Madakaripura Waterfall

Setelah puas main air di Papuma Beach, hmmm meskipun belum sepenuhnya puas sih. Ada spot menarik yang kami lewatkan. Jadi gini, Ibu saya sudah pernah ke Papuma dan foto di beberpa batu besar pinggir pantai, layaknya pantai di Belitung. Tapi waktu sampai disana, kami kok ga menemukan spot tersebut, ya sedikit kecewa tapi sudahlah...
Perut kenyang meskipun ga makan seafood pinggir pantai dan badan udah seger, next trip kemana lagi nih ya? Jam masih menunjukkan pukul 11.30, kalo mau balik ke Surabaya kayanya masih sore. Ada ide keluar, yaitu ke air terjun Madakaripura. Yes benar! Air terjun yang terkenal baguuuus banget, tempat pertapaan Eyang Gadjah Mada bertapa sebelum ia 'mukso' alias menghilang dari muka bumi. Baiklah....nurut dengan GPS melewati jalur alternatif. Air terjun ini katanya ga begitu jauh dari gunung Bromo, ya sudah kami menyusuri jalanan menuju Bromo, nah sampai daerah Sapikerep, kami putar balik ke arah air terjun, turunn terus lalu belok kiri setelah ada tulisan "Air Terjun Madakaripura 5 km". Oke, 5 km untuk ukuran orang Desa pasti lebih jauh. Jalan mulai menanjak dengan medan yang sempit dan kondisi jalan bergeronjalan. Pemandangan kiri kanan indah sekali...beberapa kali kami menemukan mobil dengan plat "W", eh ternyata orang Sidoarjo hobi jalan-jalan juga ya. Ada juga segerombolan motor touring, dari anak muda sampai orang setengah baya naik motor ke air terjun ini. Pas kami nyampe, eh banyak yang pulang. Ga apa sih, biar sepi tempat wisatanya..hihihi
Sampai juga di gapura, biaya masuknya harga Rp 3000 aja, dan ditambah parkir plus-plus cuci mobil seharga Rp 15.000, kami mulai naik. Katanya orang lagi nih, perjalanannya 30-45 menit melewati 7 sungai. Keluar dari mobil udah dikerubutin sama penjual sandal jepit, untung aja kami semua udah pake sandal jepit dan ga ada yang termasuk pemakai high heels, jadi ga perlu beli sandal lagi. Meskipun harganya murah cuma RP 5000. Pas mulai perjalanan, tiba-tiba ada orang yang ngedampingin tim kita sebanyak 8 orang ini buat memandu ke tempatnya. Eh si Mas Harmadi udah ngacir duluan, jadi kita ber-7 ditinggal di belakang sambil ngikutin si guide dadakan yang mandu kita. Tapi....ternyata di antara kami belum ada yang deal harga sama si guide. Hahaha kirain udah ada yang deal, makanya saya iyakan aja waktu dia bantuin saya nyebrang sungai. Mas Yoso yang ketua panitia turun tangan deh buat ngebatalin, habisnya setelah tahu harganya sebesar Rp 100.000 kita langsung shock lah... setelah dikasi pengertian dan ngaku-ngaku kalo udah kesini sebanyak 3 kali, si guide itu mau dibayar Rp 25.000, padahal belum ada nih separo jalan. Ya udah lah ya...namanya sama-sama cari uang makan sih.
Perjalanan dengan medan cukup ampuh ini kami disuguhi pemandangan laur biasa. Gunung di kiri kanan, sungai yang jernih dengan bebatuan dari ukuran besar hingga kecil. Kudu ekstra hati-hati saat melewati sungai dan jalanan yang sempit, bebatuan dan licin ini. Tapi ga usa kuatir, karena kalo kita capek, lumayan banyak penjual makanan dengan menu gorengan, mie instan, dan minuman hangat tersedia. Sekitar 30 menit perjalanan ditempuh, kok makin naik ya? Kudu pake acara merangkak segala, karena tinggi banget, licin, berbatu juga, eh ternyata kita salah track. Ahhhhh apa-apaan ini. Mana baju udah separo basah, karena air terjun udah ada di depan mata. Ada 3 penjual menghampiri kami buat menjajakan jas hujan agar ga basah. Nah karena kondisi saya yang lagi kurang fit karena sakit perut dilepan, akhirnya beli deh jas hujan kresek dengan harga Rp 10.000 jadi Rp 9.000 aja. Kami janjian beli warna merah semua bia berasa gadis berekerudung merah, eh ada yang cowok sih hihi biarin. 
Ada jalan sempit yang harus dilewati sampai akhirnya kita sampai di sebuah tabung raksasa dengan gerojokan air dari atas setinggi + 50 meter. Subhanallah.....rasanya dingin banget, berasa ada di dimensi lain. Ternyata seperti ini kondisinya pertapaan Eyang. Merinding ya Allah.... indah banget. Rasanya perjalanan susah payah tadi terbayar sudah, puas...melihat air terjun dari berbagai penjuru dengan jumlah air yang tidak terkira. Air ini melimpah sekali sampai ke bawah sungai-sungai yang kami lewati tadi. Saya mengira kalo wujud surga gambarannya seperti ini. Ini udah bagus banget, apalagi surga beneran. Masya Allah...Subhanallah saja yang bisa terucap dari indera ini.





nirwana...sungguh indah...

 
tabung air terjun Madakaripura. 
di lubang tengah-tengah air terjun itulah Eyang Mada melakukan pertapaan




 selfie dulu di Madakaripura, kapan lagi kan?

Madakaripura!

Di depan patung Gadjah Mada

See you in another trip!



Komentar