That's What Friends Are For

Good friends are hard to find,
harder to leave,
and impossible to forget.

Benar sekali pernyataan di atas. Saya sangat setuju. Teman sejati adalah orang yang bisa kita andalkan ketika kita membutuhkan orang lain. Namun bukan hanya saat dibutuhkan, saat kita bisa melakukan segalanya sendiri, teman tetap akan selalu ada di dalam hati.

Liburan panjang yang dimulai dari hari Kamis hingga Minggu ini membuat banyak orang datang berwisata ke kota pelajar ini. Kota yang terkenal dengan keramahannya. Saya mendapat telepon dari salah seorang teman saya pada hari Kamis malam, pertama saya pikir orang yang nawarin kartu kredit soalnya suaranya bapak-bapak gitu, tapi kok ya malem. Ternyata setelah keluar suara aslinya dengan panggilan khasnya, “Ro...Qurro....” ealaahhh ternyata Reza alias Pace. Dia mengabarkan kalau lagi perjalanan ke Yogya sama Inul, jadi Jumat mau ngajak ketemu.

Setelah kuliah minor PIO, saya menemui mereka yang katanya nginep di Hotel Neo Jl. Sosrowijayan. Pas saya nyari-nyari kok ga ada, mungkin masuk-masuk ke daerah Pasar Kembang (Sarkem), ternyata mereka ada di Angkringan seberang gang. Waktu saya lagi nyari noleh-noleh ke arah seberang jalan, panggilan “Ro..Qurro...” terdengar familiar, eh ternyata bener mereka. Hahaha.... berasa video klip, mau nyeberang ga bisa-bisa karena kendaraan pada ga mau ngalah, cuman dadah dadah doang. Trus Pace inisiatif nyeberang ke saya trus nyeberang balik ke angkringan.

Wooo....Qurro njaluk diseberangno dadakno....” katanya ke Inul. Saya cuman cengar cengir, “Heee yo’opo kabare rek?”.

Yo ngene iki Ro... awakmu kok jik pancet cilik, gak modot yo awakmu. Nggaweo seragam putih karo abu-abu lak dipikir wong-wong sik koyok arek SMA.
-_______- “””” duhhhh Pace sama Inul ini tetep aja ga berubah, seneng banget mbully masalah fisik.
Jadi inget jaman SMA dulu, kalo di kelas mereka selalu duduk berempat antara Pace, Inul, Piteng, dan Mbeq. Itu semua nama samaran, bukan nama sebernarnya karena nama mereka yang sebenarnya adalah hal yang sangat sakral disebut. Dulu waktu SMA duduknya masih di-rolling, kalo pas sebelahan sama mereka wah ga bisa berhenti kalo bully-bullyan. Terutama dulu yang suka banget nge-bully temen-temen di kelas itu Mbeq. Ampun deh sama orang satu itu. Kalo ngomong ga pernah dijaga kata-katanya, asal aja nyeplos, khas Suroboyo banget. Entah kenapa dulu saya bisa deket sama orang-orang macem mereka yang sama cewek-cewek di kelas dihindari sekaligus disukai. Dihindari kalo lagi bully-bully dan bikin onar di kelas, tapi disukai karena mereka kalo bully bikin kita sekelas ga berhenti ketawa. Dulu kalo sama mereka semacam jadi penyeimbang, kalo mereka udah kadung ngawur bully orang, saya bagian ngingetin. Haha berasa jadi malaikat ya, sebenarnya ga gitu juga... mereka kan pada ga bisa pelajaran Kimia dan Biologi, sedangkan saya seneng pelajaran itu. Baca: seneng lho ya, bukan jago. Kalo ada yang ga paham, mereka tanyanya ke saya, soalnya kalo nanya ke anak ranking 1 di kelas mereka sungkan katanya, anaknya serius banget. Trus karena saya sering minta ide-ide Mading ke Mbeq dan Pace, ya pada akhirnya sering cerita-cerita ga jelas tentang ide kita yang berakhir dengan obrolan ngalor ngidul sampe maen basket dan olahraga bareng. Dari sanalah kami ber-5 mulai nyambung kalo ngobrol.

