What you called best friend

Apa arti sahabat bagimu? Bagi saya, sahabat adalah partner di kala suka dan duka. Di kala suka, ia menjadi orang yang paling antusias padamu, dan di kala duka antusiasme itu tak padam, malah semakin menyala, se-simpel itulah sahabat menurut saya.

Tanggal 22 kemarin, sahabat saya yang bernama Pita datang ke Jogja. Kaget betulan saya, tengah malem dia telepon beberapa kali tapi ngga saya angkat karena ga kedengeran. Waktu subuh, dia telpon lagi katanya mau ke Jogja, sekarang udah ada di Semarang. Wiih tumben, ada apa? Pikir saya... ternyata dia barusan pulang dari Serang habis dari nikahan saudaranya, terus menyempatkan buat ke Jogja. Dia mau ngajak ketemuan, kalo saya ya mau-mau banget, tapi  lihat nanti..., kalo bisa ya ketemu, kalo ngga ya maaf...soalnya jadwal hari ini agak padet, ada kuliah dan wawancara klien sebentar. Mau masuk kuliah, kok ya hujan deres banget...tapi ini pertemuan terakhir dan dosen favorit saya yang ngajar, Prof SA jadi ya dibela-belain harus masuk.

Setelah selesai semua agenda, pulangnya sekitar jam 5. Baru inget, kan harus nyari makan buat buka puasa. Eh ternyata Pita sms katanya udah ada di Jogja tapi sekarang masih jalan-jalan sama adik sepupunya disini. Kalo udah selese nanti ngajak ketemuan, ya udah saya rekomendasi aja di Kalimilk Jl Kaliurang, karena tempatnya lumayan strategis dan menu-nya juga enak, sekalian saya buka puasa kan. Hujan gerimis sih terjang aja, tapi macetnya masya Allah di Jakal nih...emang bener kok Jogja semakin padat sekarang.

Akhirnya sampai juga di Kalimilk.... Waaaah....Alhamdulillah yah akhirnya ketemu sama temen senasib sepenanggungan dari jaman awal kuliah. Kalo diitung-itung, kita udah ga ketemu sekitar 9 bulan, seneng banget bisa rumpik partita kaya dulu lagi. Pita ditemenin adik sepupunya yang namanya Afif, tadinya dia mau Les eh ternyata tempat Lesnya udah libur, ya udah deh diajak kesini akhirnya.

Kami ngobrol ngalor ngidul mulai dari kabarnya dia yang barusan sempro, akhirnya yah....setelah sekian lama... sekitar setahun yang lalu pas saya barusan lulus dan dia belum sempro, kami janjian buat jalan bareng ke Jogja, liburan ceritanya, sama mbak Dedek juga asalkan syaratnya Pita harus sempro dulu. Eh ternyata sampai akhirnya saya kuliah disini udah dapet 1 semester, dia baru sempro dan beneran memenuhi janjinya buat ke Jogja. Memang kok, semua itu ada waktu yang tepat.

Kami cerita mulai dari sempronya dia yang digabung sama adik kelas karena pembimbing dan pengujinya sama, rumpik tentang gosip-gosip di kampus, kabar keluarga, sampe film Doraemon dan Naruto. Sejenak pikiran tentang Exit Test yang tinggal sehari lagi langsung menghilang entah kemana, hehehe. Sebenernya hampir setiap minggu kami komunikasi, tapi via media sosial jadi kan ga ketemu langsung, tentu beda sensasinya. Nothing changes dari seorang Pita, dia masih tetep kocak, ceria dan humble seperti yang saya kenal dari dulu. Ga pernah marah dan selalu ketawa sambil sesekali nyeletuk aneh-aneh.

Hampir 6 tahun ya kita temenan, banyak yang udah diketahui satu sama lain. Bahkan sama orang tua, adik-adik, temen-temennya hingga pacarnya pun kenal. Meskipun kadang agak annoying sama kebawelannya dia, dan perilakunya yang kurang rapi, tapi tetep orang ini jadi nominasi best friend saya karena dia selalu bisa diandalkan dan tidak pernah pamrih sama apa yang pernah dia lakukan.

Sukses terus ya skripsinya Pita, penelitian sampe Kompre nanti semoga lancar dan tahun depan insya Allah dateng ke wisudamu! Amin ya robbal alamin...




Kata orang-orang, kami ada miripnya, masa sih?

Btw, tanggal 22 kan hari Ibu ya... buat saya sih sama aja, karena tiap hari juga hari Ibu. Kapan pun kalo mau ngucapin terima kasih ke Ibu pun ga masalah, karena memang orang yang paling berjasa dalam hidup kita, ehm setidaknya hidup saya adalah Ibu.

Pas tanggal 23-nya, ternyata sahabat saya satu lagi, si om Fiqih lagi Kompre. Wuiih.... akhirnya....dia bisa menaklukkan rasa takutnya. Padahal ada adik angkatan yang sempronya bareng dia, kemarin baru di-wisuda. Tapi syukurlah akhirnya dia Kompre juga. Pengujinya 2 Dosen yang baik hati banget, jadi saya coba menenangkan dia biar ga panik. Pas ditelpon ketahuan banget suaranya bergetar, katanya ga grogi tapi bohong banget, itu nervous namanya, ya sama aja.

Lebih kasihan lagi, sahabat-sahabatnya pada lagi ga di Malang. Pita kan lagi di Jogja sama saya, Putu lagi pulang ke Bali. Tapi masih ada Pandu dan Nusa yang bisa nemenin. Meskipun di pertengahan ujian Pandu harus kembali kerja di Radio. Beberapa jam berlalu, sambil mengerjakan HPP, ada kabar gembira kalo dia lulus dengan revisi hanya reduksi referensi.
Tuh kan? Emang kok....keren banget nih anak. Udah pake metode eksperimen, sampai Penguji aja bingung ga tau mau nanya apa karena saking komprehensifnya.
Apa-apaan coba revisi hanya pengurangan referensi, lah dia menggila banget, masa daftar pustaka sampai 14 halaman. Beneran om-om alay deh.

Tapi yang jelas kami semua bersyukur akhirnya Fiqih nyusul Kompre setelah Hesti. Pita pun ada kemajuan. Tinggal Nusa, Putu, Pram dan Anjar nih yang entah gimana kabarnya. Didoakan aja semoga mereka bisa nyusul dan bisa sama-sama jadi S.Psi. Amiinnn......

 antara tahun 2011 dan 2014 :D


Itu skripsi tebel amat ya Allah.... isinya apaan....

Komentar