Enumerator

Resmi sejak tanggal 28 Oktober kemarin, saya dan 6 teman lainnya yaitu Sunsun, Mbak Han, Mbak Rusrus, Mbak Verver, Mas Hashas, Mas Gagah dan Bu Aa jadi tim enumerator dari penelitian tentang mutu pendidikan di Indonesia. Kami yang terdiri dari 7 orang ini tergabung dalam tim enumerator ini diberi tugas keliling ke 3 kota di Jawa Timur untuk melakukan penelitian di SD/MI dan SMP/MTs.

Dimulai dari hari Selasa kemarin, saya diapsangkan dengan Mas Gagah buat turun lapangan. Kota pertama yaitu Tuban yang kami kunjungi. Kami menyewa sebuah Resort di Wilis Resort Hill di Jenu, jalan raya Tuban-Semarang. Lumayan jauh dari Kota, karena hotel-hotel di Kota pada penuh, jadi kita agak pinggiran dapetnya. Aaahhh...senengnya menghirup udara pinggir laut, karena kami melewati pesisir lautan utara.

Hari H pun datang, saya dan Mas Gayuh ditugaskan di sebuah SDN di Merakurak. Awalnya kami sempat mau ditolak, tapi setelah meloby-loby dengan berbagai cara, sang Kepala Sekolah pun mengizinkan kami untuk wawancara dengan Guru dan observasi seluruh kelas. Para Guru ini antusias sekali waktu kami wawancarai, apalagi waktu saya ngaku kalo saya asalnya dari Parengan, yang notabene juga dari Tuban. Kami pun selesai tepat waktu.

Besoknya, saya ditempat kan di sebuah SDN yang ternyata waktu kami datangi, SD tersebut sudah dimerger. Ya Tuhan..bener-bener ya...unik sekali pengalaman kami. Alhamdulillah-nya Pak Kepala Sekolah sangat terbuka menerima kami, dan Tata Usaha-nya juga sangat terbuka terhadap kami. Seneng banget bisa sukses hari ini. meskipun tadi sempat harus menunggu dan wawancara-nya hampir sejam karena saya malah dicurhatin sama tuh Guru. Lucu banget sih, pengalaman baru. Ada anak yang SKSD, ada anak yang sangat diem, asli lucu banget. Masih ada 13 hari lagi menjadi enumerator, di kota Jombang dan Batu selanjutnya. Bakalan seru banget pasti. Bismillah...menjalani dengan ikhlas semuanya, insya Allah ga kerasa dan bakalan enak banget banget ngejalaninnya. Bertemu sama orang-orang baru dan bakal jadi saudara-saudara baru, dan mereka semua orang-orang hebat yang pernah saya kenal.

Komentar