Saya diminta sama mereka buat pesen makanan atau minuman di angkringan, mereka yang bayarin. Soalnya mereka berdua udah pada kerja jadi udah punya penghasilan sendiri, kalo cuman makanan di angkringan sih kecil banget bagi mereka, hahaha. Selama di angkringan itu mereka cerita kalo ternyata tujuan sebenarnya adalah ke Karimun Jawa. Lah kenapa bisa nyasar jauh banget ke Yogya? Ternyata mereka berangkat dari Surabaya Rabu malam ke Jepara. Pace nawarin Inul buat ke Karimun Jawa sorenya, trus dikasih tahu kalo busnya kesana terakhir jam 21.00. Eh si Inul baru dateng jam 22.00, ya udah lah akhirnya gagal naik Bus langsung ke Jepara. Tapi mereka ga habis pikir, akhirnya naik Bus ke arah Kudus, sampe Peabuhan disana dikabarkan kalo ternyata kapal ke Karimun Jawa ga bisa berangkat soalnya ombaknya lagi tinggi banget, jadi semua pelayaran ke Karimun Jawa gagal berangkat. Yah meskipun kecewa, mereka dibawa enjoy aja... akhirnya mereka ke Semarang, trus ke beberapa kota lain dengan naik lyn dan Bus ala backpacker. Selama perjalanan mereka cerita keseruan ketemu orang-orang baru.

Mosok Ro, pas kene numpak lyn bengi-bengi iku jare Inul wis pokoke melok Sopire ae, mbuh nangdi iki Pak aku melok ae. Lek bapake moleh aku yo melok! Ancen rodok sempel arek iku....tambah bengi gak tambah waras, tambah gendheng ae....” Hahaha udah lama banget ga ngomong Suroboyo-an kasar kaya gini. Ckckck.... mana logat mereka ini bikin ketawa ga berhenti-berhenti.

“Iyo Pak.... kene dhuwite wis entek, ga onok ATM. Wis Pak ngene ae, tak bayar joget yo Pak! Ditambahi ngono i karo Pace...oooo yo kon iku asline sing gendheng c*k! Iku Ro, psikologise rodok terganggu ancen wong koyok ngono iku....” Inul nambahin. Saya cuman ketawa-ketawa aja dengerin percakapan mereka yang seru banget. Bapak yang di angkringan juga ketawa-ketawa denger percakapan kita yang absurd ini. Masa iya naik angkot dibayar joget, yo mana ada yang mau...

Mereka cerita tentang perjalanan penuh perjuangan ke Yogya ini dengan penuh semangat. Mereka yang naik Bus malam itu semalam turun di Terminal Giwangan, dan jalan sampe Malioboro. Cuman satu kata, gilaaaaaa.... Giwangan itu jauhhhhh...dan mereka nyampe sini katanya hanya dalam waktu 1,5 jam mengandalkan GPS handphone.

“Lah jare Bapak becake idhek ok... jare ga sampe 200 meter, ndadakno nang peta 10 kilo. Wooo....lah gendhenge Pace mulai kumat, mosok Polisi tengah bengi dicegat karo de’e....jarene Pak anterin saya Pak....” suer deh saya ga berhenti ketawa gara-gara kelakuan gokil mereka ini. Ga bayangin 10 km lho, jauh banget itu... lagian juga kalo malem juga udah ga ada kendaraan. Sampe daerah Malioboro jam 1.30an katanya, udah gitu waktu mau nyari hotel di daerah Malioboro udah pada penuh. Trus saya nanya, “Lah jare nginep nang hotel Neo iku?” saya menunjuk bangunan hotel megah warna putih.

Ahahahaha...percoyo ta kon Ro...” Trus sampe situ saya baru nyadar kalo saya dibohongin sama mereka, mana mungkin ala backpacker nginep di hotel sebagus itu yang tarifnya paling nggak Rp 500.000,00 semalem. Mereka ngetawain wajah lugu saya, sial.
Pas tekan losmen iku mosok kene ditawari on, rusak...rusakk.... kon ngerti kan Ro maksude?” Ohh iya saya paham, emang daerah Sarkem ini semacam Dolly terselubung di Yogya. Lah salah sendiri nginep di losmen remang-remang kaya gitu.

Setelah itu mereka dapet persewaan motor, soalnya katanya besok mau ke Kalibiru daerah Kulonprogo. Pas lagi di persewaan motor, kita ketemu sama pasangan cewek-cowok yang baru balikin motor. Setelah didengar-dengar logatnya ternyata mereka ini juga orang Jawa Timur, yang cewek dari Krian, yang cowok dari Surabaya. Mulai deh Pace mengeluarkan jurus SKSD-nya, “Wahh adoh yo mas lek ngeterno ngapel....”. Trus mbaknya bilang, “Yo aku melok de’e ta... kene wis rabi og... manten anyar iki...backpackeran...” kita ber-5 ketawa-ketawa akhirnya.
Wis mas ndang rabi o, enak enak mas....” kata suaminya mbak tadi.
Iyo mas, aku tak cidhek-cidhek karo sampeyan cek ketularan cepetan rabi....” balas Pace ga kalah semangat.

