Solivagant

Terkadang, kesendirian adalah jawaban atas semua pertanyaan. Dengan semua hening dan sepi, jawaban mendadak meluber dengan sendirinya.

Terkadang, kesendirian adalah kesenangan tanpa batas. Mencakapi diri dalam hal yang tak bisa dimengerti dalam keramaian.

Terkadang, kesendirian dilakukan dengan sengaja. Menatap lamat-lamat goresan kejadian dan sensasinya. Merasakannya dengan penuh kesadaran.

Bukan kegembiraan yang selalu ada di dunia ini. Bukan pula kesedihan yang selalu mewarnai hari. Kombinasi keduanya menjadikan hidup lebih bermakna. Diri ini menjadi sadar akan apa yang diinginkan. Mempertanyakan kembali apa arti dari apa yang telah dilalui. Memaknai semua peristiwa kumpulan kesempatan.

Seringkali ini terjadi, tak hanya sekali dua kali. Namun tak selamanya ini terjadi, ini hanya sementara. Senang dan sedih ini hanya sementara. Ini bagian dari emosi yang mewarnai kehidupan.

Semoga, proses ini semua menjadi proses pendewasaan. Karena ketika kembali menengok ke belakang setelah melaluinya, maka kita bukanlah manusia yang sama.



Komentar