Failed Vegan

Hai guys....saya kembali lagi ngeblog setelah beberapa waktu tidak membuka blog... Saya mau cerita pengalaman kuliner saya kemarin tanggal 1 Mei 2015. Bertepatan dengan Hari Buruh alias May Day, maka hari Jumat, 1 Mei 2015 dinyatakan sebagai tanggal merah. Setelah pagi hari berperang lawan kerajaan semut yang merajalela di kamar, kemudian siangnya saya dan Tita pergi ke Mirota kampus untuk belanja. Ramenyaaa....maklum sih awal bulan juga... kemudian sorenya kita bingung mau makan apa. Lagi nggak ada pikiran pengen makan apa nih, tapi lapar... akhirnya jalan aja deh, dari Fakultas Teknik, lurus aja ke barat arah Jl Magelang, lurus aja ke Jl AM Sangaji, kemudian Tugu Jogja, eh ujung-ujungnya balik lagi ke bunderan UGM. Trus ini mau kemana? Ya udah lah akhirnya ke daerah Gejayan aja, palingan ke tempat makan KFC KW yaitu Olive Fried Chicken.

Tapi kenapa saya ambil belokan di arah Mozes ya? Ya udahlah, lewat sana aja...eh ada sebuah tempat makan yang dari kemarin pengen saya kunjungi tapi lupa terus, yaitu Loving Hut. Menurut papan di depannya sih ini tempat makan vegetarian yang menunya terbuat dari non hewani. Wah...pas banget kan dengan saya yang ga begitu suka sama daging-dagingan. Nah, masuklah kami ke tempat yang luasnya sekitar 7x7 meter ini. Memang nggak besar, karena ini adalah cabangnya... pusatnya ada di daerah pusat Kota.
Saya duduk di salah satu meja, dan ada kertas menu di sana. Setelah dilihat-lihat, menunya kok biasa aja. Standar banget, bangsa nasi goreng, cap cay, burger, dan mie-mie. Saya pengen makan nasi lah... setelah milih-milih, kok nasi gorengnya variannya hanya ada 3, nasi goreng jamur, nasi goreng pete, dan nasi goreng cha-sio. Apaan nih nasi goreng cha sio? Kayanya ga begitu banyak porsinya dan ada semacam tomat gitu kali ya di dalamnya, soalnya warnanya merah. Lagian juga kok menunya banyak yang daging-daging sih... katanya vegetarian? Mungkin daging imitasi kali ya... seperti kata salah satu temen saya yang Ibunya buka restoran vegetarian tapi dengan menu daging. Daging itu dibuat dari jamur dan memang rasanya dibuat mirip banget sama daging aslinya. Keren kan ya...
Ya udahlah pesen itu, harganya Rp 19.000. Sedangkan Tita pesan nasi Kalasan yang menurut gambarnya ada gambar ayam, yang mungkin maksudnya ayam Kalasan dengan harga Rp 24.000. Saya nyuruh Tita yang pesan, kemudian kami langsung bayar.
Saat menunggu, saya melihat sekeliling, yang datang hanya 3 rombongan, sebelah kami 2 orang cewek Chinese, depan kami ada 4 orang Kakek dan nenek, dan belakang saya seorang cowok yang makan sendiri. Kami ga menunggu terlalu lama saat pesenan saya datang. Hmm...aroma nasi gorengnya menggoda nih. Kemudian saya nyoba makan sesendok... dan.... kok? Rasanya aneh? Nasi gorengnya enak... tapi kok rasa merah-merah kaya daging sosis itu manis, tapi ada sesuatu yang aneh... saya ga pernah ngerasain daging itu sebelumnya.
Saya langsung bad feeling... akhirnya saya googling saat itu juga di hape dan cari tau apa itu cha-sio.
Hasil yang saya dapatkan adalah....

Jeng jeng jeng jeng......

Ga tega ngomongnya deh...silahkan googling sendiri ya... yang jelas saat itu langsung keringat dingin. Menyalahkan diri sendiri kenapa tadi sebelum pesen ga tanya dulu, kenapa tadi pilih menu itu padahal ada menu lain. Kemudian saya langsung nyuruh Tita buat bungkus aja pesenan dia yang belum datang. Langsung saya minum banyak-banyak dan keluar dari tempat tersebut.

Tita yang lagi bingung sama saya langsung saya bilangin, “Itu tadi makanan ****!”
Trus dia langsung bilang, “Lho iyo? Pantesan tadi pas aku bilang pesen makanan itu pegawainya langsung ngguyu-ngguyu.... pantesan, kok gak dibilangi seh?”
Selama perjalanan saya ngedumel ga jelas, benar-benar merasa bahwa diri saya jadi kotor karena makanan itu. Tapi laperr.... akhirnya ujung-ujungnya saya pergi ke Olive juga daripada pingsan karena kelaparan.

Saat di Olive pun pikiran saya masih kalut, kenapa tadi pesen itu, kenapa tadi tiba-tiba pengen kesitu? Antara sedih, takut, malu, bercampur jadi satu perasaannya yang membuat saya akhirnya galau.
Sampe di kosan, Tita jadi diem aja. Dia ragu-ragu mau makan makanannya tapi ragu, “Mbak...itu penggorengannya jadi satu sama nasi goreng-e mbak Ayun tadi...” katanya.
“Iyo ta? Tapi ini tahu tempe kok... nggak popo kok...” jawab saya.
Dia diem aja...sambil buka-buka HP, saya tahu dia lagi googling... yang ternyata benar, 10 menit kemudian dia langsung bilang ke saya.

“Mbak...itu tadi bukan **** beneran, cuman mirip rasane. Tapi terbuat dari jamur... itu kan restorannya internasional, ada di luar negeri juga. Katanya blog arek Indonesia yang lagi di luar negeri, kalo di luar negeri sulit  nemu makanan halal, perginya ke situ... soalnya pasti terbuat dari tumbuhan, ga ada yang dari hewan... jadi iku mau bukan **** mbak.... ini punyaku juga ayamnya terbuat dari jamur, tuhh.... tapi rasanya emang muiriiiip...” jelasnya panjang lebar.
Sungguh??? Apa yang kau katakan adinda???
Rasanya benar-benar lega ya Allah...ternyata saya tadi ga makan makanan haram kan berarti? Saya ga harus mandi 7 kali pake pasir kan ya? Saya bener-benr ga tau ya Allah.... maafkan hamba-Mu yang hina ini... ><
Nggak lagi-lagi makan makanan yang gak jelas, nggak lagi-lagi makan makanan di tempat yang belum jelas halal nggaknya... meskipun itu vegetarian, serem banget. Kenapa juga para waitressnya nggak ngasih tahu itu makanan, apalagi tahu kalau pengunjungnya berjilbab.


Tiba-tiba saya jadi ilfeel buat makan, dan sampai sekarang belum begitu napsu untuk makan lagi. Kalo gini terus lama-lama saya bisa jadi cungkring... ahh jangan lah, harus cari es krim dulu nih kayanya buat mood boster. 

Komentar