Orang Baik

"Dunia ini penuh sandiwara.... " teringat sebuah cuplikan lirik dari lagu jaman dulu. Tuhan telah menyetting dunia sedemikian rupa dan memberikan manusia serta makhluk lainnya peran masing-masing. Peran ini dapat bertambah atau berkurang seiring berjalannya waktu. Tak ada yang tahu, seperti apa jadinya kita di masa depan kalau Tuhan sudah berkehendak.

Sebuah video yang saya dapat dari media sosial menggugah perasaan saya. Di sekitar kita tiap orang memakai topengnya masing-masing, yang kemudian menjadi peran sosialnya dalam masyarakat. Setiap peran ini dikategorikan menjadi 2, yaitu baik atau buruk. Peran baik oleh seseorang membuat ia dicintai dan disukai. Tentu saja peran ini yang diidamkan oleh semua orang, untuk tetap terus bisa melakukan hal-hal baik meskipun dalam skala kecil.

Video yang saya lihat ini membuat saya berpikir, masih banyak orang baik di sekitar kita yang saling membantu meringankan beban orang lain. Saya jadi ingat pelajaran PPKn jaman SD dulu, kalau diminta menyebutkan contoh perbuatan baik, selalu saya jawab "Membantu menyeberangkan orang lanjut usia di jalan". Padahal saya tahu, jaman saya kecil, saya aja belum berani nyebrang sendiri. Tapi, Alhamdulillah saat saya jaman Kuliah saya bisa merasakan "Ohh seperti ini rasanya membantu menyeberangkan orang," Meskipun sangat kecil apa yang kita lakukan, hal itu membuat saya sangat bahagia dan merasa bermakna. Itulah inti dari eksistensi manusia bukan?

Okey lah, silahkan dilihat videonya disini. Semoga terinspirasi ya!

By the way, ayo kita sama-sama menjalani hari kita dengan riang gembira tanpa tekanan dari mana pun. Ibu selalu mengingatkan saya, kalau nanti di lingkungan kerja jangan pernah merasa tertekan ataupun di bawah tekanan karena hal itu ga berasal dari hati nurani.


Komentar