Ujian Intervensi

Jengjengg......... Ujian Intervensi akhirnya datang juga. Ujian terakhir di blok ini, yang bakal jadi pamungkas dari blok keprofesian. Entah kenapa saya merasa nggak deg-degan, karena ujiannya jatuh pada hari terakhir dibandingkan dengan teman-teman lain. Jadi, saya ujian tanggal 24 Desember. Sedangkan teman-teman yang memilih pendekatan lain udah pada ujian dari tanggal 22 dan 23.

Seperti halnya mahasiswa pada umumnya, saya pun ga lepas dari yang namanya SKS alias sistem kebut semalam. Bukannya males, tapi ga sempat #ngeles. Tapi memang loh, saya baru baca-baca buku transpersonal sampai tamat itu tanggal 21, kemudian baru melanjutkan buat HPP tanggal 23 pagi. Tanggal 23 itu ada kuliah terakhir dari Kualitatif yang jadi penutup kuliah kemagisteran, ya harus datang karena Pak Bandi bakal ngasitau tentang analisis data kualitatif yang ga bakal saya dapatkan di lain waktu.

Setelah kuliah saya langsung pulang dan lanjut mengerjakan HPP Transpersonal sekaligus laporan intervensi anak buat ujian besok. FYI, di psikologi khususnya profesi klinis, ujiannya selalu lisan dan praktek langsung di depan Dosen bersama klien. Jadi, sistemnya kami sudah melakukan pemeriksaan hingga diagnosis kemudian dibentuk berupa HPP (Hasil Pemeriksaan Psikologi) versi panjang ditambah menyusun rencana intervensi dan pada saat ujian tersebut kami harus benar-benar dalam setting terapi layaknya Psikolog dengan Klien di depan Dosen.

Ujian intervensi ini dibagi menjadi 2 yaitu ujian wajib 1 dan ujian wajib 2. Ujian wajib 1 saya pilih pendekatan psikologi transpersonal, dan ujian wajib 2 saya pilih intervensi pada anak dan remaja. Untuk intervensi pada anak dan remaja ini sejujurnya saya masih belum ada pikiran mau ambil intervensi gangguan apa, beneran deh blank banget karena terlalu fokus mikirin transpersonal.

Semalem mengerjakan HPP  Transpersonal dan Alhamdulillah jadi... kemudian tidur 3 jam, lanjut deh mengerjakan laporan intervensi anak, saya memilih gangguan enuresis karena lumayan mudah, menurut saya. Rancangan intervensi yang saya susun ini memang kelihatan banget kalo hasil kebut semalam, eh bahkan kebut se-pagi, ujian minus 6 jam baru bikin, daebak banget kan ya?! The power of kepepet ini bener-bener kok.

Jam 8.30 pagi Alhamdulillah selesai! Lega banget....  berbekal referensi buku dan jurnal, saya insya Allah siap menghadapi ujian. Saya dijadwalkan ujian jam 10 pagi tanggal 24, sedangkan yang transpersonal menurut jadwalnya dimulai jam 11 pagi, sedangkan saya urutan ke-6 jadi bisa dikira-kira sekitar jam 16 baru maju. Saya berangkat ke Kampus jam 9.10. Pas udah nyetater motor, jalan deh...sampe belokan mau jalan raya tiba-tiba motor saya mati dan susah banget distater. Waduh....kenapa nih, jarang banget dia kaya gini, padahal baru hari Minggu diservis gratis di Fakultas. Ahh....semoga ini bukan pertanda apa pun. Udah mau balik aja ke Kosan, trus minta anter salah satu temen. Tapi akhirnya si Beaty bisa dinyalakan dan mau diajak ke Kampus.

Setelah sampai di Kampus, ternyata yang ujian intervensi anak, baru giliran pertama maju, kemudian lamaaa banget jam 10 lebih dia baru keluar, giliran kedua sekitar 30 menit. Jam 10.30 pihak Akademik bilang kalau yang giliran ketiga yaitu saya harap menunggu sampai jam 12.30 karena Bu Dosen mau menguji Tesis lebih dulu. What? Selalu begini....dibuat menunggu, rasanya pingin pulang ke rumah, ambil buku dan revisi laporan deh, karena merasa laporan saya belum bener-bener sempurna. Tapi ini nanggung banget, ditunggu aja lah ya sambil nunggu Prof K nguji transpersonal.

