Desember 2014

Bulan masehi terakhir di tahun ini sudah menapaki hari-hari kita. Akhir tahun sudah di depan mata. Saya kembali menilik lagi apa yang sudah saya lakukan selama setahun ini. Pencapaian-pencapaian apa saja yang bisa dikatakan membuat tahun ini bisa dibilang lebih baik dari tahun sebelum-sebelumnya. Usia yang sudah diberikan apa hanya dilewatkan dengan terlena begitu saja. Tahun ini membuat saya banyak belajar bahwa hidup itu ya untuk belajar, dan belajar itu untuk hidup. Satu timbal balik yang tidak akan terputus mata rantainya, dari manapun dan siapapun itu.

Desember ini blok intervensi sudah menanti. Selepas dari blok psikodiagnostika yang penuh dengan bertumpuk laporan praktikum. Dari sana saya belajar bagaimana memanage waktu sedemikian rupa agar tidak kembali menjadi orang yang “Deadliners”. Seringkali saya menjadi orang yang menyepelekan waktu dengan cara mengerjakan laporan-laporan tersebut di akhir waktu pengumpulan. Meskipun saya bukan the only one yang mengumpulkan di akhir-akhir waktu, tapi tetap saja rasanya agak kecewa dengan diri sendiri yang belum bisa meregulasi diri supaya disiplin dengan apa yang dikerjakan. Memang ada beberapa orang yang mengerjakan hingga melebihi batas waktu, tapi saya tidak ingin menjadi seperti itu. Saya yakin saya bisa, namun kenapa lagi-lagi ide baru muncul di detik-detik terakhir. Contohnya nih ya, waktu pengerjaan laporan praktikum suatu tes A, saya udah ngetes dari 2 minggu yang lalu, udah ngerjakan skoringnya, kemudian tinggal ngetik laporan penjelasannya di laptop aja nunggu mood yang baik lah, nunggu apalah inilah, yang akhirnya membuat saya mengerjakan laporan tersebut pagi dini harinya waktu pengumpulan, selalu ada excuse untuk diri sendiri yang kadang membuat saya jengkel. Maka dari itu, di blok intervensi ini saya nggak mau menjadi orang yang deadliners lagi, harus diubah pola pikirnya dengan intervensi “cognitive dan behavioral” nih, biar negative automatic thoughts berubah jadi perilaku yang lebih positif.


Bulan ini pun menjadi bulan perpisahan untuk semester 1 di Mapro. Akan ada exit test di blok terakhir yang memiliki bobot sks 4 ini. Berbagai tugas juga banyak yang dikumpulkan, seperti mini research dari metode penelitian kualitatif, review kebudayaan mata kuliah Filsafat Ilmu, dan beberapa tugas kemagisteran lain yang membuat semester ini padat jadwalnya. Semoga bulan ini bisa dilewati dengan lancar ya.. apapun itu urusannya dan apapun itu masalahnya semoga bisa diberi jalan keluar terbaik. Amin ya robbal alamin...

Komentar