy.
“Ih seriusaaan...kok tau Ara sih?” Devi penasaran.
“Ada deh... ya gimana ya Dev...hehe...nggak...temenku pernah cerita tentang Ara...” saya menjelaskan.
“Eh iya ya, kan pernah aku kenalin ke kamu dulu malem-malem ya? Oo iya sih...”.
Singkat kata, si Devi cerita tentang sahabatnya si Ara yang juga angkatan 2009 anak FK, dia dapet suami yang perfecto. Lulusan S1 sampe S3 di luar negeri, sekarang kerja di Inggris di perusahaan minyak. Secara agama gak perlu diragukan lagi Islamnya, secara akhlak juga sangat baik, finansial sudah mapan, dan terutama suaminya ini sangat pinter. Suami idaman banget lah. Subhanallah banget kan? Rahasianya si Ara adalah, dia selalu rutin menjalankan shalat dhuha dan shalat tahajjud serta bersedekah, dan akhirnya jodohnya datang di saat yang tepat dan orang yang tepat. Bukankah memang menurut Alqur’an wanita yang baik akan mendapatkan pria yang baik pula, begitu juga sebaliknya.
Sesi ngobrol kami pun diakhiri dengan candaan ini, “Kemana-mana kalo cari pacar soleh/solehah itu ga akan mungkin nemu, karena orang soleh/solehah ga mungkin pacaran.” Bener kan? Dan kami pun sepakat dengan pernyataan itu. Kami juga punya pikiran yang lebih terbuka terhadap hubungan tentang perempuan dan laki-laki yang halal dari bukunya Ustadz Felix Siauw yang judulnya “Udah Putusin Aja!”. Must read banget untuk temen-temen yang lagi galau tentang jodoh. Karena sebenarnya jodoh itu ga perlu dicari, jodoh kita di sana sedang memantaskan diri untuk bersanding dengan kita kelak, dan tentunya kita juga harus terus berbenah diri menjadi pribadi yang lebih mulia agar mendapatkan jodoh yang setara. Insya Allah, Allah akan mempertemukan kita dengan jodoh di waktu dan tempat yang tepat. Amin ya robbal alamin.
Being lonely because of Allah. J

Komentar