Nikmat Tuhan

Jangan pernah lupa untuk selalu melakukan hal ini, dalam kondisi apapun, sehat maupun sakit, senang ataupun sedih. Iya, bersyukur. "Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?" firman Allah dalam surat Ar-Rahman.

Iya, saya bukanlah orang yang pandai bersyukur. Tapi saya akan selalu belajar terus menerus agar bisa bersyukur. Apa yang telah saya punyai saat ini, tentu tidak akan kekal sepanjang masa. Barang yang ada dalam genggaman saya saat ini, suatu saat akan kembali kepada sang Maha Pemilik. Orang-orang di sekitar saya pun, suatu saat akan kembali. Bahkan diri ini pun bukanlah milik saya, melainkan milik Sang Maha Pemilik. Sungguh, untuk apa manusia berlomba-lomba untuk memamerkan barang yang dimilikinya, jika nantinya Tuhan akan mengambil semua itu. Untuk apa manusia jumawa dengan kesombongan hartanya, jika mengerti bahwa Tuhan Yang Maha Kaya.

Masih nyambung dengan nikmat Tuhan, salah satunya adalah nikmat harta benda. Siapa sih yang tidak ingin memiliki banyak uang? Semua orang pasti menginginkan segala kebutuhannya dapat tercukupi. Tapi, apa sih sebenarnya indikator segala kebutuhan tercukupi? Karena menurut teori psikologi dan ekonomi, kebutuhan manusia itu tidak terbatas. Jadi, jika satu kebutuhan sudah tercuukupi, pasti masih ada saja yang kurang dan belum tercukupi. Maka dari itu, benar adanya quote ini, "Mengapa Tuhan tidak memberikan segala yang kamu mau? Karena jika semua yang kamu inginkan diberikan oleh Tuhan, maka kamu tidak ingin apapun di dunia ini." Keismpulannya, silahkan berkeinginan dan jika sudah mendapatkannya jangan lupa untuk bersyukur ya.



Komentar