Pra Profesi Psikologi 2014

Terhitung sejak tanggal 25 Agustus lalu, mereka yang dinyatakan sudah diterima sebagai mahasiswa Magister Profesi (Mapro) Psikologi UGM diwajibkan mengikuti pra profesi untuk penyetaraan pengetahuan mengenai dasar-dasar keprofesian dan kemagisteran. Bismillah... selama 2 minggu kami mendapatkan materi-materi yang cukup banyak, mencoba mengingat kembali materi selama kuliah dari semester awal hingga akhir. Berbagai pengantar tentang psikologi kami dapatkan kembali. Kami yang memang dibagi menjadi 3 bidang yaitu Klinis, Pendidikan dan Industri dan Organisasi (PIO) bakal mendapatkan ilmu yang lebih spesifik di bidang yang kami pilih ini.

Dosen-dosen pengajar kami sangat baik dan bisa memberikan materi dengan jelas. Saya merasa paham dengan penjelasan beliau-beliau yang sudah berpengalaman dan expert di bidangnya ini. Mulai dari yang ahli psikologi anak, psikologi industri hingga psikometri alias itung-itungannya psikologi. Saya yang dulunya cuma bisa melihat nama beliau lewat buku yang beliau tulis, akhirnya bisa berhadapan langsung dan berinteraksi dengan beliau melalui kelas pra profesi ini. Seangkatan kami berjumlah 98 orang yang dari bidang Klinis 34 orang, pendidikan 29 orang dan PIO 35 orang. Berasal dari berbagai latar belakang Universitas S1, meskipun sebagian besar berasal dari alumni S1 UGM. Maka dari itu diperlukan penyetaraan pengetahuan agar kami yang berasal dari luar UGM bisa sedikit beradaptasi dengan lingkungan belajar disini. 

Saya tidak sendiri, bersama Mbak Caca yang juga dari UB angkatan 2007. Tapi ia memilih bidang PIO, sedangkan saya Klinis. Dari jam 08.00-16.00 setiap harinya kami menerima materi, tentu dengan diselingi istirahat. Pada hari Jumat di minggu kedua, kami diajak buat outbond di Kaliurang. Woah....udah lama banget nggak outbond semenjak Psychocamp tahun 2011 lalu. Excited sekali tentunya. Tapi oh tapi...saya ga punya tas ransel disini, Alhamdulillah punya temen jaman S1 yang juga diterima di S2 HI FISIP sini, Palupi. Akhirnya minjem carrier-nya dia, beli berbagai perlengkapan juga sama dia, dianter ke Kampus juga sama dia. benar-benar teman sejati dari jaman liputan di Perspektif ia ini. 

Jumat siang kami berkumpul di Balairung Gedung Pusat UGM yang arsitekturnya masih jaman kolonial. 

Foto Magister psikologi profesi angkatan XI

Kami menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Hymne UGM. Merinding, subhanallah walhamdulillah bisa berada di kampus impian, kampus tertua di Indonesia, kampus perjuangan. Ternyata tidak mudah bisa berada di sini, dan akhirnya kaki saya mendarat di salah satu bagian dari Universitas perjuangan. ><

Kami berangkat ke Kaliurang!
Waow...terkesima dengan Bus yang bakal mengantar kami, ini sih Bus eksekutif, ya kali ke Kaliurang kan cuma 45 menit, agak lebay ini, tapi ya sudahlah.. Sesampainya di sana kami langsung takjub lagi, ternyata kami diinapkan di tempat yang bagus. Hahaha.... ekspektasi saya salah besar, saya pikir kami bakal ditaruh di barak tenda gitu. Yaaa...padahal uda bawa peralatan macam-macam lho.

Baiklah, siap untuk outbond!
Games-games yang merekatkan hubungan kami yang maba ini. Berbagai background dan angkatan, mulai dari yang sudah berpengalaman kerja, baru beberapa tahun kerja, hingga yang baru lulus, semuanya bercampur disini. Kami bukan membawa nama daerah dan nama universitas asal lagi, tapi kamilah Mapro sebelas UGM yang cerdas, percaya diri dan bertanggung jawab. Bukan cuma rekan kerja, tapi kami adalah saudara, yang selalu saling membantu di saat senang dan sedih, suka dan duka. Kami calon Psikolog Indonesia yang beretika. Hingga pada hari Minggu sebelum kami pulang, kami semua berkomitmen untuk menjadi Psikolog profesional yang bertanggung jawab dan beretika. Bismillahirrahmanirrahim...mudahkanlah jalan kami ya Allah selama maksimal 5 semester ke depan ini... Amin ya robbal alamin.  

Mapro XI UGM 2014
 
 Mapro Klinis XI UGM

Mapro Klinis XI UGM 
Btw, lelaki di kelas cuma 3 orang, hahaha :D

Komentar