Tiada Gading yang Tak Retak





Lima bulan berjalan dan sebentar lagi akan memasuki tahapan ujian proposal (kompre), in sha Allah... belajar banyak dari proses yang sudah berjalan sejauh ini, belajar banyak melawan kemalasan diri dan prokrastinasi yang menjadi momok bagi tiap mahasiswa yang menginginkan kesempurnaan dalam setiap karyanya. Nyatanya, tidak ada gading yang tak retak, tidak ada tesis yang tanpa kritik.

Sejauh ini, usaha dan doa telah beriringan berjalan. Tiada hari tanpa memikirkan hal ini, dan tiada hari tanpa membuat progres meskipun dengan satu kalimat dan satu paragraf bacaan. Itu semua yang akan mengantarkan pada hasil, M.Psi yang akan melengkapi nama dan tanggung jawab seumur hidup.

Bermodal tekad, usaha dan doa berharap agar proses ini dapat berjalan dan mencapai garis finishnya dengan indah. Menikmati setiap momen dan setiap detiknya dengan ucapan hamdalah bahwa ini hanya terjadi seumur hidup. Apapun itu, saya tidak akan melupakan indahnya perjalanan serta terpaku hanya pada hasil akhir. Sesempurna apapun itu, tesis yang baik adalah tesis yang SELESAI. Live the life now, kuatkan dan tegarkan apa pun yang terjadi ya Allah.

Komentar