Ternyata prof K baru datang jam 11.30 kemudian nguji giliran pertama. Nah, sebenarnya temen saya yang giliran terakhir ini minta buat jadi giliran pertama karena kalau nanti dia bakal jadi terakhir, klien-nya ga bisa ikutan malam Natal. Akhirnya kami pun mengalah, jadinya saya pun dapat giliran nomer 7, makin mundur lagi deh. Temen saya yang pertama nih lumayan juga waktunya 45 menit, kemudian dia keluar dengan wajah sumringah, meskipun klien-nya hidungnya memerah karena habis nangis mungkin di dalam. Kliennya bilang kalau terapisnya keren banget, Prof K yang baru keluar ruangan pun juga bilang, “Bagus e....kamu bagus banget, dapet darimana kok bisa bagus gitu...”.
Tiba-tiba saya mulai deg-degan....bisa nggak ya saya sebagus dia? Kenapa tiba-tiba jadi under estimate gini ya... lah itu standar yang maju pertama udah bagus banget, apa kabar sama temen lainnya nih?
Ya udahlah saya sholat dulu demi menenangkan diri. Pas mau ambil mukena di kelas, temen saya bilang kalo yang giliran pertama tadi dapet nilai A+ alias sempurna, wiiiihh sangar beud ya. Padahal dia baru pertama kali lho ya....

Ah...positive thinking Ayuni...

Kemudian jam 12.30 pun berlalu, kok saya belum dipanggil buat ujian. Barulah jam 13.15 nama saya dipanggil buat masuk ruangan ujian intervensi anak. Dosen ini salah satu pakar psikologi anak di Indonesia, saya paham itu. Kemudian beliau mulai bertanya tentang asal munculnya gangguan, bagaimana bisa mendiagnosisnya, intervensi apa yang dilakukan. Setiap jawaban yang saya katakan, seakan dibalik lagi oleh penguji, beberapa teori yang saya ajukan berdasarkan hasil penelitian pun diragukan, sumber-sumber yang saya baca juga. Ini terus gimana? Udah makin kepepet kan...
Sampe akhirnya beliau bilang, “Anda baca buku Developmental Psychopathology-nya Wenar ngga?”
“Baca bu...”
“Nah itu kan dijelaskan disitu semuanya, kok ngga bisa melanjutkan kalimat saya barusan. Kapan sih anda baca?”
“Ngga sampe seminggu yang lalu bu...”
“Kok bisa lupa, padahal baru seminggu yang lalu...saya aja yang udah bertahun-tahun nggak baca tetep nggak lupa...”
Dalam hati, “Ya kali Bu.... saya baru dapet bukunya dari percetakan ga sampe seminggu yang lalu, bukunya setebal 557 halaman, full english, masa iya saya bisa tamat dalam waktu segitu cepet. Ajaib banget.....”




Ini nih penampakan buku Developmental Psychopathology, yang warna merah dengan tulisan kuning. Di antara buku lainnya yang harus dibaca, dia yang paling tebel.

“Maka dari itu, kalau membaca itu jangan sepotong-sepotong, harus komprehensif, biar paham... mengerti anda?”
“Iya bu...”
“Anda orang mana sih asalnya?”
“Saya orang Surabaya Bu....”
“Ohh...kok ngomongnya kaya orang Korea....”
-______- “Whaaaaat????? Kok bisa i lho orang Korea, ngomong aja medhok gini, plis ya Allah...segera keluarkan hamba-Mu dari ruangan iniiiiiih.....hamba sudah tidak sanggup lagi....” dalam hati mulai meronta.
Dan ternyata masih ada pertanyaan-pertanyaan berikutnya yang seharusnya bisa saya jawab tapi selalu dipotong sama Ibunya, seakan beliau nggak menerima penjelasan lebih lanjut dari saya.
Hanya bisa menghela napas panjang waktu beliau bilang kalau saya harus merevisi dan menambahkan beberapa hal seperti dinamika yang harus sesuai dengan intervensi. Saya pun tanya kepada beliau, “Dikumpulkan kapan Bu?”
“Ya secepatnya...sebelum tahun baru kalau bisa...”
“Oh....sebelum tahun baru....semalem aja saya juga bisa,” dalam hati saya membatin, Astaghfirullahaladzim...sombongnya... ga boleh, ga boleh gitu lho Ayuni...
Ini karena saking pengennya segera bebas dari tugas ini. Akhirnya saya pun keluar dengan muka masam, ya senyum sih tapi seakan dibuat-buat.

