Terkenal

"Buat apa terkenal dan dikenal oleh dunia kalau tidak dikenal oleh penghuni langit"
-Oki Setiana Dewi, 25 tahun-

Quote yang sangat 'jleb' untuk seorang Muslim macam saya. Orang boleh berlomba-lomba menjadi terkenal dengan menjadi pengusaha, artis, atau macam profesi lainnya. Tapi tidakkah kita pernah berpikir bahwa seorang Ibu rumah tangga yang kerjanya 'hanya' mengurus rumah dan anak, tapi selalu meluangkan waktu untuk mengaji dan tidak pernah meninggalkan sholat, lebih mulia hadapannya daripada profesi artis yang terkenal di mata masyarakat namun tidak sempat melaksanakan kewajiban sebagai seorang musli.
Lagi-lagi saya berpikir, kalau manusia hanya mengenal dunia, untuk apa? Itu semua bisa lenyap dalam sekejap jika Allah menghendaki. Namun amalan baik yang kita perbuatlah seperti melaksanakan perintah wajib dan sunnah yang menjadikan kita 'kekal' di mata Allah. Tanpa riya', tanpa pamer dengan apa yang kita lakukan, tanpa menunjukkan pada orang lain dan media, Allah sudah tahu itu. Allah Maha Tahu segala yang kita perbuat. 
Sejatinya, untuk apa sih kita hidup di dunia? Mengejar kesuksesan semu dan fana? Itu semua hanya alat, untuk menjadikan diri kita 'ada' di hadapan Allah. Dari diri sendiri, saya mulai ingin berbenah, menyingkirkan rasa iri dan dengki yang seringkali hinggap, kekhawatiran yang kadang muncul tanpa sebab tentang duniawi, saya mulai berpikir cerdas bahwa hidup itu tidak abadi. Hidup ini untuk mencari bekal di akhirat, akhirat yang bahagia. Semoga, Amin ya robbal alamin.

Komentar