Kreativitas Anak Negeri

Banyak sekali karya-karya cemerlang yang lahir dari ide di kehidupan sehari-hari. Tidak perlu berupa khayalan yang sangat tinggi seperti Harry Potter atau The Lord of The Rings. Kegelisahan yang muncul dari keseharian jika dikemas dengan apik akan menghasilkan masterpiece yang diakui oleh lingkungan atau bahkan dunia. 

Saya sangat salut dan kagum dengan anak-anak muda yang beberapa tahun lebih tua, sebaya, bahkan lebih muda dari saya yang bisa berkreasi sesuai dengan passionnya. Mereka bisa action melaksanakan apa yang ada di pikirannya dan bisa ditampilkan di depan orang lain, adalah hal yang istimewa.

Sebut saja Raditya Dika yang berasal dari blog pribadinya bisa menerbitkan buku dengan genre komedi yang baru, kemudian menjadi pemimpin penerbitan, aktor, Sutradara, bahkan sekarang menjadi Comic Stand Up comedy. Dari kegelisahan dan hal yang sangat simpel, dikemas dengan baik menjadi suatu hal yang sangat original.

Ada juga Bayu Skak yang asli Malang, berawal dari kejadian patah hati bisa mengahsilkan video-video kocak yang sangat menghibur dan bisa mengundang tawa banyak orang hingga menghasilkan mata pencaharian sendiri baginya sekarang.

Tak jauh dari saya, ada adik kelas semasa SMA yang juga junior di Mading sebagai Redaktur Pelaksana. Sekarang sedang menempuh studi semester akhir di Desian Produk ITS bernama Abdul Razzaq. Dari awal masuk Mading, dia keliatan banget niatnya karena ide-idenya sangat 'gila'. Komitmen sama Mading pun ga main-main, sampe pas hari libur pun dia tetep bikin Mading, sama abang Kembar biasanya. Saya cuman bisa urun ide, dan mereka yang benar-benar bisa merealisasikannya. Meskipun beberapa kali ga menang, pada akhirnya kami bisa mendapat honourable mention (saya agak lupa tahun berapa itu), benar-benar rasanya semua peluh terbayar lunas bahkan lebih. Sangat menghormati seniornya, biasa dipanggil Abu, orang yang menurut saya sangat unik dan kreatif ini pada tahun 2012 membuat film dan mendapat penghargaan di Festival Film Indonesia. Film yang settingnya diambil di Surabaya, dan sebagian besar yang terlibat adalah siswa SMA Khadijah menjadi hal yang sangat membanggakan. Keren banget buat Abu, Sahree, Aziz dan mas Obenkz yang bikin film ini sampe jadi pemenang di FFI dan dapet penghargaan dari Riri Riza sampe diundang ke beberapa talkshow. 

Ini adalah film pendek karya Abu dkk. Film dokumenter yang unik, khas arek Suroboyo banget. Enjoy it!




Komentar