Setelah dapet motor seharga 80ribu sehari, maklum karena hari libur makanya lebih mahal dari biasanya. Kami makan di House of Raminten. Tempat makan yang konsepnya unik banget, Yogya banget lah pokoknya. Eh ternyata mereka nyasar, gara-gara tadi kehilangan jejak saya, pantesan kok di belakang saya ga ada suara 2 orang yang goda-godain lagi, ternyata mereka kehilangan jejak. Sampe disana saya antri dulu lah, menggila banget antriannya. Saya ada di nomer 7, wiii daripada gitu saya tinggal sholat maghrib dulu lah sambil nunggu mereka nyampe.

Pas saya selesai sholat, lah di luar mushola ada cowok lagi celingukan ga jelas, ealah Pace... udah nyampe toh.. “He Ro, teko ndi awakmu? Digolek malah nang kene?” Lah harusnya saya yang tanya dong... -___-
He kudune aku sing takon, nyasar nangdi ae awakmu... sampe aku wis mari sholat lagek teko...” jawab saya dengan muka -__-.

Kita nunggu antrian di bawah akhirnya sambil ngomongin para pengunjung yang mau makan aja pake rela antri kaya gini, ckckck... trus ga sadar diri, kalo kita juga termasuk bagian dari mereka, kita saling bully-bully lagi. Sumpah deh ini beberapa jam sama mereka kayanya saya juga mulai ketularan gila.
Kemudian kami pun dipanggil dan dapat giliran duduk di tempat yang disediakan.
“Atas nama Ayun.....” panggil mas-mas di resepsionis. Ini makan aja pake dipanggil kaya di rumah sakit.
Ro... kon sakjane mau ngomong jenengmu Cinta....” usul Inul.
Lah opo’o?” tanya saya.
Yo engkuk mas e lak ngomong ‘atas nama cinta’....trus aku njawab, ciyeee....ciyeeeee.....” jawab Inul dengan muka ngeselin.
Trus jawaben, Rangga?? Lah marengono aku moco puisi... sip aa....” tambah Pace ga kalah gilanya.
Kita bertiga ngakak berjama’ah. Ya deh kapan-kapan boleh dicoba nih idenya.

Pesen aja pake rame, eyel-eyelan lagi baiknya pesen apa. Trus Inul tanya ke mbak waitresnya yang udah nunggu dari tadi, “Mbak yang spesial apa dari sini?” trus dijawab mbaknya, “Ayam koteka...” Eaaa itu menu yang saya pesen, emang enak sih. Pada akhirnya kita pun pesan dengan menu yang sama. Nggelethek banget.... trus peraturannya kalo disana kita harus langsung bayar, eh ngga taunya Pace duitnya lagi abis, belum ambil di ATM. Saya untungnya masih ada uang, tapi kalo buat bayar bertiga kayanya ga cukup. Untungnya Inul masih ada uang 100 ribu di dompetnya. Soalnya di tempat ini ga bisa bayar pake debet nih. Pas saya mau ngeluarin duit, ternyata Inul yang bayarin semua. Totalnya nggak sampe 50 ribu, kok dikit? Eh ternyata Pace belum pesen makan, kami pun pesen lagi pake nota yang berbeda. Trus masih ngerasa kurang, pesen lagi deh akhirnya. Lamaa banget datengnya, akhirnya minuman kita dateng. Tempat minumnya ga senonoh banget deh bentuknya, apalagi saya sama Pace pesen minuman yang sama. Sedangkan Inul pesen minuman yang namanya “gajah ndekem”, ternyata itu adalah es teh yang di dalamnya ada apel masih utuh. Hahaha.... kita ketawa ngakak, yang dimaksud gajah itu maksudnya apel gede itu kali ya. Dia bingung gimana cara makan apel itu. Katanya, nanti kalo es tehnya udah abis, apelnya minta dijus-in.. ampuuuuunnnn...
Pas makanan kami dateng, waitresnya dengan sopan menaruh di meja kami. Trus Pace bilang ke masnya, “Mas kita makan dulu ya, masnya udah makan? Ayo makan sekalian....” Ya Tuhan... bayangin wajah masnya gimana, dia cengo abis, udah dari tadi pesen aja pake rame, ini pake acara nawarin waitresnya. Malu saya jalan sama 2 orang ini.

