My New Pet - call them Sugar Glider

Sepeninggal kura-kura mungil bernama Jiji yang diberi oleh sahabat saya, di rumah sepi nggak ada hewan peliharaan. Biar rame, akhirnya bapak mengusulkan untuk membeli hewan yang masih asing bagi kami, namanya sugar glider. Apa itu? Hewan berasal dari Australia yang akrab dipanggil "tupai terbang" di Indonesia. Kenapa dinamakan tupai terbang? Apakah mereka benar-benar bisa terbang? Sebenarnya bukan terbang sih..hanya kemampuan meloncat yang sangat bagus. Sama halnya dengan tupai, tapi hewan ini ukurannya lebih mini, sangat mini malah. Saking mininya, besarnya sama dengan jempol jari saya.

Gimana menurut kalian? They are just too cute kaaaan? Kalau ada yang nggak tahu, mungkin hewan ini dipikir gantungan kunci. Mereka sangat lincah, loncat kesana kemari ga bisa diam. Mereka termasuk hewan nocturnal yang aktif di malam hari, kalau siang hari lebih banyak tidur.  Sugar glider yang masih kecil dinamakan "joey". Kami memang sengaja membeli sugar glider yang masih kecil, karena biar sudah terbiasa dengan kami nantinya. Umurnya waktu kami adopsi baru 20 hari. Sekarang sudah hampir 2 bulan, dan sudah jago loncat dengan jarak jauh. Mereka senang sekali main-main di manapun. Tapi ada satu kekurangannya, hewan ini nggak bisa diajarin toilet training, jadi kalau mau pup atau pipis sesuka dia, kadang kalau lagi main pun dia bisa pup di tangan kita. Katanya sih...itu untuk menandai kalau daerah itu pernah dia tempati.Mereka masih semarga dengan kanguru dan koala, karena punya kantong untuk menyimpan anaknya. Rentang hidupnya bisa sampai 10-12 tahun kok, cukup lama kan? 

Nama hewan peliharaan baru saya ini Cici dan Coco. Mereka sepasang, cewek dan cowok. Sehari-hari makanannya bubur bayi dan minumnya air putih. Mereka suka sekali dengan tempat gelap dan sempit. Kalo marah, mereka suka menggertak dan bikin kita kaget. Mereka nggak bakal menggigit kita kok, karena mulutnya kecil banget. Bentuk matanya menurut saya sangat lucu, innocent gimana gitu. Pokoknya unyu deh..ditambah ekornya yang panjang banget serta bulunya yang coklat bersih. Untuk harganya, yaa lumayan, mencapai 5 digit angka 0.
Semoga tetap panjang umur ya Cici n Coco!


 Cici sedang sembunyi ngintip di kotaknya

Coco sedang lahap makan karena kelaparan



Komentar