Karena badan ga bisa bohong

Hari Rabu, 3 Desember kemarin saya dan kelas Klinis tidak ada kuliah. Sebenarnya ada sih, tapi karena dosen kami sedang kurang enak badan, akhirnya kelas diliburkan dan diganti pada hari Minggu-nya. Ya mau gimana lagi? Itu artinya kami diberi waktu untuk refreshing sejenak. Sebenarnya nggak sejenak juga sih, dari hari Senin kami udah libur, selasa hanya kuliah kemagisteran, kamis pun juga 1 mata kuliah saja. Ya...dinikmati aja hari aktif malah ga kuliah, dan di kala hari minggu nanti kami malah harus kuliah hingga malem.
Pagi hari saya mendapati laptop saya nggak bisa dinyalakan, karena semalem kehabisan baterai dan mati mendadak, OMG! Tulisannya Startup repair terus...

Dari subuh hingga jam 8 ga mau hidup. Saya minta petunjuk ke temen-temen yang paham soal beginian, dan banyak yang nyaranin buat dibawa ke servisan langsung aja. Ergh....servis (lagi)? Padahal kayanya baru sebulan yang lalu laptop ini bermasalah, karena ketumpahan popmie, masa iya sekarang harus dibawa kesana lagi? Mana hujan deres banget dari subuh ini... tapi demi masa depan yang lebih baik, eh maksudnya demi laptop yang lebih baik, saya nekat menerobos hujan untuk bawa ke servisan deket kosan. Sama mbak servisnya diminta buat instal ulang dan datanya dipindahkan ke tempat lain aja kalo mau diselamatkan. Ya jelas mau mbak...itu data hidup dan mati saya..... T.T tapi mbaknya ga bisa, akhirnya saya disuruh ke Jogja Tronik buat melakukan itu semua. Jogja Tronik di kala keadaan hujan deres gini? Jauh banget.... saya pun akhirnya memutuskan ke tempat servis daerah Pogung sana, karena lebih deket sama kampus dan saya sekalian ke tempat temen buat mengerjakan tugas presentasi. Pas nyampe di parkiran, seperti biasa pak Tukang parkir menghampiri saya, dan menanyakan mau ke arah mana biar motornya bisa dibantuin, trus saya membuka tas dan mencari dompet. Lah kok? Dompetku mana? Ternyata dompet saya ketinggalan di kosan karena tadi terlalu bersemangat menerjang hujan jadi kelupaan deh, bapak parkirnya pun mafhum, dan menyuruh saya supaya balik ke rumah buat ambil dompet karena sekarang operasi Polisi kalo ga bawa STNK dan SIM bisa kena 500 ribu sendiri. Lagi-lagi kan.... kegeblekan yang kamu lakukan ayuniiii >__<

Setelah ambil dompet dan menerjang hujan lagi sampailah saya di tempat servis kedua. Akhirnya mas yang ada di servis kedua menyanggupi, dan akan jadi hari ini juga. Alhamdulillah... pokoknya segera jadi deh ya... dan saya langsung menuju ke rumah Uni Tia buat ngerjakan presentasi. Uni Tia ini asli Padang, makanya saya manggilnya dengan tambahan uni. Setelah menyelesaikan separuh pekerjaan saya segera capcus buat nonton film karena udah janji sama ber-7 temen kelas. Setelah nonton film, saya bersama mbak Bibah menyempatkan untuk makan siang di Lotek Colombo bu Bagyo sembari curhat ceria. Ya beginilah Psikolog, hidupnya penuh dengan curhat ceria.

Hawa-hawa di Jogja beberapa hari terakhir memang kurang ngenakin. Anginnya kenceng, hujan terus juga. Dari hari minggu saya udah mulai ngerasa pusing tapi ya udahlah ga usah dirasain terlalu dalem, cuma pusing biasa dan gejala PMS. Setelah pulang, saya segera nelpon Ibuk yang katanya sabtu ini mau ke Jogja. Sempat galau antara mau ke Malang atau nemenin Ibuk di Jogja. Ke Malang? Ngapain? Soalnya ada undangan teman sekelas menikah. Tapi kemudian dapat kabar dari Ibuk kalau beliau mau datang ke sini, kemudian ngecek tiket kereta ke Malang yang harganya fantastis, akhirnya saya mengurungkan niat. Mending pulang ke Surabaya deh, sepertiga harga dari tiket ke Malang.