Selama makan, kami diem...soalnya lagi pada kelaparan. Habis makan baru deh rame lagi, Pace ternyata ga habis makanannya. Inul bilang ke Pace dengan perhatian, “Entekno Ce...gak iling kene wingi kelaparan. Engkuk lek kon maag yo’opo?” so sweet banget coba, meskipun bahasanya kaya gitu, tapi di dalamnya mengandung makna yang dalem, perhatian ke temen.
Alhamdulillah setelah kenyang, kami belum tau mau kemana. Masa ke Malioboro lagi? ngapain? Muncul ide gila dari mereka, “He yo’opo lek kene seru-seruan....” tawar Inul.
“Seru-seruan yo’opo jeh? Lah ket wingi kene lak seru-seruan....” jawab Pace.
“Iyo jeh...tapi onok sing lebih seru, gendheng-gendhengan....”
Wah perasaan saya mulai ga enak nih.
“Nang malioboro lak onok patung gajah yo, ngkuk aku arep mbengok ‘Hidup Raja Jalaluddin!’ trus awak dewe ninggal ngaleh...yo’opo masuk a?”
Saya cuman bisa garuk-garuk kepala denger ide dari Inul yang absurd ini.
“Hee cek opo ngono iku tujuane?” saya tanya.
Yo seru ae, mbengok nang tengah-tengah uwong trus ditinggal ngaleh....kon ga usah melok-melok Ro lek isin... wong-wong yo gak onok sing kenal ae, dadi ga usah isin...

Terserah mereka deh, sesungguhnya saya malu banget kalo mereka udah muncul ide gilanya gini. Saya jadi bertanya-tanya sama Tuhan, kenapa saya dikasih temen gila macam mereka? Kenapa dari dulu temen saya jarang ada yang normal dan bertingkah biasa aja ya Tuhan....
Setelah disepakati, kami pun ke Alun-Alun Kidul, tapi saya lupa jalan ke sananya. Ingetnya sampe alun-alun utara doang. Trus muter-muter, sempat nyasar juga di daerah Taman Sari yang mbulet banget jalannya itu. Sampe akhirnya tanya orang beberapa kali dan nemu deh.

Sejujurnya ini kali kedua selama saya di Yogya, berkunjung kesini. Kalo pas malam hari, ini malah baru pertama kali. Ramenyaaaa masya Allah... macet banget, bising juga. Dimana-mana ada becak berwujud mobil dengan lampu berwarna warni disertai musik yang kencengnya ngalah-ngalahin lagu kondangan. Musiknya campur aduk, tiap becak beda-beda, ada yang lagu dangdut, remix, lagu barat, bahkan lagu anak-anak. Kami muter-muter di sekitaran situ, banyak juga yang nawarin untuk naik becak itu.


Trus kami berhenti di satu titik, kayanya Inul beneran pengen naik becak warna warni itu deh. Dia mulai nanya ke salah seorang mas yang punya becak. Ternyata tarifnya dipatok 50ribu untuk sekali muter. Mahal juga ya... padahal biasanya kata Inul 30ribu. Inul bernegosiasi, saya duduk aja di pinggiran situ melihat Inul yang negosiasi sama masnya. Trus dia menghampiri saya dan Pace, “He jo, ayo ewangono....kon ga gelem negosiasi ngono... iki lho nyenengno arek rantau.. yo Ro yo?”
Hahaha.... demi apa? Mereka nawar ke mas-mas itu demi nyenengin anak rantau macam saya ini katanya? Sampe berkali-kali mereka bolak balik, “Wonge gak gelem berubah pikiran e...” Mereka buntutin masnya kemana-mana sampe ada mungkin 20 menitan. Saya ngeliat ke arah jalan yang rame banget itu, kemudian noleh ke arah belakang, kok mereka ga ada? Ternyata..... “Ro Qurro.... ayo he!? Numpak kene....” mereka udah naik di becak dengan wajah sumringah, kaya anak kecil habis dapet layangan putus.
Mas e berubah pikiran a yo?” tanya saya.
Gak... wis jarno lah, penting alon-alon ae mlakune wong kene mbayar 50ewu e...” kita naik becak dengan pelan-pelan, selain macet juga biar menikmati. Lagu yang disetel di setiap becak beda-beda, pas di becak kami lagu yang disetel lagu anak-anak, kita karaokean ga jelas kaya masa kecil kurang bahagia. Sengaja membuat jarak yang lumayan jauh dari becak depan kita, trus kita ngebut sampe udah deket banget baru deh di rem, gitu aja terus sambil ketawa ga berhenti-berhenti. Ini sebenernya ngapain ya kita? Ya udah lah...balik jadi state ego anak-anak gapapa kan ya sekali-kali :D

