Resolusi Ramadhan

Alhamdulillahirobbil alamin, masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2014. Sudah hari ke-4 kita lalui Ramadhan dan masih ada 25 hari lagi untuk bisa mewujudkan resolusi yang diinginkan. Memang sebuah euforia ketika menyambut Ramadhan "Menjadi pribadi yang lebih baik", namun itu sebaiknya tidak hanya terjadi saat Ramadhan. Setiap hari pun sebagai manusia yang diberi kelebihan akal, kita harus berusaha menjadi orang yang lebih baik.
Ramadhan ini saya menghabiskan waktu di Surabaya dan Yogyakarta. Berbeda dengan tahun lalu yang saya masih di Malang mengurusi beberapa hal terkait revisi skripsi, Alhamdulillah memang setiap Ramadhan Allah memberikan rasa yang berbeda. Merasa kangen dengan suasana di Malang bersama teman-teman Kampus, nyari ta'jil di Pasar ta'jil Suhat, nyari gratisan ta'jil di masjid-masjid, buka bareng teman-teman, tarawih bareng dan nyari yang rakaatnya 11. Setelah itu tadarus dan ngobrol-ngobrol kesana kemari atau nonton film bareng sampe sahur menjelang. Galau dengan revisi dan konsul ke dosen penguji yang jarang ke kampus, tapi bersyukur ketika yudisium setelah Lebaran. 
Saya sangat bersyukur Ramadhan kali ini bisa bersama keluarga tercinta di rumah Surabaya. Saya sangat menikmati momen kebersamaan ini, yang mungkin di Ramadhan lain saya nggak bisa merasakannya lagi, who know kan? Momen apapun itu, nikmati aja. Momen kebebasan, menentukan kegiatan sendiri, yang mungkin orang bilang nggak produktif, tapi karena saya menikmatinya, saya tetap memanfaatkan waktu dengan baik. Mungkin menyesal ketika melihat teman-teman menghabiskan waktu di tempat kerjaan dan hang out bersama teman-teman kerjaannya. Tapi saya merasa bahwa whatever yang saya lakukan sekarang, ini untuk persiapan masa depan, dan saya yakin waktu beberapa bulan ini worth it dengan yang akan saya hadapi untuk beberapa bulan ke depan, Amin ya robbal alamin.
Well, resolusi Ramadhan saya kali ini bisa menghapalkan Juz Amma dan mengerti artinya, serta mengkhatamkan Al-Qur'an, memahami dan mengamalkan isi dari beberapa ayat-Nya. Semoga saja bisa ya Allah... Selain itu, tentunya selalu berkontribusi positif bagi kehidupan. Amin ya robbal alamin.
Bagaimana dengan resolusi Ramadhanmu kawan?

Komentar