Malemnya seperti biasa saya bobo awal, karena mata ga bisa diajak kompromi. Kalau katanya Kopassus, ngantuk adalah rasa, maka LAWAN! Tapi kalau saya entah kenapa ga bisa ngelawan. Selalu jam-jam kritis antara jam 7-9 ini ngantuk banget. Keajaiban banget kalau saya ga ngantuk jam segitu. Tapi tengah malemnya saya kembali terjaga karena keinget belum menyelesaikan tugas presentasi eksperimen buat nanti pagi. Duhhh ya prokras-nya keluar lagi... tapi ya udahlah asalkan selesai aja. Ngerjain sampe pagi meskipun dengan perut yang lagi dismenore menyayat-nyayat. Sampe pagi mau berangkat kuliah pun hujan turun rintik-rintik. Perut masih belum membaik malah menjadi-jadi sakitnya. Ini kenapa lagiiii siiih.... ya Allah makin sakit, ga napsu makan karena mual dan pusing, kalau dikasi sarapan sekarang pasti deh muntah, akhirnya nekat aja masuk, karena hari ini saya presentasi. Dalam hati udah berniat, andai aja ga presentasi saya pasti ga masuk. Naik motor udah kabur banget ini mata, kenapa sih badan ini? Sampe parkiran yang letaknya sekitar 150 meter dari  Kampus, jalan udah sempoyongan. Di parkiran mobil ketemu sama temen sekelas yang langsung nanyain, ’mbak Ayun sakit?’ saya cuma mengangguk aja sambil megang pagar, berusaha banget buat jalan ga limbung soalnya matanya udah kabur banget. Digandeng sama 2 temen saya yang bantuin buat naik ke lantai 2, kemudian finger print dan akhirnya ambruk di salah satu kursi. Ga tau deh rasanya saat itu campur-campur, antara sakit perut dan mual, gebleknya saya masih bisa nangis karena terharu temen-temen pada bingung ngerawat saya. Sebenernya saya udah bawa obat sih, tapi karena belum makan jadinya ga bisa minum obat dulu.

Tiba-tiba dosen pun datang dan mengatakan bahwa hari ini beliau hanya bisa mengajar sampe jam 8.15 karena jam 9 ada acara. Itu artinya yang maju hanya kelompok 1 aja, sedangkan kelompok 2 dan 3 dicarikan waktu pengganti. Langsung makin lemes deh, tau gitu nggak masuk aja kaaaaaaan soalnya saya kelompok 3. Biar ga ngerepotin temen-temen sekelas. Malu juga sama dosen masa iya waktu kuliahnya saya malah tidur, sambil dipijetin sama mbak Bibah di belakang kelas. Ada Wiwin sama Sue yang langsung ngasi saya roti, mbak Corey yang langsung bawain air hangat dari Pengelola Mapro, Uni Tia yang langsung belikan onigiri sama teh hangat, Imo yang langsung ngasih minyak dimana-mana, dan teman-teman lain yang sangat care sama saya. Bener-bener ga enak ngerepotin orang banyak. Ada yang menyarankan buat langsung ke rumah sakit soalnya takut ada apa-apa. Dan yang paling lucu sempet-sempetnya Imo bilang, ’Yun, mukamu ijo, kalo mau pingsan ntar bilang-bilang ya.... ’ -____- ....plissss, masa iya orang pingsan pake bilang-bilang.

Dan benar kan dugaan saya, di tengah kuliah mualnya makin menjadi akhirnya muntah deh. Erghh....bisa-bisanya ya... tapi saya tau diri kok, muntahnya ga di depan temen-temen juga. Kata mbak Bobo, tangan saya gemeteran, ga tau deh ga ngerasa yang jelas perut sakit banget. Kayanya ini akumulasi dari dismenore dan masuk angin deh, karena kemarin hujan-hujan, padahal udah minum vitamin, hmmm meskipun ga rutin sih.
Saat udah selesai kuliah, kami sekelas berfoto buat dikirim ke temen yang hari ini lagi akad nikah..ini nih hasilnya... Selamat mbak dan mas, semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah dan happily ever after...




Akhirnya saya pun membaik. Kemudian pulang, harus bisa mandiri naik motor sendiri, sarapan, minum obat dan tiduuuurrrr....

Udah cukup ngerasa sok kuatnya. Mau dipaksain gimana juga, badan emang ga bisa bohong. Mau dibilang ga capek ternyata ga bisa bohong juga. Hiks...lagi-lagi kan ambruk di saat-saat kritis. Terakhir kaya gini udah 8 bulan yang lalu dan itu di rumah dirawat sama Ibu jadi ga ngerepotin orang banyak, itu juga karena lagi-lagi kecapekan habis kerja keras beberapa minggu sebelumnya. Anehnya, fisik saya ini ga langsung ngerespon capek pada saat itu juga, tapi beberapa minggu setelah itu terutama saat PMS yang bisa bikin badan rontok ga karuan. Pernah juga kejadian kaya gini pas lagi magang waktu S1 semester 7 beberapa tahun yang lalu. Itu malah lebih memalukan lagi karena sampe pingsan di tempatnya polisi dan ditolongin sama polisi-polisi -___-. Malu banget, udah sekali seumur hidup aja deh kaya gitu. Eh gataunya sekarang kaya gitu lagi... hiks, stay strong buat saya dan get well soon. Teman-teman dijaga ya kesehatannya supaya ga kaya saya gini, ngerepotin orang banyak itu sangat ga enak lho.   

Komentar

Phie_corner's mengatakan…
aduh ayuuun,.. kamu sakit,,,,, lahdalah,, lain kali bilang aja klo sakit atau apaaa,,,, ojok sungkan ta laaahhh ... hooooo,, semangat e rek,, kancaku sitok iki