welfie di "mobil" menyala

*no caption needed*

Setelah puas naik becak, kami ke arah alun-alun, mau menjajal jalan di antara beringin kembar sambil mata ditutup, apa bisa ngelewatin tengahnya. Inul yang nyobain, kalo saya udah pernah, sedangkan Pace gak mau. Sampe 3 kali nyoba, dia ga berhasil. Selain karena lagi rame banget, juga entah kenapa selalu miring jalannya, padahal udah mau masuk, eh malah belok. Trus Inul bilang katanya kaya ada yang ngehalang-halangin, padahal kita di sebelah-sebelahnya ga ngapa-ngapain. Hiii... ada sesuatu yang mistis katanya. Entahlah...

Kegilaan opo maneh marengene jo?” tanya Inul.
Ayo tuku kitiran sing murup-murup iku ayo!” Pace melihat ke arah penjual dengan lampu yang menyala-nyala, dan melihat di sekitaran sana banyak yang main kitiran semacam baling-baling bambu yang bisa menyala di angkasa trus balik lagi ke kita. Kita beli 2 kitiran dengan harga Rp 15.000. Kemudian katanya gini, “Ro...iki saiki kene dolenan, ngkuk lek wis mari pek’en yo, gaween dolen karo adekmu lek nganggur-nganggur....kenang-kenangan teko kene, opo be’e awakmu mulih nang Suroboyo dolan iki nang lapangan Kodam....” Ya kaliiikkk....saya maen kitiran di Kodam....
Pertamanya belum ada yang bisa, kita diajarin sama ibu-ibu penjualnya yang bisa nerbangin sampe tinggi banget. Trus Inul udah mulai bisa, Pace nih masih belum tinggi-tinggi banget. Pas giliran saya, kata Inul dan Pace ditarik aja kitirannya sampe paling kenceng. “Plak!” malah kena wajah saya, siaaaalll! Sakitnya tuh disini tauk. Langsung mereka ketawa ngakak, kurang ajar beud 2 orang ini.

Lah kon se Ro, terlalu bersemangat! Ngene lho.....” mereka praktekin lagi dan bisa terbang tinggi banget. Huft !
Selama kurang lebih 1,5 jam kita main kitiran menyala ini bergantian. Ga jelas gitu lari-lari di sekitaran Alun-Alun Kidul, padahal banyak orang pacaran daerah sana, kita lewat-lewat aja di sekitaran mereka kaya anak kecil. Gitu si Pace masih sempet-sempetnya nantangin anak kecil yang lagi main juga, “Dek ayo dek... dhukur-dhukuran....” hadeeh...

ini lho kitiran menyala 

Sampe akhirnya kami mulai lelah dan memutuskan untuk pulang. Waktu jalan ke parkiran, ada bule-bule lewat di depan kita, lagi-lagi Pace ngelantur, “Taxi...Taxi... Madam....” kaya pak Sopir Taxi nawarin buat naik Taxi ke bule-bule cantik tadi. Ampuuun Ce.... makin malem makin gila.

Waktu saya pamitan, mereka ga mau salaman. Lho? “Ayo Ro...tak tututi, ga baik cewek pulang malam-malam sendirian...
Ternyata mereka ga tega liat saya pulang sendirian, mereka ngikutin saya dan akhirnya kami berpisah malam ini setelah capek ketawa sampe perut sakit.

Makasih ya rek! Kalian sudah berhasil membuat saya lupa sejenak sama ujian-ujian dan segala kesulitan selama kuliah. Udah lupa berapa lama saya ga ketemu kalian, tapi kalian tetep sohib paling geje yang selalu bisa menghibur. That’s are friends are for.... Dan saya menyadari satu hal, Tuhan selalu memberikan hamba-Nya apa yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan.



"Don’t think how many moments are there in life, just think how much life is there is a moment"

Komentar

Yunita Dwi mengatakan…
Ayuuuun aku ngakak banget baca cerita ini. Bisa membayangkan bagaimana mereka. Senengnyaaa punya temen2 yg masih ingat dan care sam kita. Love you ayuuun 😊