Saya pun ngajak Nina, temen sekelas saya buat ke ATM mau ambil uang. Sampai di ATM, kok kartunya ga bisa masuk sih?
Saya mulai panik, “Nina...ini kok ga bisa masuk kenapa ya?”
“Hah, masa sih mbak? Coba liat....” kemudian Nina memutar atas kartu jadi di bawah dan si ATM mau menelannya.
“Mbaaak.... udah berapa lama sih ga ke ATM? Ini kan kebalik....”
._.
“Ohh iya ya Nin.... haha...haha...” kami berdua garing menertawakan kebodohan ini, blank mikir ujian barusan penyebabnya. Nina pun langsung menghibur saya, karena ia juga mengalami hal serupa di ujian blok sebelumnya bersama dosen yang sama.
Setelah itu kami pun makan di Kantin Fakultas sebelah, menunya tinggal ala kadarnya. Sebenernya kalo boleh milih saya paling males makan di tempat yang namanya Bonbin ini, karena banyak asap rokok dimana-mana dan kurang bersih. Tapi apa boleh buat karena lapar.

Setelah makan, ternyata ujian bersama prof K masih sampe nomer 3, hoamsss banget..masih ada 3 giliran lagi sampe saya. Jam sudah menunjukkan pukul 16.00. Selama menunggu itu saya mencoba untuk tidur aja deh, tapi ga bisa. Akhirnya rumpik sama Nina, Winda, dan Mbak Bibah yang juga ujian di waktu yang sama. Jeda maghrib... kemudian Prof K istirahat dan beliau sholat dulu, sampe adzan Isya’ lanjut sholat Isya’.

Kami ber-4 udah digigitin nyamuk di depan Akademik. Para staf udah pulang dari tadi, penghuni Kampus ya tinggal kami dan Pak Satpam. Kemudian saya kepikiran motor saya yang diparkir di Lembah. Apa kabar ya? Setahu saya sih boleh kok sampe jam 21.00. Semoga aja ujian saya ga sampe lebih dari jam 21.00. Kemudian satu per satu dari kami pun maju, akhirnya tibalah giliran saya jam 20.15.

Agak grogi pas masuk, apalagi ini pertama kali saya harus bisa leading mindfullness. Berasa kaya hipnoterapi gitu, tapi bukan Uya Kuya lho ya. Awal masuk mindfullness, klien saya batuk-batuk, akhirnya kami berhenti sebentar trus minum. Setelah itu kami mulai dari awal, saya ikut memejamkan mata supaya bisa mendalami, dan beneran bisa perlahan-lahan, eh tapi kok kaya ada yang megang bahu saya pelan-pelan, saya coba buku mata ternyata Prof K lagi menunjukkan ekspresi senyum ke saya.
“Terapisnya ga boleh ikutan merem....” bisiknya.
Aaaaakkkkk iyaaaa...... “Ayo bangun Ayun...bangun....!!!” batin saya dalam hato, seketika kacau, leading yang saya bangun, seakan hilang, beliau mengangguk-anggukkan kepala memberi semangat. Saya mencoba biar tetep fokus. Ayo Ayun fokus fokus!
Perlahan tapi pasti, klien bisa mengikuti instruksi yang saya berikan, tapi saya sadar diri kalau musik yang lagi saya putar agak kacau penataannya.
Kemudian saya baru menyadari, ternyata saya bisa merasakan arus dari terapi ini seperti air mengalir. Hingga akhirnya waktu terminasi, Klien sedikit berat diminta untuk kembali tapi akhirnya ia bisa.

Saatnya Evaluasi...  Prof K bertanya kepada saya, “Tadi agak kesusahan ya mengawali leading?” beliau benar-benar bisa membaca pikiran saya, memang benar saya agak kesusahan karena hilang fokus tiba-tiba, tapi kemudian saya perlahan bisa mengikuti arus perlahan-lahan. Saatnya feedback dari Klien kepada saya, ia mengatakan kalau dirinya adalah tipe individu dengan auditori, jadi tadi agak terganggu dengan suara musik yang tiba-tiba berganti tapi kondisinya tidak tepat, ternyata Prof K pun menyadari itu. Beliau meminta saya supaya belajar tekniknya lebih banyak, agar bisa memanage terapi berikutnya dengan lebih baik. HPP saya pun dibilang, OK... see HPP temanmu yang pertama.
Tuh kan bener...diminta buat lihat HPP temen kita yang pertama kali maju dan hasilnya bagus banget, jadilah standar Prof K ke kami yang maju selanjutnya juga tinggi.

