Back to reality

Tiket untuk kembali ke Yogyakarta sudah di tangan, tertanggal 8 Februari 2015. Bersama kereta api Pasundan, saya meninggalkan kota tercinta, meninggalkan masa-masa liburan demi move on ke kehidupan nyata di gelombang beta saya Yogyakarta. Berat memang....tapi saya harus rela. Seperti biasa, seorang Ibuk tidak akan meninggalkan saya sebelum kereta saya berangkat. Mata berkaca-kaca yang selalu sama, setiap kali berpisah dengan saya, senyum tipis itu...hiks jadi melankolis banget malam ini kalo ingat orang yang selalu ada buat saya dalam keadaan apapun.

Serangan ngantuk membuat saya tertidur hingga 3 jam kemudian ada yang minta ke saya untuk bergeser tempat duduk. Oh, sudah sampai stasiun Nganjuk rupanya, banyak penumpang yang keluar dan digantikan penumpang baru. Termasuk orang di samping saya ini, kelihatannya masih mahasiswa seperti saya gini. Perempuan, berjilbab, yang asyik dengan handphonenya. Saya melanjutkan tidur lagi, meskipun duduk di pinggir yang dekat jalan, kemampuan saya buat tidur dalam posisi tegak nggak perlu diragukan lagi. Bahkan di posisi berdiri pun saya masih bisa tidur, hehe.

No, bukan itu poinnya. Kemudian saya terbangun karena dimintain tiketnya oleh pak Kondektur kereta. Mungkin ada yang tahu apa sebutan untuk kondektur kereta? Ada 2 kondektur, yang satu udah paruh baya dan yang satu masih muda, ganteng lagi, tiap kali memberikan tiket kembali selalu bilang terima kasih disertai senyum. Wahh...harusnya semua petugas kereta kaya dia nih, biar saya nggak ngantukan kalo di kereta.

Tapi, bukan itu lagi poinnya.

Orang di sebelah saya, sebuat saja mbak A tadi bertanya saya turun dimana. Pertanyaan basa basi yang selalu diajukan pertama kali oleh orang yang mau ngajak ngobrol di kereta. Saya bilang, stasiun Lempuyangan Jogja. Eh ternyata sama. Usut punya usut, ternyata mbak A ini adalah mahasiswa UGM juga. Kemudian di stasiun Madiun naiklah beberapa orang lagi dan bangku sebelah saya yang masih kosong terisi oleh salah satu orang yang masuk kereta ini. Penumpang perempuan yang kelihatannya juga mahasiswa, yang ternyata adalah mahasiswa UGM juga. Kami duduk jejer bertiga, ada mbak A, saya dan sebut saja mbak B. Waktu mbak A tanya ke saya angkatan berapa, saya jawab dengan polos bahwa saya angkatan 2014. Dia bilang, “Ohh....maba... saya 2013...kalo mbak B?” ternyata mbak B juga angkatan 2014. Tunggu....

Mereka ber-2 berpikir bahwa saya ini maba S1, tuh kan beneeerrr... di situlah insting bermain peran iseng saya muncul. Nggak usah ngomong ahh kalo saya maba S2. Lagi pengen bermain peran nih, beda lho sama bohong. Peran yang saya pakai sekarang adalah maba S1 psikologi. Nah, mbak A ini adalah mahasiswa Fakultas Biologi, sedangkan mbak B adalah mahasiswa vokasi alias D3. Kami ngobrol banyak, dan didominasi oleh mbak A karena ia merasa paling senior kan di antara kami. Saya cuman jadi pendengar yang baik sambil sesekali menimpali dengan takjub pengalaman yang ia ceritakan.

“Masa ya dek, Biologi tuh makin kesini makin nggak jelas mata kuliahnya. Kemarin itu aku habis neliti tanaman sama serangga apa aja yang ada di sawah, berapa populasinya dihitung satu per satu. Belum lagi kalo ngawinin lalat yang stripnya 1 sama 2, kan susah bedain mana yang cewek mana yang cowok. Terus kapan itu aku habis susur laut di pantai gunung kidul sana.. wahhh langsung deh makin item aku......bla bla bla....” yang kalo diterusin ga bakal habis sampe Dijah yellow sama Nicolas Saputra jadian. ><

Saya excited banget lihat dia ngomong yang berapi-api gitu, makin berapi-api waktu saya nanggepinnya dengan nada blo’on ala-ala maba polos. Dia bilang ke saya kalo saya harus ikut organisasi supaya banyak kenalan, menambah softskill, nambah teman dari fakultas lain, dll. Ditambah saya juga dipesenin supaya jaga pergaulan karena sekarang di UGM pergaulannya ngeri, harus hati-hati kalo milih cowok, dan banyak lagi yang dia pesanin ke saya sama mbak B. Dalam hati sebenernya saya pengen ketawa, tapi nggak mungkin kan ketawa beneran di depannya sambil bilang, saya sudah melewati masa-masa S1 itu dek.... Sayangnya kami nggak sempat tukeran nomer HP karena udah keburu turun di Lempuyangan, lagian juga kalo misalkan nanti komunikasi masa iya saya masih merahasiakan identitas sejati saya, yang ada saya nggak dipercaya ntar.
Hahaha...cukuplah isengnya kalo gitu. Maafkan Ayun ya Allah....

Kembali menginjakkan kaki di belahan bumi bernama Yogyakarta. Saya menuju kosan dengan suka cita, dan datang-datang kamar kosan kaya kapal pecah. Ini kerjaan Tita pasti...lantainya kotor banget, kasurnya nggak ditata, buku dimana-mana, kamar mandi berantakan. Errrhhhwww..... baiklah, harus beres-beres kosan dulu sebelum ketemu klien dan mulai berjibaku dengan realitas. Bismillahirrahmanirrahim....