Orang Baik

Seseorang yang perasaannya dilingkupi emosi positif pasti menginterpretasikan setiap pengalaman dalam hidupnya positif pula. Kemarin, saya bertemu dengan seorang baik hati di sebuah warung makan, sebut saja inisialnya Pak Sapto. Pada hari Senin kemarin kebetulan saya memang tidak ada kuliah dan agendanya bantu analisis datanya Bu Intan. Setelah selesai pas adzan dhuhur, saya baru kerasa lapar soalnya biasanya hari Senin puasa, sedangkan hari ini nggak karena habis begadang dan telat bangun buat sahurnya. *alibi

Saya galau mau makan dimana karena nggak ada temannya. Tita lagi kuliah, temen-temen di kosan juga, ya udah lah beli makanan di warung dekat kosan aja sekalian ntar dibungkus dimakan di tempat temen sambil ngerjakan tugas. Waktu saya datang, ada Bu Gaya-nama pemilik warung tersebut tersenyum ke saya. Di sampingnya ada seorang laki-laki paruh baya yang juga tiba-tiba tersenyum dan mengatakan, “Eh ada mbak....mbak apa ibu ini? Kok kayanya masih muda gini....” Saya tersenyum aja sambil mengatakan, “Mbak aja pak...”. “Ooooh iya ya...belum menikah ya, mbak aja.... mau makan mbak? Disini aja makannya?” Bapak itu tersenyum menawari saya. 
Saya jadi bingung, lah kok bukannya Bu Gaya yang nawarin saya, malah Bapak ini?

“Iya...saya habis ganti lensa mata di RS Dr Yap sini... ini barusan selesai konsultasi dengan Prof Wasis... saya dari Boyolali mbak...” ujarnya.

Ohh saya mulai “ngeh” ternyata Bapak ini adalah konsumen Bu Gaya toh...  kemudian Bapak tersebut bertanya ke saya, “Mbaknya tinggal di sini? Kuliah atau kerja?”

“Saya kuliah dekat sini pak, di UGM...”

“Jurusan apa?”

“Psikologi pak....”

“Ohh sepikologi ya....hehe yaya....” Bapak itu tertawa-tawa melihat wajah saya yang agak cengo waktu bilang psikologi dengan spikologi. Bu Gaya mengaba-aba saya mau makan apa, saya pun menunjuk makanan dan beliau ikut tertawa.

Tiba-tiba ada pengamen datang, memainkan lagu keroncong dan lumayan bisa didengarkan suaranya. Pak Sapto kemudian tersenyum dan mengeluarkan recehan sambil berkata “Wah enak banget to mas...saya mau ini kalo di Boyolali saya rekam beneran suaranya...” sambil tetap tersenyum menikmati alunan musik pengamen. 
Saya jadi terheran-heran, ada ya orang yang senyum terus dan berbuat baik sama orang gini. 
Saya menatap kedua matanya, dan saya baru menyadari bahwa..... 
“Allahu akbar....saya baru sadar Bapak tadi kan bilang barusan ganti lensa mata, jadi ia bisa melihat dengan normal kembali dan ia seperti mengucapkan rasa syukurnya dengan berbuat baik pada orang lain.”

Setelah Bu Gaya membungkus makanan ia menyodorkan ke saya sambil bilang, “8 ribu mbak....” saya mengeluarkan uang 10ribu, kemudian Pak Sapto bilang.

“Ohh...bu catet saja...biar mbaknya yang dari UGM nda usah mbayar... kasihan habis belajar dengan keras, nda makan disini akhirnya dibungkus...sudah bu catet saja ditotal sama saya nanti...”

Saya langsung melongo, speechless. “Lho?”

“Ngga pak...terima kasih, saya aja...kan makanan saya ini, nda enak saya sama bapak...” saya menolak dengan halus bener-bener ga enak nih ceritanya.

“Nggak apa-apa mbak, saya yang terima kasih jadi bisa kenal dengan mahasiswa psikologi UGM. Mbak siapa namanya?” jawabnya.

“Ayun pak, bapak dengan bapak siapa?”

“Saya Sapto mbak, Saptono dari Boyolali... sudah mbak nggak apa-apa, saya senang bisa berbuat baik. Jarang-jarang orang bodoh macam saya bisa kenal dengan mahasiswi spikologi UGM. Nanti kalau ke Boyolali mampir ya mbak....”

Saya akhirnya menarik uluran tangan saya yang sebenernya mau membayar makanan tadi. Bu Gaya bingung dengan kondisi ini, canggung. 
Saya hanya bisa bilang, “Terima kasih ya Pak...terima kasih banyak... semoga Allah yang membalas kebaikan Bapak.
“Iya mbak, semoga bisa tercapai cita-citanya, menjadi orang yang sukses dan dapat jodoh yang setia, soleh, beriman, dan baik hati. Hati-hati ya mbak....”


“Amin....ya robbal alamin....,“ doa dari Bapak tersebut masih terngiang sampai sekarang. Saya nggak minta alamat ke Bapak ini, kalau memang saya dan orang baik ini satu frekuensi, kami pasti dipertemukan. 
Doa baik dari orang baik akan bermuara pada kebaikan orang yang mendoakan. Masya Allah... a little happiness of that day

Komentar