Saya bisa bernapas lega keluar dari ruangan. Alhamdulillah ya Allah.... ujian intervensi tahun ini sudah selesai...

Jam sudah menunjukkan angka 21.00, wah apa kabar nih motor. Tadi belum sempet mindahin ke Fakultas, harusnya dipindahin kan lebih aman, ga jalan jauh-jauh. Saya bersama Mbak Bibah yang parkir motornya di Masjid Kampus menuju kesana. Eh cuma tinggal 2 motor aja, punya Mbak Bibah dan 1 orang lagi punya seorang cewe yang lagi mondar mandir disana. Daaaaan.... Tidaaaaaakkkkkk..... 2 motor itu dirantai dan digembok berjamaah.
Trus siapa dong yang nganter saya ke parkiran Lembah, kan rencananya mau bareng mbak Bibah ke parkiran Lembah. Masa iya jalan sendirian peteng banget gini.

Kami pun segera tanya ke satpam di fakultas, satpam di pusat Universitas, sampe ta’mir Masjid. Sampe jam 21.40 belum nemu jawabannya. Tiba-tiba ada yang datang ke kami lalu bilang kalau ditunggu aja sampe jam 22.00 biasanya Penjaga Masjidnya datang sekalian ngunci gerbang Masjid. Sebenarnya niat dari Penjaga ini baik sih, supaya motornya aman... tapi ya kan kita mau pulang, trus bapaknya susah banget dicari gimana caranya bisa pulang kan?

Beneran deh jam 22.00 penjaganya keluar dan beliau bilang kalau lain kali ga boleh parkir di situ sampe malem karena di sini bukan parkiran bersama, cuma buat Masjid. Rasanya tuh serba salah, masa iya kami parkir di Lembah salah, parkir di Fakultas salah, di Masjid juga salah. Trus piye jal?
FYI, di Fakultas Psikologi sedang dibangun gedung baru dan lahannya memakan lahan parkir yang biasanya buat motor. Jadi kami harus parkir di Lembah yang letaknya agak jauh, ada yang deket di Masjid yang letaknya depan fakultas tapi ya itu tadi, kalo keluar dari area parkiran ga bisa lewat jalan yang sama dari arah masuk karena bakal ketahuan sama Penjaganya dan ga dibolehin parkir disitu lagi. Sedangkan di Fakultas, hanya boleh parkir mahasiswa itu lebih dari jam 17, serius deh bener-bener membuat susah mahasiswa.

Tapi akhirnya dibukain juga sih sama bapak penjaganya dan saya pun dianter ke Lembah sama mbak Bibah. Sebentar..... kok di tempat saya parkir semula motor saya udah ga ada? Udah deg-degan sendiri motor saya kemana-mana, ternyata beneran ditaruh di depan Pos penjaga Lembah dengan 1 motor lain, tapi portalnya udah ditutup dong dan helmnya ga ada di motor. Lah trus gimana ni?
Penjaganya juga udah pada ga ada, ternyata helmnya diamankan di Pos Penjagaan. Ya Allah syukurlah.... saya ngecek ban, dan Alhamdulillah ga dikempesin. Akhirnya saya pulang dengan hati kacau balau, rasanya capek banget hari ini, lebih dari 12 jam di Kampus melewati hari ini. Baru kerasa laper ini perut, tapi ga napsu makan, akhirnya saya memutuskan buat ke Indomaret aja lah beli roti. Nah pas mau belok ke Indomaret, saya menemukan fakta, masa iya ada sekelompok waria-waria cantik lagi meet up di sebuah tempat makan.

Sumpah deh saya tercengang dibuatnya. Waria-warianya cantik-cantik banget, kaya yang di Thailand itu lho. Entahlah mereka sedang apa, yang jelas mereka lagi seneng karena ketawa-ketawa ekspresinya.

Sampe di kosan, rasanya nothing to do. Tas dilempar begitu aja, ga pengen ngelihat rupa buku-buku. Pokoknya mau tidur aja malam ini. Capek hati, capek pikiran, capek perasaan, dan akhirnya cuma bisa pasrah sama hasil yang akan diberikan nantinya.
Berproses itu sangat ga mudah, harus ada willingness and readiness kalau kata para Terapis. Bener deh, diambil aja hikmahnya hari ini, pasti memberikan banyak pelajaran buat saya di suatu hari ini. Amin ya robbal alamin.


ini kami, Winda, Nina, mbak Bibah dan saya.
Ingatlah hari ini ~~~ 24 Desember 2014 ~~~

Komentar