Musim Hujan



Sudah semingu ini Yogya diguyur hujan setiap harinya. Biasanya ditandai oleh mendung dari siang jam 12an, dan hujan akan turun antara jam 13.00 hingga jam 16.00, bisa kurang atau lebih. Alhasil, aktivitas yang biasanya bisa dilakukan di saat cuaca terang, sekarang sedikit terhambat. Memang sih sudah nggak panas banget, tapi setiap musim menawarkan kekurangan dan kelebihannya. Tentunya di musim hujan ini menawarkan banjir di jalan, basah-basahan di jalan, cucian yang tak kunjung kering, lantai yang ga bersih, banyak nyamuk, hingga listrik padam.
Lho, kok listrik padam?
Entahlah...semenjak saya di Yogya, sudah tak terhitung berapa kali listrik padam di daerah ini. Ternyata itu terjadi tidak hanya di daerah kosan saya, tapi di hampir seluruh wilayah Yogya. Katanya sih memang pemadaman serentak, karena ada gangguan suplai listrik di pusatnya. Tapi agak aneh aja lah... kok korbannya semua wilayah Yogya. Sering banget ini terjadi, mulai saya di kosan, di rumah, bahkan di Mall. Iya di Mall, waktu minggu lalu saya ke Mall Galeria, lagi jalan-jalan eh tiba-tiba listriknya mati semua. Hanya beberapa detik sih sebelum akhirnya nyala lagi, tapi itu cukup membuat kami seisi Mall shock, apalagi yang lagi di Lift >_<.
Beberapa kali di kelas waktu tengah-tengah kuliah juga listrik mati. Kelas kami yang emang jarang banget terbuka karena ruangannya ber-AC terpaksa harus dibuka biar lebih terang dan udara bisa masuk. Tapi ya pasti terhambat, karena LCD serta komputer kelas mati, laptop yang lagi pada nancep di colokan juga udah mulai menipis baterainya.
Apalagi di Kosan, kalau listrik mati, air juga mati, karena air di kosan bergantung pada pompa sumur yang membutuhkan listrik. Pernah suatu hari se-Yogya mati listriknya, termasuk daerah Sleman, Bantul dan sekitarnya. Dimulai dari jam 17.00, akhirnya kami semua yang ada di kelas Klinis pada ribut di grup whatsapp, ternyata emang semuanya mati listrik. Pada akhirnya memang saya memilih untuk tidur, dan Alhamdulillah jam 21.00 listrik udah nyala, tapi ada beberapa daerah yang baru nyala jam 3 pagi, ada juga yang baru nyala Subuh, dan ada yang sampai kita ada di kelas paginya, listrik kosnya belum nyala. Paraah.... jadi ya begitulah, hidup di Yogya memang penuh tantangan. Dinikmati aja...

Komentar